Belanja Sandang Murah di Sentra Tekstil Cigondewah




Sentra Tekstil Cigondewah

Cigondewah adalah kawasan sentra kain di Bandung Selatan, selain Tamim dan Pasar baru. Di kawasan ini, Anda dapat membeli kain dengan harga murah. Ada banyak toko-toko yang berjejer di sepanjang Jalan Cigondewah. Kawasan ini lumayan panjang, sebelah timur berbatasan dengan Taman Kopo Indah/Cibolerang.

Sebelah barat berbatasan dengan daerah Cijerah dan Margaasih. Sentra kain Cigondewah rupanya bersinergi dengan kawasan sekitarnya. Misalnya, di kawasan sekitar Cigondewah, seperti Rahayu-Sindang Palay terdapat sentra industri topi, tas, jaket, dll.

Tekstil yang dijual di Cigondewah tidak hanya barang sisa ekspor atau produk reject. Banyak pula toko yang menjual bahan tekstil yang masih gres, mulai dari katun, linen, chiffon, wol, dan lain-lain. Banyak pula di antaranya yang telah diolah menjadi kerudung, bed cover, seprei, sarung bantal, dan benda-benda sandang lainnya.

Satu hal yang mungkin tidak ditemui di tempat lain, berbelanja di Cigondewah menggunakan sistem penjualan “kiloan”. Setelah konsumen dan penjual menyepakati harga, kain yang hendak dibeli itu ditimbang layaknya membeli beras atau buah-buahan. Namun, sistem pengukuran juga masih ada kok.

Rute Menuju Kawasan Sentra Tekstil Cigondewah
1. Menggunakan Angkot
Jika menggunakan angkot: naik angkot warna kuning jurusan Cipatik-Tegallega. Rute angkot ini adalah Tegallega - Terminal Leuwipanjang - Kopo-Caringin - Holis - Cigondewah. Bisa juga pakai angkot jurusan Ciwastra-Cijerah (warna abu). Dengan rute Leuwipanjang - Kopo - Cirangrang - Cibolerang - Cigondewah Rahayu - Cigondewah Kaler - Cijerah.

2. Rute Keluar Tol Kopo
Jika memakai kendaraan pribadi: keluar dari pintu Tol Kopo - belok kiri - masuk Cirangrang/Cibolerang - belok kanan ke arah Cigondewah Rahayu - Cigondewah Kaler.

3.  Rute Keluar Tol Pasirkoja
Jika keluar dari tol Pasirkoja - belok kanan (arah Jln. Soekarno-Hatta) - masuk perumahan Sumber Sari - belok kiri ke Jln. Holis - perempatan ke Jln. Caringin lurus saja - belok kanan ke arah perempatan Perumahan Taman Holis - belok kiri ke Cigondewah Rahayu (ruko sentra kain) atau bisa juga belok kanan ke arah Cigondewah Kaler.

Tips membeli kain di Cigondewah:
1. Pastikan Anda membeli di tempat yang terpercaya dan pilih kain yang benar-benar mulus. Jangan sampai Anda mendapat kualitas barang reject/ada cacat Lebih baik Anda berkeliling dari satu lapak ke lapak lain untuk pembanding.
2. Pandailah menawar dengan harga super miring. Jangan sampai Anda kecewa karena harga ternyata sama saja dengan di tempat lain. Kalau Anda mau membeli banyak dan ingin harga murah, bilang saja (misalnya) untuk dijual kembali.
3. Tipikal pengusaha di sini: ada yang asli Cigondewah alias benar-benar sudah lama/pelopor penjual kain di Cigondewah juga ada yang pendatang (biasa menyewa tempat atau membeli lapak dari pemilik lama yang asli penduduk Cigondewah). Untuk membedakan, biasanya penjual kain asli dari Cigondewah lebih kental dengan gelar "Haji". Ciri khas kawasan Cigondewah memang gudangnya penduduk dengan gelar "haji".
4. Selain menjual kain bahan di sini juga dikenal dengan produk sandang yang sudah jadi (busana muslim, sajadah, sarung, dsb.).

Jika Anda ingin sekalian membeli produk sandang lainnya, daerah sini juga dekat dengan sentra konfeksi. Jika ingin membeli atau memesan produk topi, tinggal belok ke arah kanan menuju Jalan Sindang Palay/ Rutenya dari Cigondewah Rahayu arahkan kendaraan Anda ke Jembatan Tol Taman Kopo Indah II/dekat Pasar Cigondewah, belok kanan ke arah Jalan Sindang Palay - Kampung Pangkalan - Curug/Mahmud.

Dari daerah Curug/Kampung Pangkalan ini juga banyak berdiri pembuat produk jaket (yakni di daerah Kampung Rancamalang, Kampung Pangkalan, Cigondewah Hilir, Cibisoro). Jika Anda ingin pesan aneka rupa tas, rutenya dari Jembatan Tol TKI II, ke arah kiri (Jln. Sadang yang tembus ke arah Kopo Sayati). Di pinggir Jalan Sadang banyak berjejer toko dan sentra perajin tas.

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS