Review

Profil Nendi Pemeran Copet Junaedi (Juned) di Sinetron Preman Pensiun





Dalam episode 1 sinetron "Preman Pensiun", diceritakan tetangga Ceu Esih (istri Kang Mus) yang bernama Ceu Ipah kecopetan di angkot di daerah Cicaheum. Ceu Ipah lalu curhat ke Ceu Esih. Ceu Esih lalu laporan ke suaminya. Kang Mus lalu menyuruh Herman alias Maman Suherman (diperankan Roy Chunonk [alm]) untuk mencari dompet coklat berisi uang Rp. 700.000,- tersebut. Kang Maman lalu menelepon bos copet yang bernaman Junaedi alias Juned untuk mengembalikan dompet yang dicopet anak buahnya tersebut.

Di sinilah, bos Juned kemudian memerintahkan Saep dan Ubed untuk mengembalikan dompet milik tetangga Ceu Esih tersebut. Sial, Saep dan Juned telah membuang dompet milik Ceu Ipah tersebut di kawasan persawahan dan uangnya sebagian telah mereka pakai. Juned tak mau tahu, pokoknya dompet tersebut harus kembali ke pemiliknya.

Ia tak mau terjadi perseteruan antara genk copet dengan anak buah Kang Mus yang badannya besar dan kekar tersebut. Saep dan Ubed pun kemudian mencari dompet ke kawasan persawahan hingga keduanya pun harus berkubang ngacak-ngacak lumpur sawah. Akhirnya, setelah badan keduanya kotor oleh lumpur sawah, ternyata dompetnya ada di galengan (pematang sawah). 

Profil Pemeran Copet Juned
Pemeran Juned diperankan oleh Kang Nendi. Pelatih catwalk yang tinggal di kawasan Jalan Cihampelas, Bandung ini berperan sebagai bos copet yang harus mengurus kedua anak buahnya yang karakternya unik. Dalam adegan lain, ia terpaksa dirawat di rumah sakit karena tertabrak motor oleh Dikdik. Urusan cinta pun hinggap di hati Juned. Dalam adegan episode terakhir (episode 36), ia harus rela mendengar kabar dari Ubed bahwa Saep ditangkap polisi. Dalam episode terakhir pula, Juned kesengsem dengan Neng Diza dan bertamu ke rumah akhwat ini. Namun rupanya kejujurannya sebagai copet membuat Neng Diza pun mengucap istigfar.

"Saya ikut main di  sinetron ini setelah sebelumnya ikut casting di Galazema Agency. Sebelum ikut sinetron komedi ini, saya dulu pernah main di beberapa iklan dan FTV.  Sehari-hari saya ngajar catwalk di Deal Model Agencym Bandung sekaligus juga jadi agensi model. Di sinetron pertama yang dilakoni, untuk urusan akting saya belajar dari para pemain senior serta kru. Di sinetron ini pula mulai banyak yang mengenali sosok saya sebagi pemeran bos Junaedi. Tapi, selain dikenal, kadang kalau di jalan ada anak-anak suka meneriaki: Copeett! Copeeet," kata Kang Nendi sambil tersenyum.

Bagi Kang Nendi, ia akan berusaha balance dengan profesinya sekarang di dunia modelling juga dunia akting. Kebetulan untuk membagi waktu antara melatih para model berjalan di catwalk, ia menugaskan asisten. Ia juga menyebut syuting di "Preman Pensiun" adalah syuting yang sehat. Menurut pria berzodiak Libra ini, syuting di "Preman Pensiun" tidak menguras tenaga maupun waktu. Belum lagi keakraban antarpemain yang sudah seperti keluarga membuatnya tambah senang dan nyaman bermain di sinetron garapan Kang Aris Nugraha ini. *Abah