Bank BJB

Bank BJB

Tahura Djuanda Buka Lagi 1 Juli 2020, Ini Aturan Bagi Pengunjung




tahura djuanda bandung

Di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal, Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H Djuanda, di kawasan Dago, Bandung rencananya akan kembali dibuka pada hari Rabu, 1 Juli 2020.  Ada beberapa aturan bagi pengunjung yang akan berwisata mulai tanggal tersebut, di antaranya sebagai berikut:

1. Tiket masuk harus reservasi dulu
Wisatawan yang hendak berkunjung diwajibkan melakukan reservasi via tautan website https://tahuradjuanda.jabarprov.go.id/. Jadi calon pengunjung tidak bisa langsung beli tiket ke dalam kawasan Tahura. Reservasi online sudah bisa dilaksanakan mulai tanggal 27 Juni 2020, paling lambat H-1 sebelum kedatangan.

2. Pembatasan kapasitas pengunjung
Untuk pengunjung Tahura Ir. H Djuanda dibatasi hanya 350 orang dalam sehari. Jumlah tersebut terbagi menjadi dalam zona berikut:
- Kawasan wisata Dago Pakar 200 orang;
- Kawasan wisata Curug Maribaya 100 orang;
- Kawasan wisata Tebing Keraton 50 orang.

Adapun bila datang berombongan, satu grup dibatasi maksimal hanya sepuluh orang.

3. Pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan
Pengunjung yang datang wajib memakai masker, jaga jarak min. 1 meter, cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer, dan membawa peralatan makan sendiri. Jadi, ketika pengunjung membeli makanan di kawasan Tahura, tidak memakai peralatan makan minum dari pedagang yang ada di sana.

4. Jam operasional
Untuk jam buka, Tahura hanya akan buka dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Dengan demikian, kegiatan melihat sunrise dan sunset di Tebing Keraton untuk sementara masih belum bisa dilakukan. Untuk kegiatan tersebut, rencananya akan dibuka kembali bulan Agustus 2020.

5. Pintu masuk Tahura
Untuk akses ke Tahura akan dibatasi hanya di tiga pintu masuk, yatu:
- Pintu masuk Pos 1 (utama)
- Pintu masuk Maribaya
- Pintu masuk Tebing Keraton.

6. Gua Belanda dan Jepang belum dibuka
Adapun untuk Gua Belanda dan Jepang untuk sementara ini belum bisa dimasuki pengunjung. Hal ini dikarenakan kedua gua tersebut sudah terlalu lama tidak dikunjungi wisatawan. Dikhawatirkan terdapat hewan-hewan liar yang berdiam di dalam gua.

7. Aktivitas wisata lain yang belum dibuka di Tahura
Adapun beberapa aktivitas lain yang belum dibuka, antara lain: gathering, botram, reuni, live music, wedding, dan pre wedding dan kegiatan berkerumun lainnya yang melebihi 10 orang.

Untuk update info seputar Tahura, silakan bisa cek langsung di akun @tahuradjuanda.official