Bandung Raih Penghargaan Kota Metropolitan Ramah Sepeda dari Bike To Work Indonesia




Kota Bandung meraih predikat kota metropolitan ramah sepeda terbaik bersama DKI Jakarta dan Kota Surabaya. Predikat tersebut diberikan pada saat gelaran B2W Indonesia Award Kota Ramah Sepeda Tahun 2021 di Ballroom Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa, 21 Desember 2021.

Kang Yana menerima piagam penghargaan tersebut dari Komunitas Bike To Work Indonesia yang diserahkan oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) pada Kementerian Dalan Negeri, Akmal Malik.

Animo bersepeda masyarakat Kota Bandung cukup tinggi, oleh karena itu Pemkot Bandung berusaha untuk memfasilitasi sarana dan prasarana para penggiat sepeda tersebut. Kang Yana pun mengucapkan syukur atas apresiasi yang diberikan oleh komunitas Bike To Work Indonesia kepada Pemkot Bandung.

B2W Indonesia Award merupakan ajang apresiasi dan pemberian penghargaan untuk insan/kelompok/instansi yang selama ini mempunyai andil besar dalam berkomitmen dan konsisten mendorong budaya bersepeda di Indonesia. Kegiatan ini juga dukungan bagi program Union Cycliste Internationale (UCI) Cycling for All dalam mendorong orang-orang di seluruh dunia untuk menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi, kesehatan, rekreasi atau kegiatan olahraga.

Sebagai informasi, untuk mendukung tren bersepeda ini, Pemkot Bandung memanjakan pesepeda dengan membangun sejumlah fasilitas dan merevitalisasi jalur-jalur sepeda yang sudah ada sebelumnya. Selain mengaktifkan kembali jalur yang sudah ada, Pemerintah Kota Bandung juga membangun jalur baru yang direkomendasikan oleh komunitas pesepeda. Layanan peminjaman sepeda atau bike sharing yang dinamai 'Boseh' juga dapat kembali digunakan oleh warga. Fasilitas ini sebelumnya sempat dinonaktifkan pada awal pandemi Covid-19.