Kenali Spesifikasi Samsung Galaxy Note 10 Lebih Detail Beserta Cara Perawatannya




Samsung sudah resmi meluncurkan smartphone terbarunya yang di banderol dengan harga terjangkau ke pasar Indonesia yaitu Note 10. Samsung tipe ini mempunyai bobot yang ringan dihargai di bawah Rp 15 jutaan. Sebagai Handphone flagship Samsung seri Galaxy S serta Note juga menawarkan fitur-fitur menarik lainnya yang sangat keren. 

Galaxy seri Note 10 hadir bersama-sama saudaranya yakni Note 10 Plus pada acara global di New York. Smartphone ini sangat cocok untuk seseorang yang menginginkan smartphone untuk membantu produktivitasnya akan tetapi tidak melupakan sisi kreativitasnya, kesenangan serta hiburan dalam gadget barunya. Penasaran dengan spesifikasi yang menempel padanya? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

1. Layar dan Dimensi 

Dilihat dari ukurannya, Note 10 termasuk sangatlah kompak dengan desain bodinya 151 x 71,8 x 7,9 mm. Smartphone ini mempunyai berat hanya 168 gram yang terbuat dari bahan glass pada bagian depan dan belakangnya dengan mengapit rangka aluminium. Ketika Anda melihat dan memegang Galaxy Note 10 ini akan merasakan langsung kesan elegan, mewah, berkelas. 

Layar yang dimiliki berukuran 6,3 inci yang terentang dari ujung atas ke bawah nyaris tidak mempunyai bezel. Pada bagian layar atas terdapat lubang untuk meletakkan kamera bagian depan dan menyebutnya sebagai desain Cinematic Infinity Display. Karena lubang kameranya yang kecil dan bezel yang berada agak ke belakang, Anda akan merasakan seperti nonton layar bioskop.

Layar yang dimilikinya berjenis Dynamic AMOLED dengan resolusi Full HD+ (1080 X 2280 pixel). Warna yang dihasilkan akan sangat natural layaknya warna asli, kecerahan dan kontras yang tajam. Anda tidak akan terganggu ketika menonton video di dalam ruangan maupun di luar ruangan yang bercahaya sangat terang.

2. Kamera Berkelas Pro

Samsung tipe ini mempunyai tiga lensa di bagian belakang dan 1 untuk bagian depan. Kualitasnya tentu tidak sebarangan sebab sudah sejajar dengan kamera kelas professional. Untuk tiga lensa kamera utamanya mempunyai jenis wide dengan resolusi 12 MP, lensa ultra wide yang dapat memotret gambar hingga selebar 123 derajat beresolusi 16 MP. Serta lensa jenis telephoto yang mempunyai resolusi 12 MP f/2.1. 

Gambar yang dihasilkan oleh kamera Samsung Galaxy 10 ini akan tajam meskipun ketika Anda memotretnya dalam keadaan kurang cahaya. Adanya fitur dual aperture akan memberikan kemudahan dalam menangkap setiap detail objek yang Anda foto. Lain dari itu juga kemampuannya dalam mengunci autofocus kecepatannya seperti kilat sehingga sangat layak untuk memperoleh apresiasi.

Sangat canggih sekali bukan? Bukan hanya saat Anda memotret gambar saja melainkan ketika mengambil video juga. Fitur Super Steady Video pada ponsel ini dapat membuat aktivitas Anda saat merekam video ketika sedang bergerak akan jadi lebih menyenangkan. Sebab hasil dari video Anda akan tetap stabil serta tidak goyah sedikitpun yang dapat membuat pusing ketika menontonnya. 

Ditambah lagi dengan fitur zoom in mic yang dapat Anda gunakan ketika sedang mengambil video. Fitur tersebut yaitu dapat memungkinkan Anda melakukan zoom pada mikrofon guna mengambil suara yang lebih jelas dari objek yang sedang direkam. Untuk kamera depannya tak kalah ciamik sebab resolusi 10 MP dengan aperture f/2.2. Hasil dari foto selfie Anda akan berkualitas yang sangat oke serta tetap terlihat tajam meskipun dalam keadaan minim cahaya.

Anda yang suka mengedit video, dengan HP canggih ini juga akan lebih mudah karena terdapat editor bawaan atau editor level pro yang tersedia seperti Adobe Premiere Rush. Dibantu dengan keberadaan S-Pen bawaan Samsung tipe 10 ini yang multifungsi akan sangat membantu Anda. Hp tipe ini sangat direkomendasikan sekali untuk Anda yang sedang mencari ponsel baru untuk keseharian.

3. Performa Samsung Galaxy 10 Note

Pada Smartphone keren ini terdapat prosesor Exynos 9825 octacore yang mengusung prosesor grafis (GPU) Mali-G76 MP12. Supaya kinerjanya semakin ngebut Samsung Galaxy tersebut melengkapi dirinya dengan memori berkapasitas 8 GB, akan sangat lega jika Anda melakukan penyimpanan apapun mulai dari video, foto ataupun music. Untuk penyimpanan defaultnya mempunyai kapasitas sebesar 256 GB yang dapat memuaskan penggunanya untuk menginstall aplikasi apapun dengan ukuran yang lumayan besar.

Sistem Android yang diusung oleh tipe ini yaitu 9.0 (Pie) yang sudah dilengkapi dengan One UI yang bisa membuat Anda sebagai penggunanya menjadi lebih intuitif. Menariknya lagi ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan si asisten digital Bixby yang dapat berfungsi untuk membantu Anda dalam mencari dokumen, menerjemahkan Bahasa asing serta membuka aplikasi. Anda berminat untuk membelinya?

4. Baterai 

Lanjut ke baterai pada Samsung Galaxy Note 10 ini yakni mempunyai kapasitas 3500 mAh dengan fitur intelligent battery. Dimana fitur tersebut dapat memungkinkan bagi penggunanya untuk mengatur penggunaan baterai supaya lebih hemat. Menariknya, Anda dapat mengubah mode pemakaian, menonaktifkan berbagai fitur tertentu hanya dengan melakukan sekali klik saja.

Adanya kelengkapan fitur yang berupa Super Fast charging 25 W akan membantu dalam pengisian baterai dengan sangat cepat. Selain itu juga mempunyai Fast Qi wireless charging 12 W yang dapat berguna untuk mengecas nirkabel atau wireless. Menariknya lagi dan berbeda dengan smartphone lainnya yaitu bahwa tipe ini dapat dipakai juga untuk mengisi berbagai HP Samsung yang sudah didukung dengan fitur wireless charging. Bagaimana, Anda masih ragu untuk membelinya?

5. Memiliki S-Pen

Seperti Galaxy Note lainnya, tipe 10 ini juga dilengkapi dengan stylus yang bernama S-Pen. Alat tersebut dapat berfungsi sebagai pena untuk menggambar ataupun menulis di atas layar. Tulisan tangan yang Anda buat dengan S-Pen tadi dapat langsung diubah menjadi teks, yang kemudian juga dapat di share serta di edit dalam Microsoft Word serta dikirimkan sebagai email. Fungsi lain dari S-Pen yaitu dapat dijadikan sebagai remote control untuk kamera serta mempunyai pengenalan gesture tertentu untuk mengoperasikan beberapa aplikasi yang terdapat pada smartphone.

6. Sistem Pengamanan

Untuk pengamanan nya smartphone dari Samsung ini memiliki sensor sidik jari pada bagian bawah layar. Fungsinya yaitu memiliki kemampuan dalam mengenali sidik jari sang pemilik dengan sangat cepat. Sehingga dengan seperti itu ketika sedang memindai tidak akan terasa. Lainnya yaitu juga ada fitur pengunci facial recognition sebagai pengamanan tambahan yang dimiliki smartphone tersebut.

7. Pilihan Warna

Untuk pilihan warnanya, Samsung Galaxy Note 10 menyediakan 2 pilihan yaitu ada Aura glow serta Aura Black. Anda bisa memilihnya sesuai keinginan dan untuk harga dari situs resmi Samsung yaitu sekitar Rp 15 jutaan ke bawah. Sebesar tersebut harga yang ditawarkan tidak akan membuat Anda kecewa pasalnya fitur-fitur yang ada sangatlah canggih.

Cari Tahu Bagaimana Cara Merawat Hp Samsung

Setelah Anda mengetahui Samsung tipe Note 10, kurang lengkap jika tidak tahu bagaimana cara merawatnya. Smartphone akan terlihat jelek jika Anda tidak rajin merawatnya, bahkan jika tidak berhati-hati akan cepat rusak. Supaya terhindar dari hal tersebut maka simaklah tips berikut ini.

• Perawatan Layar Hp

Komponen hp yang mudah mengalami kerusakan yaitu pada layar LCD-nya, maka dari itu jika Anda menggunakan merk Hp Samsung terbaru pastikan memasang peranti gores terbaik. Hal tersebut mempunyai tujuan supaya menjaga keawetan dari layar Handphone Anda dan juga dapat menghindarkan dari benturan yang dapat merusaknya.

• Perawatan Body Smartphone 

Supaya smartphone Anda tetap awet, pastikan memperlakukan perangkatnya dengan hati-hati. Anda wajib menggunakan casing untuk melindungi smartphonekesayangan, lebih baik gunakan softcase dibandingkan dengan hardcase. Sebab softcase lebih baik ketika meredam benturan yang terjadi. Lakukan juga pembersihan secara berkala , seperti debu-debu yang menempel di hp dengan menggunakan soft cotton.

• Perawatan Pada Software

Perawatan pada software smartphone juga sangat penting untuk dilakukan sebab efek yang ditimbulkan dapat langsung pada sistem yang dimiliki. Ketika software mengalami kerusakan, pastinya Anda tidak dapat memakai berbagai aplikasi yang ada pada smartphone. Salah satu penyebab kerusakan software yakni terkena virus atau malware. 

Untuk menghindarinya, Anda bisa memasang antivirus pada HP yang bisa diinstal secara gratis melalui Google Play Store. Perlu untuk Anda ingat bahwa jangan sampai asal-asalan dalam mendownload aplikasi dari sumber yang tidak jelas. Hal tersebut bisa saja mengandung virus yang dapat mengganggu performa hp Samsung Anda. Jadi jangan sekali-kali mengunduh aplikasi melalui sumber yang tidak terpercaya.

• Perawatan Pada Baterai

Salah satu komponen penting dalam smartphone yang perlu diperhatikan yaitu baterai. Untuk merawat baterai smartphone agar tetap awet dan tahan lama, Anda bisa menerapkan beberapa kebiasaan berikut ini. 

1. Ketika masih Anda charger jangan sampai dimainkan, sebab hal tersebut bisa membuat smartphone menjadi overheat sehingga daya baterai akan melemah.

2. Ketika mengecasnya gunakan charger yang masih oke atau yang ori. Sebab kerusakan hp dapat juga terjadi karena pemakaian perangkat charger yang memang bukan kriteria dari smartphone tersebut, terlebih lagi jika imitasi. Sebab tegangan yang dihasilkan dari charger imitasi tidaklah stabil yang lama kelamaan dapat menurunkan kinerja dari komponen power saat di isi daya.

3. Ketika Anda mengecas Hp, lebih baik matikan. Pada dasarnya mencabut baterai hp dapat menjadi salah satu cara mengistirahatkan hp yang seharian full sudah dioperasikan. Dengan cara tersebut, seluruh komponen bisa mendapatkan kesempatan untuk mendinginkan dari panasnya aliran listrik. 

4. Jika tidak berada dalam keadaan darurat, jangan sampai mencharger Hp Samsung dengan power bank. Mengecas dengan power bank yang mempunyai merek abal-abal akan membuat baterai cepat drop. 

5. Jangan lama-lama dalam mengecas hp. Jika terlalu lama maka dapat menyebabkan hp rusak dan baterai akan berusia lebih pendek.

Itulah informasi mengenai spesifikasi lengkap dari Samsung Galaxy Note 10 beserta bagaimana cara melakukan perawatannya dengan baik. Seperti manusia, Hp juga memerlukan perawatan supaya tetap indah. Dengan Anda melakukan perawatan secara berkala maka smartphone Anda akan lebih awet dan bertahan lama. Perawatannya pun cukup mudah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Demikian berbagai pembahasan yang perlu Anda ketahui, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.