Wisata Edukasi di Puspa Iptek Sundial Kota Baru Parahyangan




Puspa Iptek Sundial Kota Baru Parahyangan

Perumahan Kota Baru Parahyangan di Padalarang, Kab. Bandung Barat dikenal sebagai perumahan yang mengedepankan aspek ekologi dan edukasi. Untuk edukasi, di Kota Baru Parahyangan dikenal adanya wahana wisata pendidikan Puspa Iptek Sundial. Bangunan jam matahari menjadi ikon yang berada di depan area Kota Baru Parahyangan. Bagi Anda yang berkendara menuju ke arah Padalarang, Cianjur, atau Sukabumi biasa melewati bundaran bangunan jam matahari yang tepat berada bagian paling depan jalan masuk perumahan ini.

Puspa Iptek Sundial diresmikan pada tanggal 11 Mei 2002, bertepatan dengan momen Hari Pendidikan Nasional. Keberadaan Gedung Puspa Iptek merupakan upaya penting bagi perwujudan Kota Baru Parahyangan sebagai Kota Mandiri yang berwawasan Pendidikan. Mulai tahun 2013 area alat peraga di Puspa Iptek Sundial juga diperluas serta fasilitasnya diperlengkap, seiring dengan semakin tingginya minat dan kepedulian masyarakat terhadap dunia sains dan teknologi.

Jam Matahari Vertikal
Di Puspa Iptek Sundial  adalah adanya terdapat lebih dari 180 buah alat peraga interaktif. Pengunjung dapat mencoba sendiri dan mengeksplorasi alat-alat peraga tersebut. Nama Puspa Iptek Sundial merupakan perpaduan antara Puspa Iptek dan Sundial.

Puspa Iptek adalah singkatan dari Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sedangkan Sundial berarti jam Matahari. Kata Sundial tersebut melekat karena Puspa Iptek Sundial berada di sebuah bangunan yang unik dan menjadi ikon perumahan ini. Keunikannya adalah gedungnya sekaligus berfungsi ganda sebagai jam Matahari.

Jam Matahari yang terdapat di Puspa Iptek pun tidak hanya satu, melainkan dua buah yaitu jam Matahari horisontal dan jam Matahari vertikal yang terpadu menjadi satu kesatuan. Jam Matahari horisontal yang terdapat di Puspa Iptek itu juga merupakan jam Matahari horisontal terbesar di Indonesia. Atas keunikannya itu, Puspa Iptek Sundial mendapatkan 2 buah penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yaitu untuk kategori Jam Matahari Horisontal Terbesar di Indonesia dan Jam Matahari Vertikal dan Horisontal Terpadu Pertama di Indonesia.

Gedung Puspa Iptek Sundial bersama dengan Gerbang Utama Kota Baru Parahyangan adalah sebuah tatanan terpadu. Kedua bangunan tersebut merupakan refleksi konfigurasi Matahari, Bumi, dan Bulan. Di Gerbang Utama terdapat replika Bumi dari batu utuh berdiameter 2 meter dengan bobot hampir 12 ton yang diambil dari daerah sekitar Padalarang. Batu bulat tersebut dikelilingi oleh 12 tiang yang melambangkan 12 bulan dalam sistem kalender. Di masing-masing tiangnya terdapat ragam hias kalender tradisional dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Sementara bundaran tempat gedung Puspa Iptek Sundial berada melambangkan Matahari.

Konfigurasi Bumi, Bulan, dan Matahari di Kota Baru ParahyanganPuspa Iptek Sundial memiliki logo yang unik, yang didominasi warna merah dan terdiri dari 3 buah goresan yang mencerminkan bentuk gedung Puspa Iptek Sundial jika dilihat dari samping. Selain itu, Puspa Iptek Sundial juga memiliki maskot yang diberi nama Si Elmu. Maskot kami adalah makhluk cerdas dengan sosok Sundial Horisontal jika dilihat dari atas. Si Elmu juga selalu memegang lup (kaca pembesar), yang berarti bahwa Si Elmu adalah makhluk yang haus akan ilmu pengetahuan dan teknologi serta selalu mengamati lingkungan sekitarnya untuk mencari tahu segala hal yang menarik untuk dipelajari.

Data umum Gedung Puspa Iptek Sundial:
1. Luas lahan (bundaran): 7.850 m2
2. Luas area pamer alat peraga: 2.900 m2
3. Bidang refleksi horisontal: 2.785 m2
4. Bidang refleksi vertikal: 50 m2
5. Panjang jarum (Gnomon): 30 m
6. Ketinggian jarum: 15 m

Puspa Iptek Sundial dapat dikunjungi oleh seluruh lapisan masyarakat dan segala umur baik itu secara perseorangan (bersama keluarga, sahabat, teman sekolah atau kuliah) maupun rombongan besar. Di sinilah wahana yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan keluarga atau sebagai tempat study tour sekolah/kampus (mulai dari jenjang playgroup, TK hingga SMA dan bahkan mahasiswa) karena kami memiliki beragam paket program yang mendidik, menarik, dan menyenangkan.

PUSPA IPTEK SUNDIAL
Area Perumahan Kota Baru Parahyangan

Jln. Raya Padalarang No. 427, Kab. Bandung Barat
[Lihat peta lokasi]

Jam operasional: Senin - Minggu, pkl. 08.30 - 16.30 WIB
Harga tiket masuk: Rp20.000 (indoor dan outdoor area)

Kontak:
Telp/Fax: 022 - 6810099
HP: 0811 223 080 (Telp/SMS/WA/LINE)
Instagram: @puspaipteksundial

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS