Review

Taman Bacaan, Perpustakaan, dan Toko Buku di Bandung yang Berbasis Komunitas




Bicara Bandung, bicara pendidikan. Geliat aktivitas komunitas penyuka buku, diskusi, dan ragam kegiatan komunitas ada di Bandung. Hampir setiap tempat di Bandung ada taman bacaan yang menyediakan ragam peminjaman buku, ruang diskusi, hingga taman bacaan yang menjadi perpustakaan plus merangkap toko buku. Konsep pertemanan di dunia taman bacaan di Bandung ini sangat kental. Bila Anda mahasiswa atau pelajar dan juga pegiat dunia tulis menulis atau perbukuan, bisa datang ke taman bacaan. Selain menjadi anggota, Anda bisa berdiskusi dengan para pengurus atau pengunjung lain yang datang ke taman bacaan tersebut. Suasana diskusi yang hangat bisa memberikan pencerahan baru akan dunia pemikiran dan pergerakan di Bandung. 

Salah satu taman bacaan, toko buku dan ruang diskusi yang dikenal di Bandung timur, tepatnya di kawasan Jatinangor (pinggir jalan keluar kampus Unpad) ada Toko Buku Nalar atau biasa disebut Institut Nalar Jatinangor. Ini merupakan tempat berkumpulnya mereka yang aktif dalam dunia literasi dan juga event. Nalar didirikan oleh pasangam suami-istri, Hikmat Gumelar dan Mona Sylviana. Di sini Anda bisa meminjam atau membeli buku. Konsep perkenalan di komunitas ini sangat terbuka. Ragam latar belakang pengunjung dari ragam pemikiran akan membuat asyik diskusi yang biasa diselenggarakan oleh Nalar. Nalar memang  institusi yang mengutamakan pada pembelajaran akan multikulturalisme.

Di Jatinangor juga ada Perpustakaan Batu Api.  Di perpustakaan ini  tidak menawarkan koleksi buku dan film umum, melainkan buku dan film pergerakan (pergerakan politik, budaya, dan lain-lain). Koleksi Batu Api sekarang ini sekitar 8.000 buku dan 2.000 video sejak didirikan 1 April 1999. Adalah Anton Sihombing yang mendirikan perpustakaan ini yang juga dilengkapi dengan Kineklub Batu Api. yang jadi arena diskusi tentang pergerakan berbagai hal. Bagi Anda yang ingin belajar berkomunitas, di sini tempatnya. Tempatnya sendiri kira-kira beberapa puluh meter dari Kampus ITB II Jatinangor/dulu Unwim atau Pangkalan DAMRI (cirinya pas turunan menuju arah Ikopin/Jalan Caringin-Jatinangor).
Jika Anda menyukai tentang sejarah atau sastra Sunda dana hal lainnya yang berhubungan dengan literatur Sunda, bisa mengunjungi Rumah Baca Buku Sunda. Rumah Baca Buku Sunda ini didirikan oleh Mamat Sasmita yang lebih dikenal dengan Uwa Sas. Hanya di sini, biasanya buku tidak dipinjamkan. Maklum, di sini banyak juga koleksi buku-buku kuno yang berhubungan dengan Sunda. Buku Sunda di sini bukan hanya yang murni berbahasa Sunda, namun buku-buku bahasa lain yang membahas masalah kesundaan. Alamatnya sendiri di Perumahan Margawangi Jalan Margawangi VII No.5 Margacinta Bandung Tlp 022-7511914. Anda bisa masuk dari Jalan Kantor Samsat Kiaracondong, masuk ke jalan Margacinta, lalu di pertigaan Pasar Kordon belok kiri menuju arah Jalan Margawangi. Jika kesulitan mencari Rumah Baca Buku Sunda ini, tanya saja rumah (alm.) Kang Ibing kepada tukang becak yang ada di pintu masuk perumahan Margawangi. Sebab rumah Kang Ibing dengan Rumah Baca Buku Sunda ini berdekatan dengan rumah Kang Ibing.

Inilah beberapa taman bacaan lain yang bisa Anda kunjungi untuk menambah referensi ilmu pengetahuan.

1. Perpustakaan Umum Prof. Dr. Doddy A. Tisna Amidjaja, Jalan Mutumanikam No. 69. Letaknya di dekat Jalan Buah Batu masuk ke dalam (bisa dari Jalan Mutumanikam atau Jalan Suryalaya).
2. Rumah Buku (Perpustakaan, Kine klub, dan toko buku), Jalan Heragmana No. 52.
3. Tobucil Common Room.. Di sini selain menjadi toko buku juga ada klub baca, klub nulis, klub hobi, klub nonton, klub desain, dll. Alama Tobucil berada di Jalan Kiai Gede Utama No. 8 Bandung 40132.
4. Pustakala. Ini merupakan perpustakaan dan toko buku. Alamatnya di Jalan Ranggamalela No. 23.
5. Rumah Malka. Merupakan toko buku, penerbit, juga merangkap perpustakaan. Alamatnya ada di Jalan Hasan Mustofa No. 54.
6. Potluck, Jalan Teuku Umar no 9.
7. Das Mutterland (Perpustakaan dan Toko Buku), Jalan Cihampelas No. 201.
8. Eat & Read/er (Taman Bacaan dan Toko Buku) Graha Putra Business Center 1st Floor, Jalan H. Wasid No. 29.
9. Beur~Read (Art Galery, Library and Bookstore), Jalan Dr. Curie Bandung 40171.
10. Taboo (Perpustakaan dan Toko Buku), Jalan Dago Pojok No 45/161B.
12. Gubuk Dongeng (Toko Buku dan Perpustakaan), Jalan Ciumbuleuit 151A Lt. 2 Bandung
13. Tobucil & Klabs, Jalan Aceh No. 56.
14. Zoe Corner, Jalan Pager gunung No. 3.
15. Rumah Baca Pustaka Ilmu (Perpustakaan, Toko Buku, dan Galery Rajut Handmade) Jln. Koi Blok R2 No. 8 Kompl. Margaasih Indah Permai Bandung.
16. Taman Bacaan Al-Hafiizh (Menjual-menyewakan buku dan vcd) Jln. Binong Jati Rt.04 Rw.04 Kel. Binong Kec.Batununggal.
17. Bumi Baca Rancaekek. Taman Bacaan Masyarakat yang berada di Perumahan Griya Utama Rancaekek Blok 2A Jalan Borneo 1 No. 19 Rancaekek - Kab. Bandung.