Kolam Pemancingan Cipaku, Wisata Keluarga dengan Kesejukan Alam Bandung Utara





Fasilitas: kolam pemancingan, hotel, kolam renang, taman luas, kampung seni budaya, restoran, gazebo, hutan kota, free Wifi, area parkir, musala di beberapa lokasi, toilet.

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan bersama keluarga, tempat ini bisa menjadi pilihan. Mengusung konsep satu area, Anda bisa menginap di The Cipaku Garden Hotel, berenang Kolam Renang Cipaku, berjalan-jalan di hutan kota Cipaku, menikmati kuliner di Saung Kemangi, atau menyaksikan aneka pentas seni budaya di ECO Bambu Cipaku. Khusus untuk keempat tempat selain hotel, terbuka untuk umum.

1. Kolam Renang Cipaku
Di kawasan Hotel Cipaku ini Anda bisa membawa anak-anak untuk berenang di Kolam Renang Cipaku. Anda dan keluarga bisa berenang di kolam dengan air biasa atau kolam renang air panas. Dengan hanya membayar Rp45.000 pada hari libur, Anda dan keluarga bisa menikmati fasilitas 3 kolam renang yang ada di sini. Untuk fasilitas penunjang lain pun lengkap, dimana ada kantin, penitipan pakaian, ruang ganti, dan mushola.

2. Hutan Kota Cipaku
Setelah berenang, Anda dan keluarga bisa santai sejenak ke arah kolam pemancingan. Suasana nan asri dapat Anda rasakan di tengah kesejukan alam ala hutan kota. Di area ini disediakan jalan untuk jogging track juga tempat duduk. Di tengah rimbunan pohon yang sejuk, Anda bisa mengabadikan foto sambil duduk-duduk di batu-batu gaya taman. Atau bisa melihat jernihnya air di sungai yang hulunya berasal dari sisa sumber air ledeng zaman Belanda. Anda pun bisa membawa anak-anak  rehat sejenak di saung-saung yang tersedia di area hutan kota ala Cipaku.

3. ECO Bambu Cipaku
Untuk memperkenalkan sisi edukasi seni budaya pada anak-anak, bawa anak-anak ke ECO Bambu Cipaku. Area yang terdiri dari bangunan-bangunan serba bambu ini pas juga buat rehat. Walaupun harus melewati beberapa tangga untuk turun, namun suasana di tempat ini sungguh menyejukkan. Anak-anak pun bisa belajar mengenal seni budaya Sunda, seperti penca silat, angklung, calung, dan lainnya.

4. Pemancingan Cipaku
Inilah area yang pas bagi yang ingin wisata memancing bersama keluarga. Di sekitar kolam pemancingan ada area lapangan rumput luas yang pas buat main anak-anak. Anda bisa menyewa pancingan dan umpan kepada petugas. Kemudian, Anda dan keluarga bisa menjajal memancing ikan yang ada di pemancingan Cipaku. Jika Anda bingung cara memancing, petugas yang ada di sana siap membantu. Keseruan akan semakin terasa ketika ada ikan yang berhasil Anda pancing. Ikan hasil tangkapan Anda pun bisa diolah dan disantap bareng-bareng bersama keluarga di Saung Kemangi.

5. Saung Kemangi
Terletak persis di sebelah kolam pemancingan, Anda bisa rehat sejenak di saung yang berkesan tradisional dengan peralatan seperti kursi dan meja yang bernuansa jadoel. Di Saung Kemangi, cobalah memesan nila acar kuning yang menjadi menu andalan restoran di belakang Hotel Cipaku ini. Bagi yang senang camilan bisa memesan gehu, bala-bala, pisang goreng, atau kentang goreng. Untuk menghangatkan tubuh, bisa memesan bandrek, bajigur, kopi, sekoteng, lemon tea panas, dan lainnya. Sementara untuk makanan berat ada menu nasi tutug oncom, nasi goreng saung kemangi, nasi timbel, pindang gunung, ikan bakar/goreng, ayam bakar/goreng, sate ayam, dan lainnya.

Rute Menuju Kolam Pemancingan Cipaku
Lokasi tempat wisata di area The Cipaku Garden ini ini berada di bagian bawah kompleks Perumahan Cipaku Indah. Dari tol Pasteur ambil ke arah Jln. Setia Budhi (Ledeng) terus ka arah Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Tepat di belokan tajam Kampus UPI, belok kanan ke arah Perumahan Cipaku Indah. Masuk ke area perumahan ini, jalan menurun karena termasuk kawasan perbukitan Bandung utara.

Di sepanjang jalan ada penunjuk arah ke Cipaku Garden Hotel. Lokasinya dekat selepas Kantor Kelurahan Ledeng, nanti ada pertigaan dimana yang kiri ke arah hotel dan kanan ke arah Kolam Renang Cipaku dan Kampung Wisata ECO Bambu Cipaku.

KOLAM PEMANCINGAN CIPAKU
Jalan Cipaku Indah XI No. 2, KM 7,2, Ledeng,
Cidadap, Kota Bandung
Jam buka: setiap hari pukul 08.00 - 17.00 WIB

Angkutan umum (turun di belokan Kampus UPI, ke lokasi bisa naik ojek):
Bus DAMRI Jurusan:
- Terminal Leuwi Panjang - Ledeng
- Terminal Cicaheum - Ledeng

Angkot jurusan:
- Kebon Kalapa - Ledeng
- Margahayu - Ledeng
- Cicaheum - Ledeng
- Stasiun - Lembang / Ciroyom - Lembang

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS