Kunjungi Kabupaten Bandung Menparekraf Gelar KaTa dan Kunjungi Desa Wisata Alam Endah Rancabali




Dalam rangka mengembangkan potensi ekonomi kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf) RI menggelar acara Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia di GBS, Soreang, Jumat (10/9/2021).

Kegiatan tersebut merupakan peluang besar bagi para pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) untuk terus meningkatkan kualitas produk, salah satunya dengan melakukan inovasi sesuai dengan harapan Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Wabup Sahrul Gunawan berharap, Kabupaten Bandung dapat menjadi Kabupaten kreatif yang ideal di Indonesia, sekaligus dapat masuk ke dalam kabupaten/kota kreatif di dunia.

Selain itu, Sandiaga juga mengunjungi Desa Alam Endah Kecamatan Rancabali. Desa tersebut masuk daftar 50 besar desa wisata di Indonesia, dalam Apresiasi Desa Wisata Indonesia 2021.

Wabup Sahrul mengatakan, tempat wisata di Kabupaten Bandung saat ini tengah ujicoba untuk dibuka, meski belum keseluruhan. Pelaku wisata, dan masyarakat tentunya, sudah tidak sabar menunggu aktivitas wisata bisa berjaln normal.

"Mudah-mudahan tidak menjadi euforia nantinya, tetap menjaga prokes dan kita bisa menaikkan level PPKM. Saya berharap kunjungan Pak Menteri ini bisa memancing pertumbuhan wisata nanti jika sudah dibuka," ucap Sahrul.

Ujicoba pembukaan tempat wisata

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyampaikan jika dua lokasi wisata di wilayah Kabupaten Bandung telah dapat melaksanakan uji coba pembukaan tempat wisatanya. Kedua tempat wisata tersebut diantaranya Glamping Lakeside Rancabali (Situ Patenggang) dan wisata alam Kawah Putih. Kedua lokasi tersebut dipilih melalui data yang diterima setelah melewati proses evaluasi.