Review

Tips Jelajah Wisata Murah Meriah di Bandung (1)




Wisata ke Bandung murah meriah

Dalam bahasa Sunda ada ungkapan duit weuteuh, dahar seubeuh yang artinya uang awet, makan kenyang. Inilah ungkapan yang kiranya bisa diaplikasikan saat Anda memutuskan untuk menjelajah wisata di Bandung. Untuk menikmati wisata di Bandung sebetulnya tak harus mengikuti tren kekinian. Hanya dengan alasan ingin mengikuti tren, Anda terpaksa merogoh kocek lebih dalam untuk menyambangi tempat-tempat wisata yang sedang ngehits di Bandung.

Untuk Bandung sendiri, beberapa kawasan sebetulnya cocok untuk wisata murah meriah tanpa harus mengeluarkan budget besar. Namun yang mesti diperhatikan adalah seputar tempat wisata, akses, dan trik saat berwisata di Bandung dengan puas tanpa bikin kantong terkuras.

Berikut ini kami sajikan beberapa tips yang kiranya bermanfaat bagi Anda pengunjung dari luar kota yang ingin wisata ke Bandung dengan murah meriah.

Berwisata ala jarambah
Anda bisa wisata bareng-bareng teman dengan gaya backpacker. Bawa semua kebutuhan perlengkapan di tas ransel Anda. Tentunya pula siapkan mental dan fisik Anda untuk menjalani perjalanan wisata di Bandung dengan gaya jarambah alias menjelajah dari satu destinasi wisata ke destinasi wisata lainnya.

Siapkan pakaian, alat mandi, kamera, handphone, powerbank, hinggat obat-obatan pribadi. Untuk wisata berombongan, bisa juga dengan sistem udunan (patungan) bareng teman-teman. Ini akan lebih menekan biaya, terutama untuk sewa penginapan atau sewa alat transportasi (rental mobil atau motor). Akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu bikin catatan jalur perjalanan wisata, perkiraan rincian budget, dan hal -hal lainnya untuk pedoman Anda selama menjelajah wisata di Bandung. Ini juga berhubungan dengan skala prioritas kemana saja destinasi wisata Anda. Jangan sampai waktu, biaya, dan tenaga jadi tidak efektif dan efisien.

Misalnya, pagi hari turun dari Leuwipanjang Anda langsung main ke kawasan Alun-Alun Bandung. Di sana menyambangi Gedung Merdeka/Museum KAA, berfoto di depan Savoy Homann, main di Cikapundung Riverspot, Taman Alun-Alun Bandung, atau nangkring di Jln. Dalem Kaum lalu belanja kaos di Parahyangan Plaza yang berada di jalan tersebut.

Agak siang lalu berjalan ke arah utara menuju Jln. Braga, lalu ke Taman Balai Kota, Taman Tepian Anak Sungai Cikapayang, Taman Vanda, atau berjalan sedikit ke Bandung Indah Plaza dan kawasan Dago. Nongkrong sebentar di Bandung Milk Centre (BMC) yang ada di sebelah  barat Balai Kota (dekat Masjid Al Ukhuwah). Sementara malam harinya untuk makan malam bisa jalan ke sentra kuliner malam di sekitaran Jln. Cikapundung atau naik angkot ke sentra kuliner Jln. Burangrang atau ke kawasan Jln. Dipatiukur.

Selanjutnya:
- Tips Jelajah Wisata Murah Meriah di Bandung (2)
- Tips Jelajah Wisata Murah Meriah di Bandung (3)