Profil Sembilan Matahari: Karya Desain dan Film dengan Basis Komunitas




Sembilan Matahari didirikan oleh Adi Panuntun bersama sang adik, Sony Budi Sasono. Adi sekarang menjabat Creative Head di PT. Sembilan Matahari. Adi adalah lulusan Institut Teknologi (ITB) Bandung jurusan Desain Komunikasi Visual angkatan ‘99. Sembilan Matahari adalah perusahaan desain dan film yang berdiri dengan pendekatan kolaboratif dengan tujuan menghasilkan inovasi produk. Salah satu kamotekaran (kreativitas) Sembilan Matahari adalah karya video mapping dimana dari output eksplorasi kreatif  dengan target pasar komersil, akademisi, pemerintah, dan sebagainya.

Moscow International Festival “Circle of Light” 2014 - sembilanmatahari.com
Sembilan Matahari adalah perusahaan yang terbentuk dari basis komunitas. Dalam artian, perusaahan berbasis kreatif ini dibentuk bukan oleh modal uang, melainkan oleh keinginan berbagi pengetahuan yang besar dari orang-orang di dalamnya. Sembilan Matahari biasa menggarap video mapping pesanan dari dalam dan luar negeri.

Fokus Sembilan Matahari adalah disiplin lintas desain, film, dan keahlian bakat-bakat kreatif orang-orang di dalamnya. Karya mereka meliputi pembuatan audiovisual dan multimedia yang menarik, interaktif , dan spektakuler. Studio ini didirikan pada tahun 2007 dan berbasis di Bandung. Tim Sembilan Matahari terdiri dari animator , seniman visual effect, arsitek , programmer, ilmuwan , insinyur, musisi, sound designer, ilustrator, desainer antarmuka grafis,  hingga pembuat film .

Sementara dalam urusan apresiasi karya, Sembilan Matahari pernah meraih penghargaan Official Selection di Mapping Festival Geneva 2013, 1st winner di Zushi Media Art Festival Jepang 2013, 1st winner di Moscow International Festival Circle of Light 2014. Sementara di  Citra Pariwara 2014 pernah meraih bronze medal untuk kategori non-conventional media dalam merancang kampanye tentang sungai.

Sembilan Matahari
Alamat: Jl. Muararajeun, Bandung, Kota Bandung,
Jawa Barat 40122, Indonesia
Telepon:+6222-7200004
 
- Facebook: https://www.facebook.com/sembilanmataharifilm
- Video mapping Gedung Sate: tonton di sini

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS