Review

Sensasi Terapi Air Hangat dan Lulur Lumpur Belerang di Kawah Rengganis




Kawah Rengganis Ciwidey

Berwisata ke Ciwidey memang banyak pilihan dan salah satu yang menjadi target kunjungan para pelancong adalah Kawah Putih. Namun, jika Anda ingin lebih mengeksplor lagi, cobalah berkunjung ke kawah yang satunya lagi yakni Kawah Rengganis. Duku, kawah ini dikenal dengan nama Kawah Cibuni. Lokasi wisata alam ini sekarang makin banyak diminati, baik wisatawan lokal maupun asing. Bagi yang suka touring pakai motor, tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan perhajalanan Anda. Tempat ini pun biasa menjadi salah satu tujuan mencoba terapi belerang untuk kesehatan kulit. Dari Kawah Putih, objek wisata ini jaraknya sekitar 10 Km dengan waktu perjalanan sekitar 15 menit.

Rute ke Kawah Rengganis
Lokasi kawah ini berada di areal Perkebunan Teh Rancabali, Ciwidey. Letaknya sendiri berada di kawasan perkampungan. Kawah ini terbentuk dari proses alam jutaan tahun yang lalu.  Beda dengan Kawah Putih, Kawah Rengganis lebih kecil dan dipenuhi besar. Untuk menuju lokasi kawah ini harus hiking alias jalan kaki.  Akses ke sini hanya ada jalan setapak yang hanya bisa dilalui kendaraan motor. Patokannya, ambul jalan ke arah Situ Patenggang tapi jangan ke arah Situ Patenggang, ambil jalur lurus. Dari sini, sekitar 2 Km kita akan sampai di Kawah Rengganis (di sebelah kiri).

Untuk yang bawa mobil, parkir di area pintu gerbang. Sementara di gerbang masuk biasa ada jasa ojek. Jarak dari gerbang ke lokasi kawah sekira 1 Km. Namun, para pelancong banyak yang memilih untuk jalan kaki. Dengan berjalan kaki, selain berolahraga, kita bisa menikmati pemandangan khas pegunungan Bandung selatan. Di sepanjang jalan yang kita lalui bisa melihat perkampungan asri di antara tebing tebing kawah.

Ketika sampai ke Kawah Rengganis, kita bisa menikmati jalan-jalan di jembatan yang terbuat dari bambu. Namun yang utama adalah merasakan sensasi mandi air hangat yang mengandung sulfur. Kawah Rengganis sendiri merupakan pertemuan dua sumber mata air, panas dan dingin. Sumber mata air panas sendiri berasal dari atas tebing. Di sinilah kita bisa merasakan sensasi dinginnya hawa pegunungan dengan kehangatan alam Kawah Rengganis.

Sekitar lokasi Kawah Rengganis sebetulnya menjadi bagian dari kepercayaan penduduk. Di sini,  unsur mistis dari penduduk setempat masih kental. Pengunjung pun biasa bertegur sapa dengan penduduk setempat. Jadi, saat di kawasan ini harap jaga sikap dan ucapan. Kawasan wisata ini pun masih dikunjungi penduduk yang bermeditasi atau berkunjung ke makam. Di sini ada makam tanpa nama dimana hanya dua batu yang digunakan sebagai  nisan. Di atas makan ini pun ada tulisan dalam bahasa Sunda berisi larangan agar pengunjung jangan mengambil sebagian tanah di makam tersebut.

Harga Tiket Masuk ke Kawah Rengganis
Tiket masuk ke Kawah Rengganis dipungut Rp10.000 dan parkir Rp5000 (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Untuk bau belerang yang ada di sini pun tidak terlalu menyengat. Di sini, Anda bisa mencoba mandi air hangat di pancuran yang disediakan, Jika ingin kulit halus, cobalah terapi luluran lumpur hitam hangat untuk membersihkan kulit. Anak-anak pun bisa mandi di kolam yang dangkal. Namun, bagi yang punya riwayat penyakit yang rentan dengan pernapasan atau jantung, sebaiknya jaga diri Anda atau keluarga Anda. Jangan sampai terlalu asyik tanpa mengindahkan resiko lama terpapar air/asap/bau belerang.

Untuk mengisi perut, di sini pun ada warung-warung yang menyediakan makanan berat dan makanan ringan hingga minuman hangat. Objek wisata alam ini pun cocok buat yang hobi fotografi dimana banyak spot menarik untuk juprat-jepret. Bagi yang senang wisata kemping, di sini pun ada camping ground.