Review

Ingin Menikmati Sate Favorit di Kota Bandung? Datang Saja ke Tempat-Tempat Ini




Siapa tidak kenal kuliner berbahan daging ini? Malah orang luar negeri juga memuji sate sebagai salah satu makanan paling lezat yang ada di Nusantara. Sate yang biasa disajikan dengan bumbu kacang, kecap, serta acar adalah makanan yang lebih nikmat disantap pada malam hari. Hampir setiap kota memiliki pedagang sate yang menjadi favorit, tidak terkecuali di Kota Bandung. Anda bisa berburu sajian sate yang ada di beberapa titik di Kota Bandung. Inilah beberapa lapak jualan sate di Bandung yang terkenal dengan kelezatannya.

1. Sate dan Gule Kambing H.M Harris
Lokasinya berada di Jalan Asia Afrika No. 151 (Simpang Lima) Bandung. Tempat jualan sate ini sudah dikenal lama di Bandung. Dari selebritas sampai para petinggi negeri ini banyak yang kesengsem dengan sajian sate dan gule kambing di H.M. Harris. Sate kambing di sini disajikan di atas hotplate. Dengan demikian, rasa hangatnya terjaga. Anda pun bisa pesan sate kambing dengan atau tanpa lemak. Ciri khas dagingnya juga empuk dan tidak berbau merupakan favorit bagi para pengunjung. Sate Kambing H.M. Harris disajikan dengan bumbu kacang dan bumbu kecap yang sudah diberi irisan cabe rawait, bawang merah dan tomat. Anda pun bisa mencicipi gulai yang kuahnya cukup kental dengan rasa yang pas di lidah. Potongan daging kambing yang disajikan pun lembut dengan sedikit lemak.

2. Sate Hadori, Stasiun Bandung
Jualan sate ini berlokasi di Stasiun Timur 11-12. Anda bisa masuk ke arah Terminal Stasiun Selatan atau dari Jalan Kebonjati. Tempat ini buka dari jam makan siang hingga dinihari. Menu andalannya adalah sate kambing. Anda bisa menikmatinya dengan sambal kecap dengan irisan bawang dan cabe rawit. Selain di Stasiun, Sate Hadori bisa dinikmati di Be Mall, Jalan Naripan, di Dago, Jalan Setiabudhi, Jalan Cihampelas, Jalan Sersan Bajuri.

3.Sate Jalan Anggrek
Tempatnya di Jalan Riau (LLRE Martadinata) ke arah timur, tepatnya di perempatan. Tempatnya berada di pinggir di atas trotoar. Tempat pembakaran satenya sangat panjang dan ada beberapa buah. Tidak aneh di sini, Anda harus rela terkena kepulan asap dari bakaran sate. Selain sate, di sini pun Anda bisa membli soto ayam. Sotonya terdiri dari potongan daging ayam yang cukup banyak ditambah dengan telor rebus, kol dan soun. Untuk bumbunya ditambahkan dengan bawang goreng, kecap manis dan perasan jeruk nipis.

4. Sate Perempatan Gandapura
Lokasinya sebelum Jalan Riau. Tepatnya di perempatan arah ke Stadion Siliwangi (dekat taman/depan Dapoer Penyet). Anda bisa masuk dari arah Kosambi, pas rel kereta belok kiri ke arah jalan Riau. Di perempatan kedua, Anda bisa menemukan lokasi sate madura ini. 

5. Sate dan gule kambing Pak Mino
Jualan sate ini di Jl. Cimandiri, belakang Gedung Sate. Di sini tersedia sate, ayam, kambing dan sapi. Lebih istimewa dari sate, adalah gulainya. Gulai Pak Mino, terkenal tidak berbau kambing dan sedap rasanya.

6. Sate Jln. Maulana Yusuf
Di sini, Anda bisia memilih menu sate sapi, sate ayam, atau sate kambing. Letaknya di Jl. Maulana Yusuf 21. Porsi satenya termasuk besar. Sate ini buka dari pagi hingga malam (10.00 – 23.00).

7. Sate Jalan Sunda (Pak Gino)
Lokasinya persis di pinggir Jl. Sunda, dekat dengan rel kereta api. Menu sate ini disajikan dengan hot plate, dengan tambahan sepiring bumbu kacang dan kecap manis. Daging satenya tergolong empuk dengan ukuran sedang. Anda pun bisa mencoba mencicipi nasi goreng kambing.

8. Sate Jalan Imam Bonjol
Sate ini terletak di Jl. Imam Bonjol, dekat dengan toko “Lavie” yang menjual beragam keperluan anak dan bayi. Menu sate yang ditawarkan adalah sate sapi, mulai daging, jeroan sampai susu. Satu hal menarik adalah sate susunya, sebab tidak ditemukan di tempat lain.

9.  Sate Maranggi Boemi Joglo
Lokasinya di Jl. Rancakendal Luhur no. 17, Bandung. Menu andalannya adalah sate maranggi. Anda bisa menikmatinya bersama nasi liwet dan tempe mendoan. Jualan sate ini buka pada jam makan siang dan makan malam.

10. Sate Jln. Dursasana
Lokasinya di Jln. Dursasana dekat dengan Pasar Pamoyanan. Di sini, Anda bisa membeli sate kambing dan sate ayam. Adapun yang istimewa adalah porsi hidangannya yang besar dengan potongan daging besar dan empuk, serta nasinya banyak.