Review

Wisata Seru di Curug Tilu Leuwi Opat, Parongpong, Kab. Bandung Barat




Curug Tilu Leuwi Opat Parongpong Lembang

Untuk kumpulan objek wisata air terjun, rasanya di kawasan Bandung Utara ini tempatnya. Salah satu lokasi curug yang terkenal adalah Curug Pelangi atau Curug Cimahi. Kini, seiring makin dikenalnya Curug Pelangi, "saudaranya" yang masih satu aliran sungai pun menjadi destinasi wisata baru. Objek wisata ini pun makin trending di media sosial. Di kawasan Parongpong ini sekarang mulai ngehits Curug Tilu Leuwi Opat. Paduan alam nan indah dengan adanya aneka air terjun plus fasilitas wisata, tempat ini bakal menjadi tujuan para wisatawan.

Disebut Curug Tilu (Sunda = air terjun tiga) karena di sini ada aliran curug bertingkat tiga. Aliran air terjun atau curug di sini ini membentuk kolam (leuwi) alami. Lokasi Curug Tilu Leuwi Opat berada dekat dengan Curug Cimahi juga Ciwangun Indah Camp (CIC). Area wisata ini berbatasan langsung dengan kebun pinus dilewati oleh aliran sungai yang menuju Curug Cimahi dari hulu Situ Lembang. Kawasan dengan luas 5 hektare ini menyajikan pesona alam nan hijau. Di sini pun biasa menjadi lokasi modeling desa wisata siaga bencana patahan Lembang, pengenalan Bandung purba, dan kegiatan outbond lainnya.

Banyak tempat yang bisa dijadikan oleh pengunjung sebagai tujuan, Curug, Leuwi serta tempat lain dengan beragam tingkat kesulitan. Di sini pun tersedia permainan luar ruang lain yang bisa dilakukan kawasan curug tilu leuwi opat, yakni tempat camping, outbound, paintball, rappeling, panjat, arung jeram, dan lainnya. Untuk jelajah alam lainnya ada Gua Lalay dan Gua Toke.

Untuk fasilitas di sini terbilang lengkap dari area parkir, toilet, warung-warung, camping ground, wahana permainan, hingga masjid.

Rute Menuju Curug Tilu Leuwi Opat
1. Dari dari Cimahi
Ambil arah ke Jl. Kolonel Masturi ke arah Parongpong. Jalan masuk ke curug ini terletak di sebelah kiri jalan dimana di depannya ditandai Gerbang Wana Wisata Ciwangun Indah Camp (CIC). Perjalanan diteruskan dengan menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih 4 km dari pintu gerbang CIC.

2. Rute dari Bandung
Dari seberang Terminal Ledeng ambil kiri ke Jln. Sersan Bajuri - Kampung Gajah - terus hingga ke arah Jln. Kol. Masturi/Parongpong. Setelah Universitas Advent ambil ke arah Ciwangun Indah Camp, sebelum Curug Pelangi. Bisa juga dari arah gapura Lembang, ambil kiri ke arah Jln. Kolonel Masturi.

Curug Tilu Leuwi Opat
Kp. Ciwangun, Desa Cihanjuang Rahayu
Kec. Parangpong, Kabupaten Bandung Barat
[lihat peta lokasi]

- Tiket masuk: Rp. 10.000
- Kontak layanan wisata di sekitar Curug Tilu: 081222246821