Review

Inilah Bagian-Bagian di Dalam Museum Konferensi Asia-Afrika





Apa saja isi dan kegiatan yang diselenggarakan di Museum KAA? Berikut ini bagian-bagiannya.

1. Ruang Pamer
Gedung meseum memiliki ruang pameran tetap yang memamerkan sejumlah koleksi berupa benda-benda tiga dimensi dan foto-foto dokumenter peristiwa Pertemuan Tugu, Konferensi Kolombo, Konferensi Bogor, dan Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

2. Perpustakaan
Perpustakaan ini memiliki sejumlah buku mengenai sejarah, sosial, politik, dan budaya Negara-negara Asia Afrika, dan negara-negara lainnya; dokumen-dokumen mengenai Konferensi Asia Afrika dan konferensi-konferensi lanjutannya; serta majalah dan surat kabar yang bersumber dari sumbangan/hibah dan pembelian.

3. Audio Visual
Ruangan ini menjadi sarana untuk penayangan film-film dokumenter mengenai kondisi dunia hingga tahun 1950-an, Konferensi Asia Afrika dan konferensi-konferensi lanjutannya, serta film-film mengenai kebudayaan dari Negara-negara Asia dan Afrika.

4. Riset
Museum Konferensi Asia-Afrika meningkatkan berbagai studi mengenai Asia-Afrika dan luar negeri serta memfasilitasi penelitian-penelitian dalam dan luar negeri yang dilakukan oleh para peneliti dan mahasiswa.

5. Aktivitas di Museum KAA
Museum Konferensi Asia-Afrika menyelenggarakan:
a. Pemanduan. Pemanduan dilakukan kepda pengunjung, baik kunjungan resmi tamu pemerintah maupun kunjungan kelompok/umum.
b. Pameran Temporer. Museum Konferensi Asia-Afrika menyelenggarakan pameran temporer dalam upaya mengedukasi publik berkaitan dengan pelaksanaan politik luar negeri dan sejarah diplomasi Indonesia. Pameran temporer ini dilakukan juga di lokasi-lokasi di luar Museum Konferensi Asia-Afrika.
c. Komunitas. Di dalam Museum Konferensi Asia-Afrika terdapat komunitas masyarakat yang dibentuk atau didukung oleh Museum Konferensi Asia-Afrika. Berbagai komunitas masyarakat ini di bentuk dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai sejarah, politik internasional, wawasan kebangsaan mengingat tentang yang dihadapi dalam politik luar negeri Indonesia di masa yang akan datang, dalam diplomasipublik maupun diplomasi antar waraga (citizen diplomacy). Beberapa kegiatan yang diselenggarakan bekerjasama dengan komunitas di antaranya: Diskusi Buku, Diskusi Film, berbagai Festival, Klab Budaya, Pameran, dan lain-lain. 

Peraturan Berkunjung ke Museum KAA
Demi kenyamanan pengunjung museum, mohon agar memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a. Tidak berlarian di museum. Bicaralah dengan nada tenang. Gunakan suara rendah di semua area museum agar tidak mengganggu pengunjung lain.
b. Harap tidak makan, minum, mengunyah permen karet, atau menggunakan produk tembakau lainnya di dalam museum kecuali di kafe museum.
c. Pengunjung tidak diperbolehkan membawa senjata atau sejenisnya.
d. Tidak diperkenankan membawa binatang peliharaan.
e. Tidak diperkenankan mengenakan sandal jepit atau sejenisnya.
f. Boleh berfoto namun tidak menggunakan kilat dan kaki tiga (tripod).
g. Untuk meningkatkan interaksi, pengunjung disarankan mengurangi penggunaan ponsel kecuali pada keadaan darurat saja.
h. Tidak menyentuh artefak.
i. Tidak masuk ke tempat dimana tur sedang berlangsung, silakan kembali kemudian.
j. Tidak menggunakan perangkat pameran sebagai alas untuk menulis.

Jalur Angkutan Umum ke Museum KAA
a. Dari Terminal Bus Cicaheum: Naik bus kota jurusan Cicaheum-Leuwi Panjang. Turun di Halte Bus Asia-Afrika. Jalan kaki sejauh kurang lebih 100 meter ke barat menuju Alun-alun Bandung.
 b. Dari Terminal Bus Leuwi Panjang: Naik bus kota jurusan Cicaheum-Leuwi Panjang. Turun di Halte Bus Alun-alun Bandung. Jalan kaki sejauh sekitar 100 meter ke timur menuju Jalan Braga.
 c. Dari Stasiun Kereta Api Kebon Kawung Bandung: Naik angkutan kota jurusan St. Hall-Gedebage. Turun di perempatan Jalan Braga-Naripan. Jalan kaki ke arah selatan sejauh kurang lebih 100 m menuju Jalan Braga.

Jadwal Operasional Museum KAA
Senin : Libur
Selasa-Kamis: 08.00 - 16.00 WIB
Jumat: 14.00 - 16.00 WIB
Sabtu-Minggu: 09.00-16.00 WIB

* Hari libur nasional: Libur
** Pengunjung berkebutuhan khusus dan kunjungan berkelompok lebih dari 25 orang harap melakukan reservasi sebelumnya.
Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk kecuali untuk kegiatan tertentu.

Alamat dan Kontak Museum Konferensi Asia Afrika
Jl. Asia-Afrika no. 65
Bandung, Jawa Barat

Telepon: (022) 423 3564
Faximile: (022) 423 8031

Kontak akun Twitter: https://twitter.com/AsiAfricaMuseum
Sahabat MKAA: http://sahabatmkaa.com