Review

Geowisata di Stone Garden, Cipatat





Kawasan wisata alam ini kini menjadi destinasi wisata baru. Stone Garden terletak di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Anda bisa mengunjunginya dengan melalui rute keluar tol Padalarang kemudian ke arah Padalarang - Cipatat - Gunung Masigit. Jika menggunakan sepeda motor, bisa melewati jalur Cimahi - Padalarang - Cipatat. Rute menuju daerah ini dulu menjadi jalan utama sebelum tol Cipularang dibangun.

Citatah yang terletak kurang lebih 5 km dari Padalarang ini, masyarakatnya masih mengandalkan pada usaha penambangan batu kapur dan sebagian pada penjualan oleh-oleh serta kuliner. Di daerah jalur Padalarang - Cipatat ini dulu merupakan sentra penjual kerajinan, peuyeum bandung, dan rumah makan. Namun kini, kawasan ini lebih sepi karena adanya jalur tol. Citatah adalah daerah pertambangan kapur yang sangat produktif. Pertambangan ini sudah berlangsung sejak pertengahan abad ke-19 dan terus berlangsung hingga kini.

Gunung kapur yang berdiri sepanjang Citatah tak lepas dari sejarah purbakala danau purba yang menggenangi Bandung zaman dahulu kala. telah Danau Bandung Purba surut melalui lubang di Sanghyang Tikoro dan menyisakan cekungan besar yang saat ini dikenal dengan kota Bandung. KRBC (Kelompok Riset Cekungan Bandung) lama melakukan kajian terhadap kawasan ini. Sebagian penemuan KRBC yang fenomenal yaitu ditemukannya situs purba di Gua Pawon pada 9 Desember 2000 yang untuk pertama kalinya di Goa Pawon, Pasir Pawon, Kars Citatah, antara lain berupa alat–alat batu dan tulang, gerabah, sisa tulang, dan gigi binatang.

Pesona Alam di Stone Garden, Citatah
Kawasan wisata alam di ketinggian ini dulu dikenal dengan nama Pasir Pawon. Kini, tempat ini lebih dikenal dengan Stone Garden. Untuk masuk kawasan ini, tiketnya masih alakadarnya di bawah Rp. 10.000,-. Para penikmat alam, banyak yang berkunjung ke sini sekadar menikmati keindahannya atau berfoto selfie dengan pemandangan batu-batu alam peninggalan purbakala tersebut. Di sini terdapat aneka fosil binatang koral di atas bukit yang menunjukkan bahwa pada zaman dahulu (sekitar 27 juta tahun yang lalu) dataran tinggi Bandung merupakan laut dangkal. Saat menjadi batuan, koral tersebut hidup lalu mati dan menimbun di satu tempat sehingga seukuran batuan gamping

Stone Garden berada di 709 meter di atas permukaan laut ini tidak jauh dari lokasi Karang Hawu. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Karang Hawu dengan menggunakan kendaraan untuk sampai di lokasi. Di kawasan dengan luas lebih dari 2 hektare tersebut, Anda bisa melihat keindahan batu-batuan gamping yang berdiri tak beraturan. Tumbuhan ilalang pun masih menghiasi sekitaran Stone Garden. Berada di sisi sebelah kanan Gunung Masigit, keberadaan Stone Garden memang kini mulai terangkat namanya, seiring banyaknya yang mengunggah foto-foto di media sosial.

Belum Dikelola Maksimal
Namun, karena masih belum dikelola maksimal untuk mencapai puncak Anda harus siap tenaga ekstra plus jalur yang belum begitu dibenahi. Pengunjung harus berjalan sepanjang 1,5 kilometer menuju puncak Gunung Pawon. Terlebih hanya ada jalan setapak untuk bisa menuju puncak gunung. Jalannya yang curam dan masuk ke kawasan hutan menjadi perhatian khusus untuk mencapai puncak Gunung Pawon. Jadi, untuk menuju kawasan ini, siapkanlah sepatu, perbekalan minuman dan makanan ringan/berat, kamera, topi, dan perlengkapan lain yang mendukung. Tentunya pula jaga pula ketertiban dan kebersihan di sekitar Stone Garden dan Gua Pawon.

Hal lainnya yang patut diperhatikan pengunjung, keindahan Stone Garden memiliki berbagai permasalahan. Selain adanya kepulan asap yang berasal dari pabrik apu (kapur), jalan menuju kawasan puncak gunung pun menjadi kendala bagi masyarakat yang ingin mengunjungi kawasan Stone Garden. Memang, kawasan batu kapur di daerah Cipatat ini sudah lama menjadi permasalahan tersendiri. Jejak peninggalan alam zaman purba ini memang menyimpan aneka problematika, dari terus tergerusnya bukit-bukit kapur hingga peran pemerintah yang sampai kini belum menemukan pola pembenahan, pengelolaan, dan perlindungan yang mumpuni untuk kawasan karst Citatah ini.

- Peta lokasi Stone Garden, Cipatat lihat di sini.
- Lihat video Stone Garden Citatah di sini.