Bank BJB

Bank BJB

Antara Ade Londok, Odading Mang Oleh, dan Ridwan Kamil






Rabu siang, 16 September 2020, panas terik musim kemarau tak menyurutkan para calon pembeli odading Mang Oleh di Jalan Baranangsiang, kawasan Kosambi, Kota Bandung. Lapak tukang odading tersebut penuh antrean mereka yang penasaran dengan makanan yang konon katanya plesetan dari bahasa Belanda tersebut. Penganan dari Bandung yang dijual Rp1.500 ini pun untuk beberapa hari ini trending di linimasa media sosial dan bikin para netizen penasaran.

Awalnya, sebuah postingan heureuy alias banyolan dari pemilik akun instagram @m.adelondok yang "mempromosikan" odading Nusa Sari - Pak Soleh yang berlokasi dekat Pasar Kosambi. Dengan kata-kata ngacapruk bin nyeleneh plus ngegas dengan kata-kata terbilang kasar, namun jadi berkesan lucu di mata netizen, Ade Londok pun sukses membuat viral dirinya di media sosial. Dengan penyebutan nama Iron Man sampai pantun "ikan hiu makan tomat" yang gak nyambung, bikin ngakak yang melihat video singkat tersebut.

Ya, inilah Bandung, dari hal yang sekedar main-main pun bisa berefek domino. Selain nama akun Ade Londok banyak dicari, tentunya Pak Soleh sendiri ketiban pulung dengan banyaknya pembeli yang penasaran menyambangi tempat dagang odading dan cakwenya tersebut. Bahkan di tengah masa adaptasi kebiasaan baru (AKB), pihak kepolisian pun sampai harus turun tangan menjaga kondisi di lapangan.

Tak terkecuali, Gubernur Jawa Barat pun mengunggah ulang video Ade Londok yang berisikan 'kalimat iklan' "Hmm, rasanya seperti Anda menjadi Ironman" itu di akun Instagram pribadinya. Bahkan, Kang Emil pun menyambangi TKP odading tersebut pada Rabu pagi, 16 September 2020. Dalam kesempatan itu, Kang Emil menyebut pria yang berprofesi sebagai tukang jahit vermak tersebut sebagai S3 marketing karena mampu membuat kue khas Sunda itu laku keras.

Saat menyambangi kios Odading Mang Oleh, Kang Emil datang bersama istrinya, Atalia Praratya menggunakan motor. Sang Gubernur pun pun cukup terkejut saat melihat antrean panjang pembeli di Kios Odading Mang Oleh. Dan pada kunjungan terrsebut, Ade Londok diminta Kang Emil buat jadi duta kuliner Jabar yakni membantu mempromosikan pelaku usaha kecil lainnya di Jawa Barat. Kang Emil pun menghadiahi Ade Londok sebuah handphone baru untuk aktivitasnya mengurus akun medsosnya.

Lalu, siapakah Mang Ade Londok? Nama lengkapnya Nandar Ukandar. Adapun nama Ade Londok adalah landihan atau sebutan dari seorang senior Karang Taruna. "Londok" sendiri dalam bahasa Sunda  artinya 'bunglon', karena Mang Ade Londok oleh teman-temannya dikenal supel alias mudah untuk menyesuaikan diri. Sementara Odading Pak Soleh sendiri sudah eksis di sana dari 33 tahun yang lalu.