Review

Tips Jelajah Wisata Murah Meriah di Bandung (2)




Stasiun Bandung

Gunakan transportasi umum
Ini langkah pertama saat akan memutuskan menjelajah wisata Bandung dengan konsep petualangan. Sebelumnya tentukan tempat wisata apa saja yang kiranya menarik Anda kunjungi bareng teman-teman. Untuk pilihan transportasi darat bisa menggunakan:

1. Kereta api ke Stasiun Bandung
Dari Stasiun Bandung, akses ke pusat kota dan ke tempat wisata Lembang terbilang mudah. Untuk ke pusat kota, tinggal naik angkot ke berbagai rute yang ingin Anda tuju. Untuk jalur wisata ke Lembang, bisa langsung naik angkutan umum jurusan Stasiun - Lembang.

2. Layanan mobil travel
Pool travel di Bandung ada di beberapa titik, seperti di Pasteur, Cihampelas, Jln. Dipatiukur, Jln. Gatot Subroto, Buah Batu, juga di Metro Indah Mall (Margahayu Raya).

3. Bus turun di Leuwipanjang.
Dari Leuwipanjang akses ke tempat-tempat wisata terkenal di Bandung terbilang mudah dijangkau. Misal dari Leuwipanjang, Anda ingin ke Ciwidey. Anda dan teman-teman tinggal naik angkutan umum yang ke Terminal Ciwidey. Dari Terminal Ciwidey tinggal naik angkot kuning ke arah Kawah Putih, Ciwidey Valley Resort, Ciwalini, Rancaupas, Perkebunan Teh Rancabali, Situ Patenggang, Barusen Hills, dan lainnya.

Bila ingin menjelajah ke Lembang, tinggal naik bus DAMRI jurusan Leuwipanjang - Ledeng dan turun di Terminal Ledeng. Dari sana untuk ke Lembang tinggal satu kali naik angkot ke arah Lembang. Untuk pulangnya pun sebaliknya. Sayangnya akibat pengalihan jalur bus dan truk dari Cipularang ke jalan biasa (jalur Purwakarta - Padalarang) karena bergesernya jembatan Cisomang membuat jalanan macet. Hal ini tentunya berimbas pada waktu perjalanan Anda.

Sementara, pengalihan kembali ke jalur normal sekitar tiga bulan ke depan menjadi pertimbangan tersendiri bagi wisatawan yang datang dari arah barat. Maka, kunjungan ke Bandung dengan kereta api dan travel menjadi alternatif lain.

Saran lainnya saat sudah sampai di Bandung, bisa menyewa jasa ojek online atau jasa ojek wisata. Sekarang banyak kok yang menyewakan jasa ojek wisata di Bandung. Ongkosnya pun terbilang murah, biasanya sekitar Rp150.000 per hari. Kelebihannya, Anda akan bebas macet karena motor bisa selap selip di jalanan Bandung yang kian hari kian padat.

Sekitar bulan Maret 2017, Kota Bandung bakal menghadirkan Smart Bike Sharing dimana para wisatawan bisa berwisata sambil bersepeda. Layanan transportasi dengan ngaboseh sepeda ini bisa dimanfaatkan oleh wisatawan. Seratus lebih tempat penyewaan sepeda bakal dihadirkan di beberapa titik di Bandung.

Dan kini yang sudah siap sudah ada 30 titik di kawasan pusat wisata Bandung dengan masing-masing titik disediakan sebanyak sepuluh sepeda. Cara penyewaannya pun terbilang canggih, yakni dengan menggunakan smartcard. Untuk biaya sewanya juga terbilang sangat murah dengan cara sewanya yang mudah. Info lengkap Smart Bike Sharing silakan lihat di sini.

Ke tempat wisata yang bertarif murah atau gratis
Tempat wisata yang ngehits di Bandung banyak yang murah meriah bahkan tidak bayar sama sekali. Beberapa tempat wisata yang karcis masuknya terbilang murah misalnya beberapa tempat wisata di Ciwidey seperti ke Situ Patenggang atau Rancaupas. Untuk Lembang, Anda bisa menjajal ke wanawisata Jayagiri, Gunung Putri, Gunung Batu, wisata bunga di Cihideung, Curug Pelangi, atau ke Observatorium Bosscha.

Tempat wisata yang ngehits namun murah meriah dan banyak dikunjungi wisatawan ada di pusat kota. Anda bisa mengunjungi taman-taman atau ruang publik. Beberapa rekomendasi tempat wisatanya di antaranya: Tahura Dago, Cikapundung Riverspot, kawasan Jalan Braga, Gedung Merdeka, Taman Alun-Alun Bandung, Teras Cikapundung (utara Cihampelas), Gedung Sate/Lapangan Gasibu, Taman Balai Kota, Taman Vanda, Taman Lansia, Taman Jomblo, Curug Batu Templek, Monumen Perjuangan Rakyat Jabar (Monju) di Jln. Dipatiukur (dekat Unpad), dan lainnya. Pilihan lainnya bisa mengunjungi museum, seperti Museum Konferensi Asia Afrika di Gedung Merdeka, Museum Geologi, Museum Sri Baduga, Museum Mandala Wangsit, dan lainya.

Baca juga:
- Tips Jelajah Wisata Murah Meriah di Bandung (1)
- Tips Jelajah Wisata Murah Meriah di Bandung (3)