Review

Taman Kelinci Ciwidey, Tempat Wisata Pilihan untuk Anak-Anak




Taman Kelinci Ciwidey

Kelinci, binatang nan lucu dan menggemaskan tersebut menjadi daya tarik untuk beberapa tempat wisata di Bandung. Beberapa tempat wisata di Bandung ada yang menyediakan fasilitas untuk interaksi dengan kelinci. Bagi para wisatawan, sentra kelinci mungkin biasa dikenal di daerah Lembang. Di mana di sepanjang jalur menuju Lembang banyak para penjual kelinci yang berjejer di pinggir jalan. Di Lembang pun ada tempat wisata yang menyediakan fasilitas interaksi dengan kelinci, salah satunya di Floating Market Lembang.

Lokasi dan Rute Taman Kelinci
Namun, bagi Anda yang membawa anak-anak berwisata di Bandung, salah satu tempat wisata di Ciwidey ini bisa jadi pilihan selain Lembang. Tempat ini memang mengkhususkan pada wisata interaksi dengan kelinci. Namanya Taman Kelinci. Bila dari arah Kota Bandung, letak Taman Kelinci di Ciwidey ini berada di jalur utama (sebelah kiri), tepatnya di Jln. Raya Ciwidey Rancabali km 33.7 Desa Cikembang, Panundaan Ciwidey, Kabupaten Bandung

Tempat ini dibangun diatas lahan seluas 1.7 hektare yang dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata di kawasan Bandung Selatan dengan kelinci sebagai konsep utamanya. Kelinci dipilih mengingat binatang ini selain mempunyai nilai ekonomis sebagai binatang ternak, juga memiliki kelebihan sebagai binatang peliharaan atau binatang hias dengan keragaman jenisnya yang cepat akrab dengan manusia. Ciri khusus tempat wisata ini, sebelum memasuki area wisata, ada patung kelinci berukuran besar dengan tulisan "Selamat Datang di Taman Kelinci Ciwidey".

Area Taman Kelinci ini terbilang luas dengan penataan yang bikin anak-anak nyaman untuk bermain bersama kelinci. Di Taman Kelinci, binatang berkuping besar tersebut dibiarkan hidup bebas di area rerumputan hijau lengkap. Di area taman rerumputan tersebut ada lubang-lubang khusus untuk "rumah" kelinci. Dan di areal taman rerumputan ada jalur untuk jalan-jalan.

Memberi Makan dan Membeli Kelinci
Lokasi taman rerumputan hijau yang dihuni aneka kelinci tersebut seperti tempat di film anak Teletubbies. Tempat ini sangat cocok untuk anak-anak bermain dimana tamannya bersih dan terawat. Untuk tiket masuk, hanya dipungut biaya Rp15. 000. Pengunjung pun dikasih bonus dua wortel untuk makan kelinci.  Jika ingin membeli tambahan wortel, bisa membelinya dengan harga Rp5.000 per 3 batang wortel.

Jika buah hati Anda ingin membeli kelinci untuk peliharaan di rumah, bisa membelinya di pasar kelinci dengan harga di kisaran Rp50.000 - Rp100.000. Namun, untuk kesehatan keberlangsungan hidup kelinci saat dipelihara di rumah, ada baiknya Anda meminta saran pada petugas di sana tentang bagaimana cara merawat dan memihara kelinci yang baik dan benar. Jangan sampai kelinci-kelinci yang dibeli dan dibawa ke rumah nanti sakit atau mati karena ketidaktahuan cara pemeliharaannya.


Sementara bagi para orang tua, selain bisa sambil mengasu anak-anak, di Taman Kelinci pun ada  tempat kuliner. Di tempat makan tersebut ada aneka pilihan makanan dari roti bakar, sosis bakar, baso, sampai aneka nasi dan minuman. Namun, di sini tidak disediakan sate kelinci. Untuk harga aneka menu pun tidak akan menguras kantong.

Fasilitas yang tersedia:
- Lapangan hijau terbuka
- Taman Kelinci (kelinci lokal sekitar 50 ekor)
- Pasar Kelinci (lebih dari 100 ekor dari berbagai jenis spt Lion Head, Dutch, Rex, New Zealand white, dll)
- Toko souvenir
- Restoran
- Toilet dan musala
- Tempat parkir

Taman Kelinci Ciwidey
Jln. Raya Ciwidey km 33,7 Desa Cikembang,
Panundaan- Ciwidey, Kabupaten Bandung
(kurang lebih 3 km melewati Alun-alun Ciwidey arah ke tempat wisata Kawah Putih)
[Lihat peta lokasi]

Jam operasional :
Hari biasa: pukul 10.00 - 20.00 WIB
Libur/akhir pekan: pukul 9.00 - 21.00 WIB
* Senin tutup, kecuali libur Nasional atau musim liburan

Kontak:
Telepon: (022) 85920160 atau 0816 604 804 (Ibu Vidy)