Bank BJB

Bank BJB

Mengenal Perubahan Kata-Kata Dasar Bahasa Sunda dan Contohnya dalam Kalimat




Kata dasar adalah satuan bahasa terkecil yang mempunyai makna. Kata dasar merupakan kata yang belum memiliki imbuhan, sehingga belum mengalami perubahan bentuk dan makna. Kata dasar dapat diartikan sebagai kata awal untuk membentuk kata yang lebih besar. Dalam hal ini, sebuah kata dasar akan mengalami perubahan bentuk, fungsi dan makna ketika mendapat imbuhan.

Begitu pun dalam bahasa Sunda, kita bisa belajar perubahan kata dasar setelah mendapat imbuhan. Berikut ini beberapa contoh, di antaranya:

1. dahar = ngadahar (makan = memakan)
Contoh kalimat:
Ti tatadi ogé kupat tahu téh euweuh nu ngadahar geuning.
(Dari tadi juga kupat tahu gak ada yang memakan.)

2. injeum = nginjeum (pinjam = meminjam)
Contoh kalimat:
Cing nginjeum ragaji, rék meulahan papan keur nyieun bangku.
(Pinjam gergaji dong, mau membelah papan kayu buat bikin bangku.) 

3. cabak = nyabak (pegang = memegang)
Contoh kalimat:
Jih, teu pira gé ukur nyabak, naha mani teu meunang ah.
(Jih, cuman pegang doang, masa gak boleh sih.)

4. buka = muka (buka = membuka/terbuka)
Contoh kalimat:
Apan itu tuh imah Kang Juhana anu panto pagerna muka.
(Kan itu tumah Kang Juhana yang pintu pagarnya terbuka.)

5. duruk = ngaduruk (bakar = membakar)
Contoh kalimat:
Mun rék ngaduruk runtah ulah wayah kieu atuh, Kang Haji.
(Kalau mau membakar sampah jangan jam segini dong, Kang Haji.)

6. éntép = ngéntép (jejer = berjejer)
Contoh kalimat:
Dina jero lokét Ceu Aisyah duitna mani ngéntép bareureum.
(Di dalam dompet Ceu Aisyah uangnya berjejer merah.)

7. sangu = nyangu (masak nasi = memasak nasi)
Contoh kalimat:
Rék nyangu téh komporna teu hurung, da gasna geus béak.
(Mau masak nasi kompornya gak nyala, gasnya sudah habis.)

8. bales = males (balas = membalas)
Contoh kalimat:
Urang wajib males kanyaah jeung kahadéan indung bapa.
(Kita wajib membalas kasih sayang dan kebaikan ibu bapak.)

9. ranggeum = ngaranggeum (ambil = mengambil)
Contoh kalimat:
Ramo heulang ngaranggeum anak hayam, terus dibawa ngapung.
(Jari elang mengambil anak ayam, terus dibawa terbang.)

10. itung = ngitung (hitung = menghitung)
Contoh kalimat:
Geus meunang ngitung, duit anu disetorkeun ka bank téh.
(Sudah dapat menghitung, uang yang disetorkan ke bank).

11. jieun = nyieun (buat = membuat)
Contoh kalimat:
Murid dibéré tugas kudu nyieun karajinan tina awi.
(Murid dikasih tugas harus membuat kerajinan dari bambu.)

12. beuleum = meuleum (bakar = membakar)
Contoh kalimat:
Hurungkeun heula atuh ari rék meuleum opak mah, Cép.
(Nyalain dulu kalau mau membakar opak, Cep.)

13. carita = nyarita (cerita = bercerita)
Contoh kalimat:
Lamun moal asup gawé mah kari waé nyarita ka dunungan.
(Kalau tidak masuk kerja tinggal ngomong/bercerita aja ke majikan.)
 
14. sorodot = nyorodot (gelincir = tergelincir)
Contoh kalimat:
Tarajé anu keur ditaékan téh nyorodot, untung teu luhur labuhna.
(Tangga bambu yang dinaikin tergelincir, untuk jatuhnya tidak tinggi.)

15. soléndang = nyoléndang (selendang = menyelendangkan)
Contoh kalimat:
Adit dibaju saragam bari nyoléndang kantong, rék indit ka sakola. 
(Adit dibaju seragam sambil menyelendangkan tas, mau berangkat ke sekolah.)