Review

Spot Berfoto Terbaru di The Lodge Maribaya Favorit Wisatawan




Wahana baru di The Lodge Maribaya Cibodas Lembang

Dulu, daerah Cibodas Lembang dikenal sebagai pusatnya hasil sayuran juga adanya sungai nan jernih yang mengalir ke Curug Maribaya. Kini, kehadiran The Lodge Maribaya menjadikan kawasan ini sebagai destinasi favorit wisatawan. Bagi wisatawan, rasanya belum lengkap piknik ke Bandung kalau belum menjajal aneka wahana di The Lodge Maribaya. Konsep tempat wisata alam, bertoto, kuliner, hingga menyaksikan pementasan seni budaya lokal menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang berkunjung ke sini.

Hadirnya The Logda Maribaya tak lepas dari sang pemilik, Heni, dimana sekitar 12 tahun lalu ia membeli tanah yang berada di daerah Cibodas, Kab. Bandung Barat, yang sekarang untuk The Lodge Maribaya. Tempat ini beli untuk difungsikan sebagai tempat peristirahatan. Karena kawasannya yang termasuk gersang, Heni pun akhirnya menanam 2.000 pohon.

Sajian view Tebing Lembang dengan paduan sunrise dan sunset membuat Heni jatuh cinta pada lokasi tersebut. Ia pun akhirnya pada akhir 2015 membuka tempat kemping dengan konsep nyaman di The Lodge Maribaya. Untuk tendannya unik seperti seperti labu atau bawang. Tempat ini pun akhirnya ramai di medsos. Mulailah tempat wisata ini jadi destinasi favorit wisatawan.

Harga tiket masuk dan wahana terbaru di The Lodge Maribaya
Untuk tiket masuk ke The Lodge Maribaya sebesar Rp 15.000 untuk Senin s.d. Jumat, Rp 25.000 untuk Sabtu-Minggu, dan Rp 35.000 untuk Hari Libur Nasional. Hingga kini, para wisatawan dalam dan luar negeri banyak yang berkunjung ke The Lodge Maribaya Cibodas. Tak dapat dipungkiri, aneka wahan seperti zip bike / sepeda terbang, Bamboo Sky, gantole, hingga yang teranyar wahana balon udara jadi buruan para wisatawan yang ingin berfoto ekstrem.

Untuk tiap anjungan sendiri memiliki tiket harga bervariasi, diantaranya: Sky Tree (anjungan pohon) tiketnya Rp 15.000-Rp 20.000, Bamboo Sky (anjungan bambu) tiketnya Rp 15.000, Zip Bike (foto sepeda terbang) Rp 20.000, Mountain Swing (anjungan foto ayunan) Rp 20.000, gantole Rp35.000, Hammock (anjungan foto susunan hammock di pohon) tiketnya Rp 35.000,  juga ada balon udara.

Untuk balon udara, memang tidak terbang alias hanya untuk spot berfoto saja. Balon udara dengan tiket Rp20.000 tersebut menggantung di atas ketinggian 6 meter. Untuk ke spot balon udara disediakan jembatan.  Tempat ini juga dilengkapi fasilitas foto dari fotografer profesional, dengan harga satu hasil foto mentah (bukan dicetak) Rp 10.000 yang dapat dikirim lewat e-mail.

Rute dan angkutan umum ke The Lodge Maribaya
Bagi Anda yang ingin ke tempat wisata The Lodge Maribaya, bisa menggunakan jalur:
- Dago Giri - Lembang - Cibodas Maribaya
- Punclut - Lembang - Cibodas Maribaya
- Jalan Setiabudhi - Lembang - Cibodas Maribaya.

Bagi yang naik kendaraan umum, bisa sewa jasa ojek atau mobil sewa online. Bila dari Terminal Leuwipanjang naik bus DAMRI ke Terminal Ledeng. Lalu naik angkot colt ke Lembang (warna krem). Dari Pasar Panorama/Alun-alun Lembang naik angkot Lembang - Maribaya - Cibodas (warna kuning) dan turun di depan The Lodge Maribaya. Setiap akhir pekan angkot tersebut biasanya membawa gratis penumpang ke The Lodge Maribaya. Bagi yang turun di Stasiun Bandung, langsung naik angkot colt ke Lembang.

Tarif Kemping dan Menginap di The Lodge Maribaya
Bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam nan resik di The Lodge Maribaya, bisa kemping. Adapun tarif yang dikenakan adalah Rp 525.000 per orang. Jika dua orang menginap dalam satu tenda dikenakan biaya Rp 425.000 per orang, dan tiga orang dalam tenda dikenakan biaya Rp 375.000 per orang. Harga menginap sudah termasuk tiket masuk, welcome drink, makan malam, sarapan, aktivitas trekking, panahan, tur naik Land Rover dan antrean awal di wahana foto. Area kemping juga dilengkapi kamar mandi, toilet, dan api unggun.

Lalu, ada ada dua vila dengan nuansa Jawa yang kental, terlihat dari penggunaan gebyok dan dinding kayu ala rumah Joglo. Tiap vila dilengkapi kamar mandi dalam dan ruang tidur. Harga per malam Rp 2,3 - 2,5 juta, sudah termasuk aneka fasilitas layaknya peserta kemping.

Adapun untuk makan ada Dapur Hawu dengan hidangan khas Jawa Barat dan The Pines dengan hidangan ala Barat. Fasilitas makan lainnya menyerupai food court dengan aneka jajanan khas Jawa Barat. Di The Lodge Maribaya biasa digelar Sendratari Sangkuriang yang dimainkan oleh anak-anak Desa Cibodas.

Rencananya, Sendratari Ramayana tersebut akan dibuat rutin dua kali dalam satu bulan. Sendratari akan digelar tiap Sabtu dengan harga tiket Rp 200.000 termasuk tiket masuk, camilan, makan malam, pertunjukan yang berlatar matahari tenggelam.

THE LODGE MARIBAYA CIBODAS, LEMBANG
Jalan Maribaya No. 149/252, RT 03 / RW 15, Babakan Gentong,
Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
[Lihat peta lokasi]

Jam buka: pukul 09.00-17.00 WIB
(tiket pembelian wahana terakhir sampai pukul 16.00 WIB).

Kontak: (022) 20454830 - 32 / 0811-234-8522 / 0811-226-4808
Akun instagram: @thelodgemaribaya