Review

Profil Pangeran Tyson Pemeran Joni di Sinetron Preman Pensiun





Preman anak buah Kang Komar di pasar ini sosoknya jangkung badag, badannya yang tegap dan rambut cepak lebih mirip sosok tentara. Dan dalam "Preman Pensiun", ia lah yang selalu diejek Kang Komar si tentara gagal, gagal tes calon tentara. Sosok Joni dalam sinetron "Preman Pensiun" biasa juga ditampilkan sebagai anak buah Kang Komar yang selalu diminta memijat pimpinannya itu. Selain itu, sama dengan Iwan Tyson serta Jupri, ia juga kerap disuruh memesan kopi oleh Kang Komar.

Dalam beberapa adegan terakhir, sosok Joni ini disuruh memakai seragam security oleh Kang Komar. Namun kemudian Kang Mus menyuruh untuk menanggalkan seragam security tersebut. Alasannya, memakai seragam security itu tidak sembarangan, ada prosedur formal untuk sang pemakai. Dalam adegan lainnya, tokoh Joni ini, juga kemudian diceritakan mendapat simpati hati dari Imas. Sayangnya Joni preman polos yang gagap dalam menangkap sinyal cinta dari pembantu Kang Bahar tersebut.
 
Pangeran Tyson: "Hobi Saya Makan"
Pemeran preman Joni bernama Pangeran Tyson. Pemuda dengan badan yang gagah tegap ini keturunan dari Pulau Nias. Namun, ia lahir dan dibesarkan di Bandung.  Bahkan, ia mengaku tak begitu mengenal kampung halaman orangtuanya tersebut. Baginya, Bandung adalah kampung halaman dan kota tercintanya. Dalam keseharian, ia pun kerap bertutur dengan bahasa Sunda serta pembawan yang someah (ramah).

Pangeran Tyson anak kedua dari tiga bersaudara. Ia tinggal di Kopo Sayati di kawasan Lanud Sulaeman, Kab. Bandung. Ia menempuh pendidikan di SD Angkasa 5, SMP 36 Bandung, dan kemudian melanjutkan sekolah di SMAN Angkasa.

"Saya mah hobi makan, pokona kaasup rewog makanya badan saya badag begini. Saya tidak ikut gym untuk membentuk badan," jawab Pangeran Tyson saat ditanya apakah ia ikut olahraga body building untuk membentuk otot tubuhnya.

Gagal Tes Tentara
Ia juga menuturkan bahwa di cerita "Preman Pensiun" ia kerap diledek preman yang gagal jadi tentara. Memang, ia dulu pernah masuk tes calon tentara Angkatan Udara di Lanud Husein Satranegara namun tidak lolos. Mungkin jalan hidupnya sudah cocok di dunia entertainment. Ia mengaku selama sembilan tahun suda aktif di Andhika Production (AAP). AAP adalah sanggar seni kabaret, teater, dan longser yang lebih dikenal dengan pagelaran Longser Gaul. Di AAP, Ucup Palentein (pemeran copet Ubed) dan Sandi Tile (pemeran Amin) adalah seniornya.

Pangeran Tyson bisa ikut main di "Preman Pensiun" juga karena seniornya, Sandi Tile mengajaknya untuk ikut casting. Selain itu, ia juga pernah beberapa kali main di sinetron, salah satunya sinetron "Suparman". 
"Saya ikut di sinetron sekarang garapan Kang Aris ini uclak-aclok. Saya pertama muncul di episode 3 sampai episode 14. Kemudian, bijil lagi di episode  19 dan di episode 25," tuturnya.

Penggemar  Seni Sunda
Sosok pemeran preman yang satu ini ternyata penggemar berat seni Sunda. Ia suka lagu-lagu pop Sunda, teater rakyat semacam longser, jaipongan, hingga bajidoran. Untuk memenuhi kegemarannya tersebut, ia secara rutin sering menonton pertunjukan seni Sunda yang digelar di Dago Tea House. Selain itu, ia juga dekat dengan komunitas-komunitas seni Sunda. 

Baginya, dengan main di Sinetron "Preman Pensiun" adalah anugerah tersendiri. Ia sangat banggsa saat masyarakat penuh antusiasme menggemari sinetron yang ditayangkan setiap sore di RCTI ini. Berkahnya juga, ia bisa lebih dalam hal berakting di depan kamera. Namanya pun lebih  dikenal masyarakat. Ia berharap, sinetron ini bisa menjadi alternatif hiburan bagi keluarga dan tentunya bisa mengambil hikmah-hikmah dari cerita yang ada di sinetron ini. *(Abah)

Akun Twitter Pangeran Tyson (pemeran Joni): https://twitter.com/tysonisme

Seputar sinetron "Preman Pensiun":
- Video Youtube event: Klik di sini
- Profil para pemain lainnya: Klik di sini
- Akun Twitter para pemain:  Klik di sini - Info lainnya: Klik di Sini