Review

Pesona Kesegaran Alam Lembang di Maribaya Natural Hot Spring Resort




maribaya resort hot spring

Tempat wisata alam ini dikenal sebagai ikon di kawasan Lembang. Tempat ini pun dikenal dengan legenda Maribaya yakni kisah Eyang Raksa Dinata. Kawasan wisata Maribaya mempunyai tiga curug, yakni Curug Cigulung dan Curug Cikawari, dan Curug Omas. Dan pihak pengelola swasta sekarang hanya mengelola Curug Cigulung dan Curug Cikawari. Sementara Curug Omas (curug tertinggi), kini dikelola mandiri oleh pihak Provinsi Jawa Barat. Kawasan wisata Maribaya terletak di Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Tahun-tahun sebelumnya karena pengelolaan yang kurang maksimal, tempat ini seakan mati suri. Akhirnya, setelah pihak Pemkab Kab. Bandung Barat menyerahkan pada pihak swasta. Kini, kawasan wisata Maribaya semakin dipercantik dan lengkap dengan fasilitas yang menunjang untuk sebuah objek wisata representatif.  Berjarak 5 km sebelah timur Lembang dan 15 km dari kota Bandung, kawasan yang dulu dikenal dengan nama Curug Maribaya kini berganti nama menjadi Maribaya Natural Hot Spring Resort dan dikelola oleh pihak swatsa yakni PT Akurasi Mega Indonesia .

Memang, selama ini objek wisata ini dikenal dengan air terjunnya. Padahal, di sini ada objek wisata air panas yang sangat cocok bagi Anda yang ingin menyegarkan diri. Dan pada Rabu, 23 Desember 2015, Maribaya Natural Hot Spring Resort resmi dibuka setelah dua tahun direvitalisasi. Acara Grand opening tersebut juga dihadiri oleh Bupati Kab. Bandung Barat, Drs. H. Abubakar, M.Si.  Sejak 2013, kawasan wisata potensial di Lembang ini dilakukan pembenahan agar layak untuk menjadi salah satu kawasan wisata andalan Kab. Bandung Barat.

Pada pertengahan 2015 pun sebagian fasilitas wisata sebenarnya ada yang dibuka namun dan sebagian lagi masih dalam tahap pembangunan. Untuk itulah, kawasan wisata di Lembang ini beberapa tahun terakhir ini seakan sepi dari pemberitaan. Kini, di musim liburan akhir 2015 ini, kawasan wisata ini siap kembali menerima kunjungan wisatawan untuk menikmati secara penuh salah satu destinasi wisata dengan menyajikan keindahan alam Lembang.

Fasilitas di  Maribaya Natural Hot Spring Resort 
Bagi Anda yang hendak liburan di Lembang, kawasan wisata Maribaya Natural Hot Spring Resort bisa menjadi salah satu tempat tujuan yang bisa Anda kunjungi. Di sini, tersedia ragam fasilitas yang siap memanjakan Anda, di antaranya:
1. Fasilitas Air Panas Alami
Air panas natural di Maribaya dikenal dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Air di pemandian ini mengandung senyawa Natrium Bikarbonat. Sifatnya basa lemah dengan konsentrasi ion hidrogen sebesar PH 6,6 - 7,3.  Pengunjung bisa menyewa kamar rendam dengan harga promo spesial Rp. 90.000/orang sudah termasuk handuk, sabun, dan sampo.
2. Sky Bridge Tapak Halimun
Di atas jembatan ini, pengunjung bisa melihat semua penjuru kawasan hutan Maribaya dan rasakan sensasi kesejukan udara segar kawasan Maribaya.
3. Family Foot Spa 
Hanya dengan Rp. 30.000 Anda bisa merendam kaki plus bonus jagung bakar atau ketan bakar.
4. Food Court  Langlang Buana
Anda bisa mencicipi kuliner dengan sajian makanan khas Jawa Barat dan variasi lainnya sambil menikmati keindahan alam ciri khas Maribaya.
5. VIP Pool
Paket fasilitas wisata ini cocok buat keluarga atau teman sekantor. Anda bisa merasakan sensasi berendam relaksasi dengan harga paket Rp. 150.000/orang (sudah termasuk sewa handuk, sajian bandrek, dan makan ikan bakar).
6. Kolam Tangkap Ikan Anak dan Kolam Pancing
Fasilitas ini cocok buat anak-anak untuk bermain air sambil menangkap ikan atau memancing bersama keluarga.
7. Maribaya Barbeque Riverside
Anda bisa barbeque di pinggir sungai dengan harga paket ikan nila bakar mulai Rp. 38.000.

Dan masih banyak fasilitas lainnya di Maribaya Natural Hot Spring Resort ini, antara lain: amphitheatre, Twig cafe, dan sebagainya. Sementara untuk tiket masuk Maribaya Natural Hot Spring Resort Rp. 35.000/orang. Untuk menggunakan fasilitas lain, pengunjung harus membayar biaya tambahan.

Rute Menuju Maribaya Natural Hot Spring Resort
Adapun rute menuju Maribaya Natural Hot Spring Resort, ambil dari arah Jln. Setiabudhi (Ledeng) - Lembang. Di perempatan Pasar Lembang, ambil jalan menuju D'Ranch/Pusdikajen terus saja susuri Jln. Maribaya hingga ke kawasan Curug Maribaya ini. Jalur alternatif lainnya jika tidak ingin terjebak macet di Jln. Setiabudhi - Lembang, Anda bisa melalui Jalan Ciumbuleuit - Punclut atau jalan tembus ke Lembang  melalui Jalan Dago Giri (ujung jalan kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda).

Maribaya Natural Hot Spring Resort
Jln. Maribaya No.105/212 Lembang
Kab. Bandung Barat

Kontak:
Telepon:
-  (022) 827 82228
- 0812 9373 5423
- 0822 1415 3019
Email :
- marketing@maribaya-resort.com
- mulyanto@maribaya-resort.com

Jam operasional:
- Buka setiap hari dari pukul 08.00 - 16.00 untuk hari biasa (weekday)
- Pukul 08.00 - 20.00 untuk weekend (Jum'at, Sabtu, Minggu dan hari libur)