Review

Bersantai di Taman Vanda Bandung




Lokasi Taman Vanda Bandung

Salah satu taman tematik di Kota Kembang ini sekarang menjadi salah satu spot yang banyak dikunjungi. Letaknya dekat dengan Jln. Jawa, Jln. Braga, dan Jln. Perintis Kemerdekaan. aman Vanda ini berbentuk segitiga. Di bagian sekelilingnya ditembok, sementara bagian tengah ditanami sejumlah tanaman hias dan kolam air mancur.

Dulu, lokasi ini kurang menarik perhatian. Apalagi jika malam hari tak jarang dipakai "basecamp" gelandangan, kupu-kupu malam, ataupun mereka yang biasa "beroperasi" di Jln. Tera (dekat rel kereta api). Namun, image negatif taman ini sekarang sudah berubah menjadi lokasi wisata di Kota Bandung yang asyik buat nongkrong. Taman ini letaknya depan Polrestabes Bandung dan dekat halaman Bank Indonesia. Kini, taman yang diambil dari nama anggrek ini menjadi salah satu destinasi favorit untuk ngariung (kumpul) bareng teman-teman sambil berfoto-foto.

Kesejukan memang sangat terasa dengan adanya air mancur plus tempat-tempat duduk yang nyaman. Lokasi Taman Vanda memang berada di pusat kota. Di seberang utara ada Plaza Balai Kota Bandung dan ke barat ke arah Jln. Braga. Sehingga dari tempat ini sekalian bisa jalan-jalan ke tempat-tempat tersebut.

Bekas Bioskop
Lokasi taman yang berada di Jln. Merdeka sebelum rel kereta api ini menjadi ruang publik yang memesona. Pengunjung bisa berfoto ria di taman dengan latar belakang Gedung Bank Indonesia yang megah. Atau bisa juga berfoto dengan latar air mancur. Taman ini memilik lahan 2.000 meter persegi yang dulunya bekas bioskop Vanda.  Bioskop Vanda dulunya bernama bioskop Rex. Kemudian berubah nama menjadi Panti Budaya pada 1960-an. Baru pada 1970-an namanya menjadi Bioskop Vanda. Dimana dulu Panti Budaya merupakan bioskop kelas 1.

Taman ini merupakan taman yang direvitalisasi menjelang peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika (KAA). Taman Vanda cocok buat nongkrong baik siang hari maupu malam hari. Saat malam hari, keindahan air mancur dari lubang air 20 titik memancarkan paduan keindahan gerak air dengan sorotan lampu warna-warni. Jika siang hari, tak sedikit pengunjung yang berbasah-basahan di air mancur ini. Anda bisa duduk yang terbuat dari granit diterangi lampu-lampu hias.

Karena lahannya tepat berada di jalan ramai, bagi Anda yang berkunjung dilarang parkir di bahu jalan. Anda bisa memarkirkan kendaraan di Balai Kota atau di Polrestabes.

Taman Vanda
Jln. Merdeka, Bandung
- Foto-foto pengunjung di Taman Vanda lihat di sini.
- Video di Taman Vanda siang hari tonton di sini.
- Video di Taman Vanda malam hari tonton di sini.