Review

Taman-Taman Tematik di Kota Bandung




Sejak zaman Belanda, Bandung dikenal sebagai kota yang terdapat banyak taman. Sampai saat ini, taman-taman tersebut sebagian besar masih ada, misalnya Taman Maluku dan Taman Ganesha. Sekarang, di era pemerintahan Wali Kota Ridwan Kamil, taman-taman di Bandung pun dibebenah kembali dengan menghadirkan taman tematik di beberapa titik di Kota Bandung. 

Pembuatan taman ini memanfaatkan kawasan atau area yang terbengkalai dengan dibangun berbagai taman dengan tema yang beraneka ragam. Tujuannya agar kota Bandung sebuah ruang publik yang nyaman asri dan indah. Masyarakat akan memiliki berbagai alternatif mencari udara segar dan area nyaman ditengah-tengah hiruk pikuk kota, untuk sekedar beristirahat, berinteraksi, berfoto,  atau berekreasi. Masyarakat dapat menyesuaikan minatnya dimana taman yang diminati. Taman-taman ini bisa menjadi alternatif area nyaman untuk jalan-jalan selain di cafe atau mall. Begitu pula konsep modern tak ditinggalkan, salah satunya dengan penyediaan akses WiFi gratis Bandung Juara.

Berikut ini beberapa taman tematik yang bisa Anda kunjung di Kota Bandung:

1. Taman Vanda


Taman ini tepat berlokasi di Jalan Merdeka bawah, tepatnya di antara Gedung Bank Indonesia dan Polrestabes Bandung. Taman ini dilengkapi dengan air mancur. Nama Taman 'Vanda' sendiri diambil dari salah satu nama jenis anggrek. Taman ini biasa dipakai tempat shooting sinetron Preman Pensiun. Kebanyakan yang berkunjung ke tempat ini untuk nongkrong sekaligus selfie. Lokasinya dekat dengan Taman Balai Kota dan Taman Tepian Anak Sungai Cikapayang (Jln. Merdeka).

2. Taman Pustaka Bunga Cilaki


Taman ini berlokasi tak jauh dari pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat yakni Gedung Sate yang ada di Jalan Diponegoro. Taman yang dulunya dikenal taman Cilaki ini, kini lebih cantik dengan ditanami sekitar 100 ribu bunga dari berbagai jenis.

Sejumlah bunga yang ditanam di antaranya Amaryllis, Poinsettia, Kalanchoe, Amaryllis, Bougenville, Rhododenron, juga dipercantik dengan tanaman anggrek langka yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Suasana sejuk dan asri membuat banyak orang betah berlama-lama di tempat ini. Pengunjung taman harus mengikuti aturan masuk ke taman ini: tidak boleh bawa makanan, minuman, dan binatang. 

3. Taman Fotografi


Taman ini mempunyai ciri khas dengan tugu huruf "C", berada di Jalan Anggrek (bisa masuk dari arah Jalan Gandapura atau Jalan Riau). Taman ini merupakan wadah untuk komunitas foto berkumpul. Adapun fasilitas yang disediakan di sana yakni kelengkapan yang menunjang kegiatan fotografi, seperti cermin-cermin, spot foto dan lainnya. Taman ini dilengkapi dengan WiFi Bandung Juara dan arena bermain anak di sebelah timur. Juga tersedia bangku-bangku untuk tempat duduk dan area luas yang bisa dipakai berlari-lari.

4. Taman Jomblo (Taman Pasupati)
Inilah nama taman yang termasuk "fenomenal" di Kota Bandung. Nama tersebut tercetus karena taman yang lokasinya berada di kolong jembatan Pasupati tersebut terdapat single seat atau bangku yang didesain untuk duduk sendiri. Taman tersebut banyak didatangi anak-anak muda Bandung untuk sekadar nongkrong atau berfoto-foto.

5. Taman Film

Taman ini berlokasi bawah jalan layang Pasupati, Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. Taman tematik ini diresmikan pada Minggu, 14 September 2014). Taman Film Bandung merupakan taman yang dibangun khusus untuk warga Kota Bandung menonton film. Taman ini memiliki luas 1300 meter persegi dan berkapasitas 500 orang penonton.

Sebagai yang pertama di Indonesia, taman ini dilengkapi dengan teknologi videotron raksasa berukuran 4x8 meter. Penonton pun akan dimanjakan dengan sound sistem berkualitas baik yang didukung daya listrik 33000 watt. Penonton bisa memilih tempat duduk. Mau di tempat duduk beton bergaya terasering sawah atau lesehan di atas rumput sintetis di depan layar. 

6. Taman Musik


Kota Bandung sejak Sabtu 1 Maret mempunyai taman baru yaitu Taman Musik. Taman yang berlokasi di Jalan Belitung itu diperuntukkan bagi mereka gemar musik, terutama anak band. Tempat itu jadi bisa jadi tempat bagi band-band yang ingin manggung. Jika ingin membuat pertunjukan musik, syaratnya pun cukup mudah cukup koordinasi dan mengajukan perizinan pada Diskamtam. Itu demi menghindari adanya bentrok jadwal bagi mereka yang ingin menggunakan Taman Musik. Selain itu, harus minta izin ke Kepolisian jika ingin membuat acara berskala cukup besar di lokasi tersebut. Jam operasionalnya pun maksimal hingga pukul 24.00 WIB atau sesuai rekomendasi polisi.

7. Taman Lansia


Taman sebetulnya bukan hanya "milik" kaum lanjut usia, siapapun bisa masuk ke taman ini. Taman ini terletak di Jalan Cisangkuy Bandung (dekat Gedung Sate) dan biasa digunakan sebagai tempat olahraga maupun rekreasi keluarga atau hanya ingin duduk santai saja. Taman Lansia adalah singkatan dari Taman Lanjut Usia, dan menjadi salah satu sarana refreshing dan istirahat untuk warga kota Bandung ataupun warga luar Bandung yang sedang berkunjung ke Bandung.

Rencananya pada 2014 ini, akan ada pembuatan 10 taman, antara lain: Taman Lampion, Taman Superhero, Taman Musik, Taman Anjing, Taman Buku, Taman Dinosaurus, dan Taman Zikir. Berbagai taman dengan berlainan tema ini dapat dikunjungi oleh semua lapisan masyarakat dari semua usia.

Info taman lainnya:
- Taman Alun-Alun Bandung
- Taman Superhero Bandung
- Pet Park Bandung