Review

Profil, Alamat, dan Kontak Padepokan Seni Mayang Sunda





Jika Anda termasuk salah seorang penikmat sajian seni budaya, Kota Bandung adalah tempatnya. Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini mempunyai beberapa gedung pertunjukan seni budaya, semisal di Dago Tea House, Gedung Rumentang Siang, Galeri Kita, Museum Sri Baduga, dan tempat lainnya.

Salah satu tempat pertunjukan yang kerap dikunjungi para penikmat sajian seni dan budaya adalah Padepokan Seni Mayang Sunda. Tempatnya di Jalan Peta, sebelum pusat perbelanjaan Festival Citylink. Tempat ini dulu pernah diaktifkan namun pernah vakum dan kemudian Seni Mayang Sunda yang telah lama ditutup itu akhirnya dibuka kembali.

Gedung milik Pemerintahan Kota Bandung ini terhitung mulai tahun 2013 akan difungsikan kembali. Tempat ini difungsikan secara gratis menjadi tempat diskusi, aneka seni permalam Minggu dan event-event yang lainnya. Dengan bobot 70% seni tradisi, dan 30% seni kontemporer. Padepokan yang terletak di Jalan Peta No. 209 Bandung ini diharapkan dapat memfasilitasi komunitas masyarakat dalam rangka pemberdayaan seni budaya. UPT Padepokan Seni Mayang Sunda siap menyambut wisatawan dengan suguhan even-even seni tradisional dan kontemporer. Jadwal pementasan akan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen terutama wisatawan lokal dan mancanegara.

Persiapan seni pertunjukan di Padepokan Seni Mayang Sunda terus dilaksanakan secara intensif. Sebanyak 25 kali gelar pertunjukkan, respon publik sangat antusias. Dari angket penonton, mayoritas penikmat puas dengan seni pertunjukan kontemporer.

Untuk mendukung pengembangan wisata seni budaya di Kota Bandung, Padepokan Seni Mayang Sunda menjadi prioritas pengembangan. Salah satunya dengan adanya kerja sama pengembangan wisata yang diformulasikan dalam bentuk kerja sama pengembangan promosi pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung dan Kota Yogyakarta serta para pelaku pariwisata.

Adapun prioritas di Padepokan Seni Mayang Sunda adalah pada pertunjukkan seni tradisional untuk menarik minat wisatawan. Dimana pihak Dinas Pariwisata dan Budaya Jabar dan Kota Bandung sedang berjuang keras agar seni tradisional yang ditampilkan secara rutin mendapatkan pasar. Padepokan seni ini tidak hanya menjadi tempat pagelaran seni belaka, tetapi lebih jauh harus menjadi wadah perenungan yang akhirnya menghasilkan pemikiran-pemikiran soal perkembangan kasundaan.

Untuk menjadikan Padepokan Seni Mayang Sunda sebagai pusat kebudayaan, maka setiap hari Sabtu dan Minggu biasa digelar pertunjukan seni. Kreasi seni yang akan digelar di Padepokan Seni Mayang Sunda tersebut, tidak hanya seni tradisional saja. Tapi, juga akan ditampilkan kreasi seni kontemporer dan modern.

UPT Padepokan Seni Mayang Sunda
Jalan Peta No.209 Bandung,
Jawa Barat 40242
Telepon/HP:
- (022) 6034514
- 0813 2121 6130

Update info event di Padepokan Seni Mayang Sunda:
https://twitter.com/PS_MayangSunda