Review

Wahana Berenang dan Petualangan Geowisata di Tektona Waterpark, Kampung Batu Malakasari, Kab. Bandung




Tektona Waterpark, Kampung Batu Malakasari, Banjaran, Kab. Bandung

Ingin merasakan sensasi wisata kolam renang yang berpadu dengan keindahan alam? Cobalah datang ke daerah Bandung selatan, tepatnya di kawasan Rencong, Banjaran, Kab. Bandung. Di sini ada Kampung Batu Malakasari atau bisa dikenal dengan Tektona Waterpark. Dengan lokasi wisata seluas 50.000 meter persegi ini, pengunjung bisa wisata berenang, naik perahu, outbond, fun games, hingga mencicipi kuliner. Kawasan ini mempunyai ragam fasilitas yang bisa digunakan pengunjung.

Di sini ada kolam renang, danau, aula, area food court, masjid, hingga area parkir yang luas. Di lokasi wisata ini bisa jadi tempat liburan anak-anak sekolah, gathering kantor, wisata keluarga, hingga tempat latihan manasik haji anak-anak PAUD/TK. Anda pun bisa berswafoto (selfie) di bebatuan yang ada dekat danau. Namun tetap harus hati-hati karena bebatuan curam dan licin, apalagi di musim penghujan.

Kawasan Geowisata dan Ekologi
Tempat wisata di Bandung selatan ini dulunya bekas lokasi penambangan batu alam yang sudah dieksploitasi secara tradisional oleh masyarakat setempat sejak tahun 1900. Pada 2002 oleh pihak pengelola dilakukan reklamasi sehingga membentuk formasi geologi yang indah, dan unik sebagai kawasan geowisata. Sebagian dari kawasan ini telah membentuk danau yang dapat menampung puluhan ribu kubik air, dengan berbagai jenis ikan tawar ada di dalamnya.

Dengan daya tarik alam yang unik tempat ini juga memiliki fungsi ekologi bagi lingkungan hidup. Di sini ada danau, kolam-kolam, sawah, dan lahan terbuka hijau seluas 70% yang merupakan sumber pengisian air bumi (akifer) yang berguna sebagai sumber air bagi lingkungan sekitar. Didukung dengan keragaman tanaman yang ada di kawasan ini seperti kelapa, palm, cengkeh, cemara, lengkeng, rambutan, mangga, hingga tanaman langka seperti sawo durian, sawo walanda, dan yang lainnya.

Kawasan ini berfungsi sebagai filter udara bagi lingkungan di sekitarnya.  Selain itu, untuk tujuan pendidikan lingkungan hdup dan budaya Sunda, Kampung Batu Malakasari dilengkapi dengan beberapa wahana atau anjungan sebagai sarana laboratorium alam. Kawasan ini cocok bagi para pelajar maupun anak-anak yang ingin berwisata sekaligus mengenal alam sekitar.

Fasilitas Kampung Batu Malakasari
1. Tektona Waterpark, dilengkapi dengan berbagai jenis kolam yang menarik diantaranya toots pool, kids pool, semi olimpic, kolam arus, dan kolam ombak.  Bagi para pengunjung juga tidak usah khawatir karena tektona waterpark dilengkapi juga team lifeguard dan klinik kesehatan sehingga tetap aman dan nyaman.
2. Wahana danau dan bukit batu. Pengunjung bisa menyewa perahu sambil melihat-lihat pemandangan alam.
3. Area peternakan sapi, domba, kambing, kelinci dan penangkaran rusa totol.
4. Wahana aneka hewan unggas
5. Wahana perikanan
6. Wahana perkebunan
7. Wahana persawahan
8. Gedung teatrikal serba guna (bale seni budaya )
9. Anjungan rumah adat Sunda
10. Wahana outbound dan flying fox

Rute Menuju Kampung Batu Malakasari
Angkutan umum yang melewati tempat ini yakni angkot Tegallega - Banjaran. Anda bisa mengambil rute keluar tol Buah Batu ke arah kanan - Bojongsoang - Dayeuhkolot - Rencong (Borma) - Kampung Batu Malakasari.

Namun jika Anda tidak ingin terjebak kemacetan di Pasar Dayeuhkolot, bisa melalui jalur alternatif keluar dari tol Buah Batu ambil jalan ke kanan - Bojongsoang - pertigaan Bojongsoang ambil ke arah kiri/jembatan Citarum - di pertigaan Ayam Bakar Simpang ambil kanan - Tugu Baleendah ambil kanan - Jln. belakang Rumah Sakit Al-Ihsan - pertigaan Jln. Banjaran/SPBU belok kiri ke arah Rencong (Borma) - Kampung Batu Malakasari.

Harga Tiket Masuk
Dengan tiket masuk Rp 5000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk dewasa, kita sudah dapat menikmati keindahan wisata Kampung batu. Sementara untuk menikmati wahana berenang sepuasnya di waterpark, tiket masuk Rp 50.000. Selain kolam arus dan kolam ombak, di Tektona Waterpark Kampung Batu ada dua kolam renang anak dan kolam semi olympic. (Harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah).

Kampung Batu Malakasari
Alamat:
Jalan Raya Banjaran (Rencong), Desa Malakasari
Kec. Baleendah, Kab. Bandung, Jawa Barat
Untuk rute angkot: cek di sini
Telepon: (022) 72591042 - (022) 5947823
Peta lokasi: lihat peta lokasi di sini.
Website: www.kampungbatu.co.id
Video di lokasi: tonton di sini.

Daftar tempat wisata kolam renang lainnya lihat di sini