Desa Wisata Alamendah, Destinasi Agrowisata dengan Fasilitas Lengkap di Rancabali




Desa Alamendah adalah salah satu desa wisata yang berada di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Desa Alamendah merupakan salah satu desa agronomi termaju yang terdapat di Kecamatan Rancabali yang mayoritas mata pencaharian penduduknya petani dan pedagang. Selain itu Alamendah dikenal dengan wisata alam, wisata religi, dan agrowisatanya.

Penggunaan lahan di Desa Alamendah didominasi oleh tegalan dan ladang untuk komoditas sayur dan buah di antaranya adalah daun bawang, stroberi, bawang putih, wortel, seledri, asparagus, dan lain-lain. Dengan segala potensi yang ada di bidang pertanian, Desa Wisata Alamendah lebih mengedepankan kegiatan agrowisata.

Kegiatan agrowisata yang sudah berkembang diantaranya adalah kegiatan petik stroberi, belajar pengolahan produk pertanian, wisata pertanian dan pengemasan di Pondok Pesantren Al-Ittifaq, wisata bertani, dan berkeliling menikmati suasana ladang pertanian.

​Kesenian Tradisional
Desa Alamendah memiliki bermacam-macam kesenian tradisional yang menjadi daya tarik wisata, mulai dari seni tari, seni musik, maupun seni bela diri. Kesenian tradisional yang ada di Alamendah diantaranya adalah seni pencak silat, tari jaipong, reog, kesenian karinding, calung, kecapi suling, dan lain-lain. Namun sayangnya masih belum tersedia gedung pertunjukan dan sanggar untuk latihan para pelaku kesenian, untuk saat ini para pelaku kesenian masih memanfaatkan kantor RW untuk berlatih.

Punceling Pass
Wisata Punceling Pass mengutamakan air panas sebagai daya tarik utama. Pihak pengelola juga menyediakan perkemahan dan trekking untuk para pengunjung yang ingin menikmati alam dengan konsep yang berbeda. Di Punceling Pass, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan kota dari puncak Bukit Keraton.

Punceling Pass sudah memiliki fasilitas yang cukup beragam diantaranya camping ground dimana dapat digunakan untuk acara atau sekedar mendirikan tenda, gazebo, pondok, kolam air panas, kolam terapi ikan, MCK (10 kamar), kamar bilas (3 kamar), dan lahan parkir.

​Industri Rumahan Pengolahan Oleh-Oleh
Industri rumahan di Desa Wisata Alamendah sedang dikembangkan menjadi salah satu atraksi wisata edukasi bagi pengunjung. Ada beberapa industri rumahan yang sudah siap menerima wisatawan yang ingin melihat, belajar, dan membeli produk olahannya. Beberapa diantaranya adalah UKM Kharisma dan UKM Rizqia untuk produk makanan khas Desa Wisata Alamendah, serta Nazwa Collection untuk UKM pembuatan bantal.

Careuh Coffee
Careuh Coffee adalah sebuah kafe yang produk utamanya adalah kopi luwak. Careuh Coffee berlokasi di Jl. Raya Ciwidey-Patengan KM 5 No.151, Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Selain menikmati kopi dengan pemandangan alam yang eksotis, pengunjung juga dapat melihat dan belajar tentang proses produksi kopi luwak.

Kopi luwak ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah mencegah penyakit saraf, melindungi gigi, menurunkan resiko kanker payudara, melindungi kulit, dan mencegah diabetes. Careuh Coffee merupakan salah satu tempat yang memiliki potensi wisata edukasi.

​Pemerahan Susu Sapi
Selain perkebunan, sebagian masyarakat Desa Alamendah juga melakukan kegiatan peternakan, salah satunya adalah pemerahan susu sapi dimana susu ini biasanya dijual ke koperasi. Selain dijual ke koperasi, ada juga produsen susu yang mengolah susu menjadi yoghurt. Kegiatan pemerahan susu sapi ini masuk ke dalam aktivitas wisata yang ada dalam paket wisata yang dibuat oleh Dawala. Dalam kegiatan susu sapi ini wisatawan dapat mencoba pengalaman baru berupa memeras susu sapi, memandikan sapi, dan mencoba susu segar yang baru diperas.

​Camping Ground
Camping ground di Desa Wisata Alamendah terdapat di beberapa spot, diantaranya adalah di Punceling Pass, Kawah Putih, dan Kampung Cai Ranca Upas.

Produk dan paket wisata yang sebetulnya merupakan kebiasaan dan aktivitas masyarakat lokal ini mampu menjadi daya tarik wisata yang menciptakan pengalaman tidak terlupakan bagi wisatawan. Hasilnya, pada semester kedua tahun 2019 DWA mampu menarik lebih dari 30 grup kunjungan dari berbagai institusi, seperti dari institusi pemerintahan, sekolah, rombongan keluarga, ataupun umum.

Pada periode tersebut, total wisatawan yang berkunjung mencapai lebih dari 2500 orang. Wisatawan yang berkunjung tersebut umumnya mengikuti paket Alamendah Trip yang menawarkan aktivitas bertani, pemerahan susu, UMKM, prakarya, dan kesenian.

Lokasi dan rute ke Desa Wisata Alamendah
Desa Wisata Alamendah ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi ± 2 jam atau menggunakan angkutan umum Terminal Leuwi Panjang Bandung, naik mobil Elf atau L300 jurusan Ciwidey-Bandung, turun di pemberhentian akhir atau Pasar Ciwidey.

Kontak Desa Wisata Alamendah:
- IG: @desawisata_alamendah
- WA: 0821-1931-0092