Sentra Percetakan di Jalan Pagarsih, Bandung





Anda membutuhkan jasa percetakan kartu undangan, kartu nama, buku, majalah, buku Yasiin dan tahlilan, hang tag, label, bon, baliho, spanduk, banner, atau nota? Sentra percetakan di Jalan Pagarsih, Bandung bisa menjadi referensi utama untuk urusan cetak-mencetak ini.

Terletak di Jalan Pagarsih, Kecamatan Astana Anyar, Bandung tersedia ragam jasa percetakan dengan rata-rata menggunakan mesin cetak GTO. Di kawasan pusat Kota Bandung ini, terdapat kurang lebih 21 pengusaha jasa percetakan. Kapasitas produksi per tahunnya sebanyak 11.900 Rim dengan nilai investasi Rp. 1,485 milyar dan menyerap tenaga pekerja ratusan orang.

Di kawasan ini, para penyedia layanan percetakan siap membantu Anda untuk cetak skala kecil ataupun menengah. Puluhan toko yang menyediakan layanan cetak berderet di sepanjang Jalan Pagarsih. Sentra industri ini tersebar bukan hanya di pinggir jalan, namun hingga ke gang-gang.

Inilah salah satu bentuk industri kerakyatan di Kota Bandung yang sudah berlangsung turun-temurun. Dengan banyaknya pilihan tempat cetak, maka hukum adu tawar pun berlaku di sini. Artinya, di sini Anda bisa mencetak beragam kebutuhan yang berhubungan dengan produk cetak dengan harga murah.

Di sini pun ada pasar khusus sentra percetakan yang terletak di sebelah kiri (jika masuk dari arah timur/Jalan Astana Anyar). Untuk mencapai Jalan Pagarsih, bisa juga dari arah Jalan Jamika. Di sini pun biasa menjadi tempat makloon bagi percetakan lainnya di luar Jalan Pagarsih. Anda bisa membeli kertas ataupun jasa derivatif lainnya seperti potong kertas, foil, emboss, laminasi dan sebagainya.

Anda bisa membandingkan layanan dari satu toko dengan toko lainnya. Jadi, lebih baik survei dulu dari satu tempat ke tempat lain sebelum memutuskan untuk langsung menentukan tempat cetak. Hal ini agar Anda benar-benar cocok dan puas dari segi harga, bahan, dan waktu pengerjaan.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah urusan desain. Di sini biasanya hanya bagian produksi saja. Masalah desain disediakan oleh pemesan. Lebih baik Anda benar-benar menyiapkan bahan desain yang sudah siap produksi massal. Misalnya, desain sudah dalam bentuk format .png, jpg, atau .pdf dengan pengerjaan menggunakan Adobe Photoshop, Corel, InDesign, Adobe Ilustrator, atau program untuk desain lainnya. Maka, siapkan file dengan edit terakhir yang sudah fix dari kesalahan kata, kesalahan gambar, atau ukuran produk.

Peta Jalan Pagarsih Bandung lihat di sini.

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS