Review

Tempat-Tempat Wisata Dekat Pintu Tol Cileunyi




Tempat wisata dekat gerbang tol cileunyi

Lembang dan Ciwidey menjadi salah satu kawasan wisata Bandung Utara yang dari dulu menjadi primadona wisatawan. Selain kedua nama kawasan wisata favorit tersebut, wisatawan luar kota pun bisa mencoba menjajal tempat-tempat wisata berdasarkan keluar tol di Bandung. Tulisan mengenai tempat-tempat wisata dekat keluar tol di Bandung ini akan kami sajikan dalam beberapa tulisan.

Berikut ini salah satunya, tempat-tempat wisata yang dekat dengan GT Cileunyi:

1. Sentra Kerajinan Cipacing
Cipacing (arah ke Pasar Rancaekek) yaitu pusat kerajinan yang sudah lama terkenal. Sentra kerajinan home industry di sini ada sejak tahun 1970. Lokasi sentra kerajinan di Kampung Cipacing, Desa Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Sumedang (dekat SMA/SMP Al-Ma'soem). Beberapa kerajinan dari wayang golek, suvenir, alat dapur, hingga waditra (alat musik Sunda) ada di sini. Di sana ada puluhan warga yang menekuni pembuatan kerajinan ukiran kayu. Produk kerajinan di Cipacing tidak hanya melayani pesanan domestik, pedagang juga mendapat pesanan dari luar negeri.

2. Wisata Gunung Manglayang
Bila ingin wisata alam, Anda bisa keluar tol Cileunyi belok kiri ke arah Jln. Percobaan dan berwisata di kawasan hutan pinus Batu Kuda. Objek wisata ini menempati area dengan Luas mencapai 20 hektare lebih. Objek Wisata Batu Kuda berada di atas ketinggian 1150 hingga 1300 meter dpl. Dengannya kawasan wisata ini memnawarkan keindahan alam pegunungan yang masih asri dengan suhu kawasan yang sejuk.

Sementara sebelum Batu Kuda (dekat perumahan Villa Bandung Indah) ada Cantigi Camp. Cantigi adalah sebuah kawasan wisata alam terbuka yang sering dijadikan lokasi favorit wisatawan yang ingin mengadakan acara liburan bersama secara rombongan maupun keluarga dengan konsep kegiatan di alam terbuka. Lokasi lainnya di dekat Gunung Manglayang ada juga Curug Cilengkrang dan Manglayang Jungle Place.

3. Jembatan Cincin Jatinangor
Bila ingin berfoto ria dengan suasana tempo doeloe, bisa menjajal berselfie ria di Jembatan Cincin dekat kawasan Kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor (seberang kampus Fikom). Jembatan beresejarah ini dibangun di masa penjajahan, sekitar tahun 1918. Waktu itu, perusahaan kereta api Belanda, bernama Staat Spoorwagen Verenidge Spoorwegbedrijf bermaksud membuat akses jalan untuk menunjang kelancaran dari kegiatan perkebunan karet.

Bagi yang merencanakan karya wisata, khususnya bagi siswa SMP. Pengenalan kampus di Jatinangor pun rasanya pas untuk destinasi wisata pendidikan bagi anak-anak SMA. Di kawasan pendidikan Jatinangor ada perguruan tinggi terkenal di Indonesia, di antaranya Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB) Kampus II (dulu kampus Unwim), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), dan Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin).

4. Bumi Perkemahan Kiarapayung
Di sebelah selatan Kampus Unpad ada bumi perkemahan Kiarapayung sudah dikenal sebagai bumi perkemahan level nasional. Lokasinya di Cikeuyeup Girang, Cilayung, Jatinangor. Objek Wisata Bumi Perkemahan Kiarapayung biasa jadi tempat kemping favorit para remaja maupun aneka kegiatan seperti Jambore Pramuka atau kegiatan kampus. Aksesnya bisa dijangkau dari jalan menuju Unpad Jatinangor ke arah Gunung Manglayang melewati lapangan golf Bandung Giri Gahana (BGG).

5. Curug Cinulang
Masih penasaran? Bisa juga Anda dari tol Cileunyi ke arah Cicalengka menuju Curug Cinulang.  Air yang jatuh dari ketinggian Curug Cinulang selalu mengalirkan air deras baik pada musim kering, terlebih penghujan. Tingginya yang mencapai 30 meter ini akan membuat siapapun takjub ketika melihat. Air terjun ini sangat pas buat yang ingin foto selfie.

6. Wisata Keluarga arah ke Majalaya
Dari keluar GT Cileunyi, ambil ke arah Pasar Rancaekek menuju jalan ke Majalaya. Di sana ada tempat wisata Villa Kancil dan Hegarmanah Waterboom. Sebelumnya di kawasan Cipacing ada kolam renang Al Ma'soem (dekat sekolah Al Ma'soem). Sementara Villa Kancil Kampoeng Sunda bisa jadi pilihan Anda yang ingin berlibur bersama keluarga. Di tempat wisata di Solokan Jeruk ini, anak-anak bisa bermain flying fox, berenang, naik ATV, main di sawah, hingga menikmati kuliner di saung-saung di atas kolam.

7. Kuliner Jalur Selatan
Umumnya di kawasan kampus, di sepanjang Jln. Jatinangor pun banyak tempat-tempat kuliner yang bisa Anda coba. Tempat kuliner lainnya ada di sepanjang jalan ke arah tanjakan Nagreg - Garut. Dimana di sana ada tempat makan yang ngehits di kalangan wisatawan, seperti Darmaga Sunda, Asep Strawberry, Ma Ecot, dan lainnya.

Atau bisa juga membeli hui (ubi) Cilembu asli yang ada di kawasan Cilembu dekat Tanjungsari. Bisa juga Anda langsung bablas ke Sumedang untuk menikmati tahu sumedang atau berwisata ke Sumedang. Salah satunya, wisata alam yang lagi ngehits yakni Kampung Ciherang di kawasan Tanjungsari, tidak jauh dari Jatinangor.