Review

Ingin Mengajak Jalan-Jalan Hewan Peliharaan Anda? Bawa Saja ke Pet Park




Peta park Bandung

Kota Bandung memiliki taman tematik yakni dengan konsep sebagai taman hewan peliharaan, bernama Pet Park. Taman kota ini dapat digunakan oleh masyarakat penggemar hewan peliharaan. Taman ini bukan berarti para pengunjung harus membawa hewan peliharaan, setiap warga bisa memanfaatkan fasilitas di taman ini. Namun, bedanya di taman ini ada penambahan berupa fasilitas yang diperuntukan bagi hewan peliharaan. Kini, taman tematik di Bandung ini biasa menjadi tempat kumpulnya para komunitas penggemar hewan peliharaan.

Dimana lokasi taman ini? Taman ini lokasinya di ujung antara Jln. Cisangkuy - Jln. Cilaki - Jln. Ciliwung (dekat Taman Lansia, dari Jln. Cilaki/Gedung Sate ke arah timur). Taman ini sengaja dibuat karena sekitar kawasan tersebut selama ini rimbun oleh pepohonan. Adapun taman yang ditata ulang untuk Pet Park ini luasnya lebih dari 800 meter persegi.

Di  taman ini dibuat jalur khusus untuk jogging, meja, kursi, tempat sampah, dan fasilitas pendukung lainnya. Sementara penambahan fasilitas untuk hewan peliharaan, ada fasilitas ketangkasan hewan hingga toilet khusus hewan. Ini untuk mengantisipasi agar hewan tidak buang air kecil atau buang air besar sembarangan. Hampir setiap hari libur atau minggu pagi Pet Park selalu ramai dipenuhi oleh masyarakat penggemar hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan hewan peliharaan lainnya.

Sementara untuk toiletnya ada dua macam, satu untuk manusia, satu untuk hewan, septic tank-nya juga terpisah dan tidak bercampur dengan aliran sungai di tengah taman. Biaya pembuatan "Pet Park" ini semuanya bersumber dari APBD Kota Bandung. Adapun total biaya yang dihabiskan untuk membangun taman ini sekitar Rp 190 juta. Akan tetapi, taman tersebut belum benar-benar akan disempurnakan tahun ini.  Pada anggaran tahun depan, fasilitas semacam lampu penerangan serta fasilitas internet nirkabel gratis baru akan disediakan untuk melengkapi taman ini.

Untuk para pengguna taman ini, kebersihan serta ketertiban harus dijaga dan tentunya bukan aktivitas yang bernilai komersial. Kini, taman ini menjadi salah satu model pengelolaan taman oleh komunitas. Paguyuban Pet Park adalah yang mengelola Pet Park. Komunitas Pet Park berkomitmen akan memelilhara, menggelar acara, dan menjaga kebersihan. Pet Park adalah contoh fasilitas yang disediakan pemerintah namun bisa dikelola oleh masyarakat sendiri.

Baca juga: Daftar alamat dan kontak dokter hewan di Bandung

Untuk kenyamanan bersama, bagi para pengunjung yang membawa hewan peliharaannya, harap mematuhi tata tertib di taman ini, di antaranya:
- Pemilik hewan wajib: membawa kantung plastik untuk membersihkan kotoran (poop) dan tisu untuk pipis (pee) dan membuangnya ke tempat sampah yang telah disediakan.
- Pengunjung dilarang membawa hewan yang sedang sakit atau belum divaksin.
- Hewan yang masih buas dan galak wajib memakai tali / rantai (off leash) atau mulutnya dipasang brangus (muzzle) dan harus dalam pengawasan pemiliknya.
- Pengunjung dilarang melakukan kekerasan terhadap hewan peliharaan.

Pet Park Bandung
Jl. Ciliwung No.14, Cihapit, Bandung Wetan, Kota Bandung
[Lihat peta lokasi]

- Foto-foto di Pet Park Bandung LIHAT DI SINI
- Video Pet Park Bandung TONTON DI SINI

Info taman lainnya:
- Taman Jomblo Bandung
- Taman Alun-Alun Bandung
- Taman Superhero Bandung
- Profil dan Alamat Taman-Taman Tematik di Kota Bandung