Review

Inilah Lokasi-Lokasi Wisata Camping di Seputaran Bandung




lokasi tempat camping di Bandung

Kegiatan camping alias berkemah biasa dilaksanakan saat malam menjelang pergantian tahun baru; kegiatan komunitas pecinta alam; kegiatan sekolah/kampus; atau gathering kantor/komunitas. Untuk para siswa (MOS) dan mahasiswa (Mabim/Ospek) berkemping ria menjadi keseruan tersendiri untuk lebih mengakrabkan diri dengan teman-teman.

Berkemah di alam terbuka dengan memasang tenda plus hiburan malam dengan main gitar, minum kopi/teh, ayam bakar, atau siangnya mencoba menjelajah track yang ada di kawasan tempat berkemah. Tak terkecuali bagi Anda seorang bagpacker, kegiatan kemping ini menjadi sensasi tersendiri saat melancong ke suatu kota. Camping memang membutuhkan nyali tersendiri dan tentunya kegembiraan menyatu dengan alam adalah tujuan utama.

Maka yang suka kemping, kadang "ketagihan" untuk menjajal dari satu tempat ke tempat lain. Dengan membawa peralatan tenda, sleeping bag, jaket tebal, alas tidur, sepatu, kupluk kepala, senter, sarung, petromak/lampu charging, peralatan masak, gitar, kayu bakar, hingga ransum makanan Anda dan teman-teman siap bercengkrama dengan alam.

Nah, bagi Anda yang merencanakan wisata kemping bareng teman-teman, berikut ini beberapa rekomendasi tempat kemping di seputaran Bandung. Untuk hal ini, bisa kemping dengan bawa peralatan sendiri atau kemping ekslusif yang disediakan pengelola tempat wisata.

BANDUNG SELATAN
1. Rancaupas, Ciwidey
Rancaupas ini adalah salah satu tempat favorit untuk liburan dengan suasana alam bebas di kawasan Bandung. Lokasinya di Bandung selatan yang berada pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, menjadikan suasana di Bumi Perkemahan Rancaupas begitu sejuk dan segar.  Namun di sini, harus siap saja dengan udaranya yang dingin. Lokasi wisata yang mengusung konsep alam pegunungan Ciwidey ini ada di Kampung Cai Rancaupas. Di sini ada camping ground, tempat outbond, hingga pemandian air panas.

2. Gunung Puntang, Banjaran
Gunung Puntang berada di Desa Cimaung, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung. Dari pusat Kota Bandung kurang lebih memerlukan waktu sekitar dua jam untuk mencapai Kecamatan Banjaran. Setelah sampai di Banjaran, jalan yang dituju adalah jalan menuju Pangalengan, setelah sampai di daerah Cimaung, ambil jalan di sebelah kiri yang terlihat menanjak.

3. Glamping Legok Kondang, Ciwidey
Berada di Ciwidey, Legok Kondang Lodge sangat terkenal dengan panorama alamnya yang indah dan eksotis. Legok Kondang Lodge sangat cocok untuk acara kamping atau berkemah ala modern tetapi dengan suasana perkampungan. Bangunan yang terbuat dari tenda besar dan bangunan kayu serta dikelilingi pepohonan membuat orang yang berkunjung menjadi betah tinggal di tempat tersebut.  Semua material dari tempat ini sangat kuat, tidak seperti tenda perkemahan biasa. Keunikan tempat ini adalah tenda-tenda yang berbaris berisikan tempat tidur, toilet dan kamar mandi.  Persis di depan tenda terdapat kolam besar. Pengunjung bisa bersantai duduk-duduk di kursi sambil menghadap ke arah kolam.

4. Sekitar Situ Cileunca, Pangalengan
Situ Cileunca berada di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Pengunjung yang camping di sekitar Situ Cileunca biasanya banyak saat musim liburan.  Situ Cileunca, menawarkan banyak objek wisata. Selain bisa menikmati keindahan situ dan iklimnya yang segar, pengunjung juga bisa mendatangi kebun strawberry dan kebun arbei; membeli susu sapi; atau oleh-oleh lainnya khas Pangalengan. Di sini ada Citere camping ground, dimana terdapat fasilitas yang lapang. Juga ada banyak pohon pinus dan letaknya masuk dari jalan besar. Di camp ground ini persis di pinggir jalan besar. Fasilitas lain adalah tenda dome bersih serta toilet yang lebih bersih.

5. Sekitar Situ Cisanti, Kertasari
Anda bisa menikmati keindahan malam juga terbitnya matahari di pagi hari di area Situ Cisanti. Lokasi camping ini terletak di Tarumajaya, Kertasari, Kab. Bandung. Hulu Sungai Citarum ini menyajikan keindahan pesona alam yang masih sangat alami. Dari sini, Anda dan teman-teman bisa melanjutkan petualangan ke daerah Pangalengan yang lokasinya memang dekat.

6. Green Hill Ciwidey
Terletak di lokasi yang tidak jauh dari Kampung Cai Rancaupas, sekitar 50 meter, kita akan menemukan lokasi Green Hill Park Ciwidey. Hampir sama dengan Ciwidey Valley, Green Hill menawarkan fasilitas camping ground yang bisa langsung kita tempati.

BANDUNG UTARA
1. Bumi Perkemahan Cikole, Lembang
Ini merupakan salah satu tempat favorit untuk camping. Cikole Resort And Adventure Park, Lebih dikenal dengan nama Bumi Perkemahan Cikole, lokasi wisata ini telah ada sejak tahun 2010 yang dikelola oleh Perum Perhutani dan sekarang telah menjadi sebuah resort, yaitu kawasan wisata alam yang terpadu dengan memiliki berbagai macam fasilitas pendukung yang memadai. Lokasi Cikole Resort terletak sekitar 28 km arah utara dari kota Bandung, berada tepat di poros wisata Lembang, Tangkuban Parahu.

2. Ciwangun Indah Camp (CIC), Cisarua
Tepatnya di daerah Ciwangun yang sangat dekat dengan Curug Pelangi/Curug Cimahi yang kini sedang trend. Persisnya di Jln. Kol. Masturi, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat. Kawasan CIC, begitu biasa orang sekitar menyebutnya. Tempat ini lumayan nyaman untuk mendirikan tenda sendiri. Selain itu, fasilitasnya pun terbilang lengkap.

3. Glamour Kemping Dusun Bambu, Cisarua
Lokasinya di Jl. Kolonel Masturi KM 11, Situ Lembang, Cisarua, Kab. Bandung Barat. Dusun Bambu menyediakan fasilitas berkemah dengan harga yang ditawarkan setara dengan hotel bintang empat. Tempat camping di sini letaknya berundak-undak dan tidak mengumpul seperti tempat kemping pada umumnya. Pada tiap tenda terdapat air hangat, handuk, sleeping bag, selimut, dan bantal layaknya hotel mewah.

4. Sari Ater Camping Park
Sari Ater Hotel menyediakan fasilitas camping ground dengan beragam harga dan fasilitas. Terdapat empat jenis tenda disini, seperti tenda tipe Musang untuk 4 orang dengan fasilitas minuman hangat, sarapan dan kamar mandi luar. Ada juga tipe Landak yang tidak jauh berbeda fasilitasnya dengan tipe Musang tapi memiliki toilet dan parkir pribadi. Lalu tenda tiper Rusa dan Elang yang memiliki balkon serta pemandangan yang menghadap ke sungai.

5. Pine Forest Camp
Kawasan Pine Forest Camp menawarkan konsep Camping Exclusive dengan hanya 1 group saja, dan dengan jumlah minimal peserta sebanyak 50 orang peserta. serta difasilitasi pula dengan Tenda Dome Charlie Exclusive yang dilengkapi  sleeping bag dan matras spon. Kegiatan lain yang bisa dinikamati di tempat ini selain camping antara lain outbound training, outdoor party, paintball, Flying Fox dan sebagainya. Fasilitas yang bisa kita dapatkan di tempat ini yaitu, Villa yang berjumlah 2 unit, aula terbuka, tempat ibadah, air bersih, kamar mandi umum, mushola, gazebo, area api unggun, jalur tracking, kolam aktivitas, dll. Terletak Kp. Cibeunying Kaler Desa Cibodas – Maribaya, Kec. Lembang, Kab, Bandung Barat.

6. Perkemahan Gunung Putri, Lembang
Akses ke tempat camping ini bisa dari Jalan Maribaya masuk ke Jalan Tangkuban Parahu. Jalannya bisa dilalui motor. Setelah melewati perkebunan milik warga dari kaki Gunung, kita bisa melihat Gunung Burangrang dan Gunung Tangkuban Parahu yang sejajar dengan Gunung Putri. Untuk tempat camping bisa di puncaknya. Anda bisa camping di puncak karena puncaknya lumayan datar untuk mendirikan tenda. Puncak Gunung Putri memang tidak terlalu tinggi "hanya" 1587 mdpl. Info lengkap lihat di sini.

7. Taman Hutan Jayagiri, Lembang
Taman Hutan Jayagiri, Lembang berada di kaki Gunung Tangkuban Parahu, Para petualang alam sejati yang gemar camping dan hiking bisa menjajal tempat ini. Kawasan hutan di sini mash asri. Tak heran jika tempat ini terekam dalam lagu "Melati dari Jayagiri" ciptaan Abah Iwan yang dipopulerkan oleh group  Bimbo. Udara di sini masih segar hingga Anda pun bisa menjajal menjelajah track menuju Gunung Tangkuban Parahu. Area camping difasilitasi dengan signboard yang berfungsi sebagai petunjuk para pendaki. Di sini juga tersedia shelter pendakian disertai dengan pos penjagaan, WC, serta tempat sampah. Info lengkap lihat di sini.

8. Gunung Batu Lembang
Gunung Batu ini terletak di Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, tidak jauh dari Pasar Lembang. Di gunung batu lembang ini terkenal dengan sunrise dan juga kita bisa melihat keindahan Lembang dan Kota Bandung dari ketinggian 1.228 mdpl. Sesampainya di puncak pemandangan ke semua arah dari puncak gunung ini memang menakjubkan. Ketika melihat ke arah utara tampak Gunung Burangrang (2064 m), Gunung Tangkuban Parahu (2086 m), dan Gunung Putri (1338 m). Saat menatap ke arah timur terlihat Gunung Bukittunggul (2206 m), Gunung Palasari (1856 m). Di kejauhannya ada Gunung Manglayang (1850 m) dan Pangparang (1957 m). Info lengkap lihat di sini.

BANDUNG TIMUR
1. Cantigi Camp
Alamatnya di Jln. Manjah Beureum, Cileunyi Kulon, Kab. Bandung. Phone (022) 70818556. Bagi Anda yang menggunakan jalur Jalan Soekarno-Hatta (By Pass) atau jalur Ujungberung, terus saja ke arah timur dengan rute: bunderan Cibiru - Cinunuk - Jalan Percobaan. Nah, sebelum terminal Cileunyi (pertemuan jalan sejalur/Jalan Percobaan Cileunyi) ada jalan ke Perumahan Villa Bandung Indah, terus naik saja. Anda bisa menanyakan ke tukang ojek yang ada di sana. Jika menggunakan jalur tol, keluar dari pintu keluar Cileunyi, belok kiri ke arah Pasar Sehat Cileunyi. Kemudian, menuju arah barat. Anda tinggal belok kanan dan masuk ke jalan Perumahan Villa Bandung Indah.

2. Oray Tapa, Cimenyan
Lokasinya berada di kaki Gunung Manglayang. Wana wisata ini terdiri dari hutan tanaman campuran (pinus, cemara dll). Objek wisata yang biasanya digunakan untuk kemping MOS, Ospek/Mabim ini terletak di Desa Mekar Manik, Cimenyan, Bandung Timur. Luas areanya sekitar 5 hektare.

3. Situs Batu Kuda
Situs Batu Kuda persis berada di lereng Gunung Manglayang. Untuk ke lokasi in, Anda bisa melalui rute lewat jalur Cibiru. Pertama, dari Bandung kota teman-teman traveler ambil arah ke Cibiru, lewat bundaran timur Kota Bandung ke arah Cileunyi. Kira-kira setelah kurang lebih 3 km dari Bundaran Cibiru akan ada jalan belok kiri agak naik keatas, ikuti saja jalur tadi. Perjalanan terus ke arah atas hingga Batu Kuda kurang lebih sekitar 7 kilometer.

4. Bumi Perkemahan Kiarapayung
Lokasinya memang termasuk Kab. Sumedang, namun bumi perkemahan di Jatinangor ini sangat dekat dengan batas Bandung - Sumedang. Udara di sekitar bumi perkemahan (Buper) Kiarapayung lumayan sejuk dan dingin, karena daerah ini berada di kaki Gunung Manglayang (1.650 Mdpl) dan berhadapan langsung ke arah timur dengan Gunung Geulis (1.281 Mdpl). Lokasi ini memang ditujukan untuk perkemahan layaknya Buper Cibubur. Di sini biasa jadi tempat Jambore Pramuka, Ospek Kampus, hingga gathering komunitas.

5. Wanawisata Gunung Kareumbi Masigit
Berada di timur Curug Cinulang, Gunung Kareumbi Masigit dikenal sebagai area untuk berburu dan berkemah. Nama lengkap dari tempat ini adalah Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi (TBMK). Pada awalnya, lokasi ini memang merupakan area berburu. Namun pada akhirnya di konversi menjadi area hutan konservasi.

Untuk fasilitas di alam terbuka di sini terdapat akomodasi yang bisa digunakan untuk menginap seperti rumah pohon kareumbi, rumah rusa, wisma dan aula, dan area camping ground. Fasilitas lainnya yang tersedia antara lain; kantin, mushala, area parkir mobil dan motor yg lumayan luas, toilet, ruangan (untuk kelas pelatihan dll.)

Tempat Wisata Camping Lainnya
di Seputaran Bandung