Mau Liburan Minggu Ini ke Bandung? Ketahui Aturan-Aturan ke Arah Wisata Ciwidey dan Lembang




Masa liburan Isra' Mi'raj dan Hari Raya Nyepi dari tanggal 11 sampai 14 Maret 2021 dimanfaatkan oleh wisatawan luar kota untuk berlibur ke Bandung. Tempat-tempat wisata seperti Ciwidey dan Lembang masih jadi favorit. Namun, sehubungan dengan penerapan protokol kesehatan, beberapa titik di kawasan Bandung pun diterapkan aturan. Berikut ini di antaranya:


1. Jalur wisata Kabupaten Bandung (Ciwidey dan sekitarnya)
Jajaran Satlantas Polresta Bandung beserta dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung menggelar pemeriksaan kendaraan dan wisatawan yang melintas di Gerbang Tol Soreang dan juga Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung pada hari libur Isra Miraj Kamis, 11 Maret 2021 hingga hari libur Nyepi pada Minggu 14 Maret 2021. Setiap kendaraan dari luar Kabupaten Bandung dihentikan petugas dan dimintai surat keterangan negatif covid-19 baik hasil swab antigen maupun swab PCR.

Bagi pengendara yang tidak memiliki surat negatif covid-19, petugas pun menyediakan layanan swab antigen gratis yang hasilnya keluar kurang lebih 20 menit.

2. Jalur wisata Kabupaten Bandung Barat (Lembang dan sekitarnya)
Pihak Sat Lantas Polres Cimahi akan memeriksa setiap kendaraan yang melintas ke daerah Lembang terutama yang berasal dari luar daerah pada libur Nyepi 2021. Pemeriksaan akan melibatkan unsur Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Satpol PP terutama untuk memeriksan surat hasil rapid tes antigen. 

Untuk lokasi pemeriksaan sendiri akan dilakukan di simpang Beatrix, Panorama, dan perbatasan Subang. Dalam hal ini, akan dilakukan pemeriksaan Rapid Antigen bagi kendaraan luar provinsi. Apabila kedapatan tidak membawa disiapkan antigen secara gratis.

3. Jalur wisata Kota Bandung
Pemkot bersama Sat Lantas Polrestabes Bandung masih memberlakukan penutupan jalan di sejumlah titik untuk mencegah kerumunan warga. Penutupan jalan masih dilakukan seperti sebelumnya yakni di 23 titik. Hanya saja dalam long weekend ada perluasan penutupan jalan seperti di Jalan Lengkong Kecil dan Dipatiukur.

Kegiatan penutupan ring 1 pukul 18.00 WIB sampai 05.00 WIB pagi. Lingkar Selatan ada kebijakan baru yakni pukul 19.30 WIB sampai 05.00 pagi WIB.Akan ditutup juga Jalan Lengkong Kecil mulai jam 21.00 WIB hingga 05.00 WIB pagi.