Review

Kuliah di Bandung: Wisata, Kuliner, dan Belanja Ala Mahasiswa




Tips agar betah kuliah di Bandung

Para siswa SMA setelah Ujian Nasional (UN) lanjut daftar ke perguruan tinggi negeri dengan mengikuti SNMPTN dan SBMPTN atau mengikuti ujian seleksi di kampus swasta. Dan bila perguruan tinggi di Bandung menjadi pilihan, itu artinya kamu akan bermukim di Bandung untuk beberapa tahun. Khusus bagi mahasiswa baru alias maba yang berasal dari luar Kota Bandung, perlu kiranya mengenal lebih dekat dengan kota ini.

Menjalani kuliah di Bandung itu sebenarnya asyik bila kamu bisa mengeksplor Bandung, baik dari penunjang kebutuhan kuliah, wisata, kuliner, maupun belanja kebutuhan ala mahasiswa. Bandung punya ragam pendukung untuk mahasiswa. Lebih dari itu, bagi yang kuliah di Bandung, sayang rasanya bila aktivitas keseharian hanya kosan-kampus- perpustakaan. Selama kuliah di Bandung, kamu bisa menjelajahi kota ini dengan wisata atau belanja murah meriah. Namun, tetap tak meninggalkan tugas utama yakni mencari ilmu sebagai mahasiswa.

Lokasi kampus/kosan
Paling awal, kamu harus mengetahui lokasi tempat kuliah atau ngekos. Beberapa kampus negeri dan swasta berdiri berada di beberapa titik. Di arah timur (sebetulnya masuk Sumedang, namun berbatasan dengan Bandung) ada kawasan pendidikan Jatinangor. Di sana berdiri kampus Unpad, IPDN, ITB (Kampus II/dulu Universitas Winayamukti), dan Ikopin.

Sementara di kawasan Bandung Utara, di daerah Jln. Dipatiukur dan sekitarnya berdiri kampus Unpad (sebagian besar untuk fakultas jenjang S1 telah pindah ke Jatinangor), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB),  ST Inten, STHB, Universitas Islam Bandung (Unisba), Unpas, Unpar, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dll. Adapun di daerah selatan Bandung ada kampus Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) di Buah Batu; Telkom University di kawasan Jln. Bojongsoang/Terusan Buah Batu; Uninus di Jln. Soekarno-Hatta, LPKIA di dekat Jln. Buah Batu; dll.

Akses transportasi Bandung
Masing-masing wilayah punya karakter tersendiri. Misalnya yang tinggal di kawasan timur, untuk angkutan umum lebih banyak menggunakan bus DAMRI bila ingin ke kawasan kota. Kalo naik angkot, capek turun naiknya. Ini beda dengan yang ngekos di kawasan Bandung Utara atau Selatan yang banyak akses angkot. Namun untuk penunjang kebutuhan mahasiswa seperti tempat makan atau pakaian biasanya sudah tersedia di sekitaran kampus.

Bagi yang pengen belanja buku, di Bandung banyak toko buku. Namun, bila ingin belanja buku murah bisa ke Pasar Palasari. Sekalian dari Pasar Palasari bisa jalan-jalan ke tempat kuliner Bandung yang terkenal yakni di kawasan Jln. Burangrang. Untuk ke kawasan kuliner ini tinggal jalan kaki atau naik angkot sebentar dari Pasar Palasari. Untuk pendukung literasi, bisa juga pinjam buku di Perpustakaan Kota Bandung (Jln. Seram no. 2) atau Perpustakaan Jawa Barat (Jl. Kawaluyaan Indah III No.4/Jln. Soekarno-Hatta), dan perpustakaan yang dikelola mandiri oleh komunitas-komunitas literasi.

Jelajah wisata Bandung
Untuk wisata murah meriah, kali-kali bisa jalan-jalan ke taman-taman di Bandung atau main ke Ciwidey dan Lembang. Untuk transportasi bisa naik angkot atau sewa ojek online. Untuk patokannya, ke Ciwidey bisa dari Terminal Leuwipanjang atau untuk ke Lembang bisa naik dari Terminal Ledeng. Bila ingin main di pusat kota, gunakan saja bus DAMRI atau angkot yang lewat Alun-Alun Bandung. Budget ke tempat wisata bisa lebih ditekan bila patungan dana buat rental mobil bareng teman-teman kosan atau teman-teman sekelas.

BACA JUGA:
Tips Wisata bagi Mahasiswa yang Kuliah di Jatinangor

Sekali-kali bisa juga bareng teman-teman atau keluarga main ke tempat wisata ngehits di Bandung seperti: Farmhouse Lembang, Floating Market Lembang, Kampung Gajah Wonderland, The Lodge Maribaya, Kawah Putih, Situ Patenggang, Tangkuban Parahu, Grafika Cikole Lembang, Curug Pelangi, D'Ranch Lembang, Barusen Hills, Ciwidey Valley, Dago Dream Park, Gedung Sate/Gasibu, Dusun Bambu, kawasan Alun-Alun, Teras Cikapundung, Teras Cihampelas, dll.

Sementara untuk belanja, bisa belanja di Pasar Baru, Pasar Andir (dekat Ciroyom), atau ke sentra-sentra distro (salah satunya Parahyangan Plaza di Alun-Alun Bandung) atau ke Jln. Trunojoyo. Buat bikin kaos, jaket, dan sablon, ada di kawasan Jln. Suci. Cari onderdil motor? Datang saja ke Jln. Astana Anyar atau Jln. Jatayu. Butuh buat cetak spanduk, flyer, katalog, atau selebaran? Datang saja ke Jln. Pagarsih.

Pilihan lain, ada sentra kain di Cigondewah, sentra tas di Jln. Sadang, sampai sentra boneka di dekat Pasar Sayati. Buat belanja kebutuhan elektronik, bisa ke BEC, Click Square, atau sekalian beli barang elektronik dan kacamata di kawasan Jln. ABC dekat Alun-Alun Bandung.

Buat nonton? Banyak bioskop di Bandung yang ada di mall-mall, seperti di Jatos, Cihampelas Walk (Ciwalk), Trans Studio Mall (TSM), Paris van Java (PVJ) mall, Braga XXI, BTC, Miko mall, dan mall lainnya. Hal lainnya, biar nggak jenuh di kosan terus, pada akhir pekan di Bandung biasanya banyak event-event yang digelar.

Kembangkan potensi dan bakat diri
Bagi yang ingin mengembangkan potensi dan bakat, tak ada salahnya gabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau ikut komunitas-komunitas anak muda yang banyak sekali di Bandung. Komunitas-komunitas tersebut biasa rutin menggelar kegiatan pertemuan, seperti Komunitas Aleut (penggemar sejarah Bandung), komunitas fotografi dan film, komunitas wirausaha, komunitas travel blogger Bandung, komunitas menulis, dan lainnya.

Biar gak ketinggalan informasi seputar Bandung, selalu pantau saja akun-akun media sosial yang mengangkat informasi seputar berita atau wisata Bandung. Untuk menunjang "petualangan" kamu di Bandung, bisa cari informasi seputar tempat wisata; rute DAMRI; rute angkot; layanan agen travel; tempat belanja; tempat kuliner; lokasi nongkrong anak muda; lokasi foto selfie; tempat camping; hingga belajar bahasa Sunda di situs ini. Silakan temukan info seputar Bandung yang ingin kamu gali informasinya, searching saja di menu pencarian situs ini. Selamat menikmati Bandung!