Bank BJB

Bank BJB

Masa AKB Diberlakukan, Tempat-Tempat Wisata di Ciwidey Mulai Dibuka




wisata ciwidey yang sudah dibuka

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Jawa Barat tidak dilanjutkan. Artinya, 100 persen daerah di Jabar, kecuali Bodebek akan melaksanakan adaptasi kebiasaan baru (AKB). PSBB proporsional tingkat provinsi Jawa Barat berakhir pada Jumat (26/6/2020) dan diganti era AKB atau new normal.

Untuk di kawasan Bandung sendiri, tempat-tempat wisata (terutama wisata alam) pada Sabtu. 27 Juni 2020 kembali dibuka. Salah satunya di kawasan wisata Ciwidey, Kab. Bandung. Bahkan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung membuka kembali sekitar 43 objek wisata air pada Sabtu 27 Juni 2020. Pembukaan tersebut merupakan tahapan uji coba setelah sebelumnya dilakukan simulasi penanganan Covid-19 di tempat wisata tersebut.

Dilihat dari laman resmi Humas Jabar, pembukaan destinasi wisata di daerah zona biru, termasuk Kab. Bandung, dilakukan secara bertahap. Untuk menjamin kesehatan dari sebaran Covid-19, para pelaku pariwisata dituntut harus menerapkan protokol kesehatan sama dengan tempat wisata lainnya. Dan, dalam dua minggu setiap destinasi wisata tersebut akan dilakukan evaluasi.

Wisata touring motor
Dan pembukaan tempat wisata alam di Kab. Bandung ini disambut antusias masyarakat yang ingin berwisata. Dari pantauan tim wisatabdg.com pada Sabtu, 27 Juni 2020, kawasan wisata Ciwidey mulai didatangi wisatawan. Selain mobil pribadi, pengendara motor dengan berombongan touring terlihat mendominasi arus lalu lintas menuju kawasan wisata di Bandung Selatan tersebut.

Adapun dari beberapa pengendara motor tersebut, selain berwisata ke Ciwidey juga melanjutkan perjalanan ke kawasan wisata Pantai Selatan di Garut Selatan, melalui jalur Ciwidey - Naringgul -Cidaun (Cianjur Selatan). Rombongan bikers tersebut bertambah ramai saat sore hari yang berdatangan ke kawasan wisata Ciwidey.

Dari pantauan, beberapa wisatawan banyak yang juga memilih mengaso di sekitaran perkebunan teh dengan berfoto-foto, juga botram alias makan bersama di area perkebunan teh Rancabali. Hilir mudik kendaraan pun tampak ramai menuju area wisata Situ Patenggang.

Wisata Kampung Cai Rancaupas
Salah satu lokasi yang didatangi tim wisatabdg.com adalah Kampung Cai Rancaupas dimana terlihat area wisata tersebut dipenuhi wisatawan. Indikatornya terlihat area parkiran yang dipenuhi mobil pribadi dan kendaraan roda dua.

Tak sedikit wisatawan yang berlibur bersama keluarganya sambil berkemah di Kampung Cai Rancaupas. Sementara zona penangkaran rusa pun tak luput dari kerumunan wisatawan yang ingin berinteraksi dengan memberikan pakan pada rusa-rusa yang ada di sana, dan tentunya sambil berfoto-foto bareng hewan-hewan jinak tersebut.

Sementara di area kolam renang Rancaupas pun tak luput dari kunjungan wisatawan anak-anak yang ingin berenang di sana. Adapun untuk warung-warung penjaja makanan pun sudah pada kembali buka.