Inilah Rangkaian Peringatan Hari Jadi Kota Bandung ke-207




Rangkaian Event Hari Jadi Kota Bandung ke-207

Dalam rangka merayakan HUT ke-72 Republik Indonesia dan menyambut Hari Jadi Kota Bandung ke-207 yang akan diperingati pada tanggal 25 September 2017, sepanjang rentang bulan Agustus hingga November 2017 di Kota Bandung akan digelar berbagai macam event secara berantai.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kaniasari memaparkan, pada program rutin "Bandung Menjawab" Kamis, (10/8/2017) di Media Lounge Balai Kota Bandung.

Berikut ini rangkaian acara yang akan digelar dalam memeriahkan HUT ke-72 RI dan HUT ke-207 Kota Bandung tahun 2017 berdasarkan keterangan Kadisbudpar Kota Bandung.

1. Five-K Run
Kegiatan akan dimulai dari tanggal 20 Agustus dengan akan digelarnya event sport tourism Five-K Run. Kegiatan lomba lari ini mengelilingi beberapa titik pusat kota yang menjadi landmark di Kota Bandung, yaitu dimulai dari Gedung Merdeka, Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Riau BIP, Katederal dan balik ke Start di Gedung Merdeka.

Event Five - K Run ini sudah dibuka pendaftarannya dan nantinya event ini akan berlanjut pula dengan beberapa event lain yang digelar di sekitaran Braga dan Asia Afrika.

"Tujuannya memang untuk promosi bangunan cagar budaya di Kota Bandung dan sudah ada 2.000 orang terdaftar. Untuk acara lomba lari ini kita gelar dari pukul 07.00 sampai 10.00 pagi dan nantinya pukul 10 sampai pukul 15.00 disambung event gelar seni di Braga pendek," tambah Kenny.

2. Aksi teatrikal dari LVRI
Sementara itu di hari yang sama, pagi harinya di Plaza Balai Kota juga digelar teatrikal dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang akan mengetengahkan reka ulang kejadian pertempuran para pejuang dalam melawan penjajah Belanda. Pada malam harinya bakal digelar acara culinary night di Braga Panjang sekalian inisialisasi lagi agar jadi tradisi siapa pun wali kotanya nanti.

3. Peresmian kawasan destinasi baru di Jalan Cibadak dan Kelenteng
Pada hari yang sama akan ada peresmian kawasan destinasi baru di Jalan Cibadak dan Kelenteng di wilayah Kecamatan Astana Anyar dan Andir.

"Harapannya nanti dua lokasi ini akan jadi kawasan wisata baru yang dikenal bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara," terang Kenny.

4. Karnaval Kemerdekaan
Kenny pun menerangkan bahwa pada tanggal 26 Agustus 2017 Kota Bandung juga berencana akan mengadakan Karnaval Kemerdekaan yang berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

" Helaran teatrikal pada karnaval ini masih dibahas dengan Kemenpar dan Bekraf dan ada rencana juga RI 1 (Presiden RI) akan ke Bandung," tegas Kenny.

Untuk helaran akbar seni budaya, Kenny menginformasikan pada tanggal 29 Agustus 2017
akan diadakan tahun baru Sunda atau Tabaru Sunda di sekitar Jalan Asia Afrika. Helaran ini akan diisi oleh ritual dan kesenian Sunda buhun serta lomba film dokumenter.

"Kita kenalkan lagi pada warga agar mengenal leluhur dan smoga ada banyak partisipasi pihak ke 3 karena non-APBD. Sementara untuk tanggal 31 Agustus akan ada award untuk film dokumenter di Hotel Savoy Homann," terang Kenny.

5. Bandung Great Sale
Untuk peringatan tutup tahun, Kenny menambahkan akan ada lagi Bandung Great Sale berkolaborasi dengan semua stakeholder pada 9 September sampai 8 Oktober 2017.

"Akan ada 10 mall besar ikut memeriahkan dan beberapa mart di beberapa wilayah serta juga kita ajak pihak airlines dan PT KAI untuk memberikan discount bagi wisatawan yanv bepergian dari dan ke Bandung," ujarnya.

6. Bandung Light Festival
Rangkaian tersebut ujar Kenny akan disambung pada tanggal 25 September - 25 Oktober 2017 dengan judul Bandung #1 (Bandung nomor 1) yang akan dimeriahkan 181 seniman di seluruh Kota Bandung dan disambung pada tanggal 29 Oktober oleh Bandung Light Festival.

"Akan digelar pertunjukan dari seni rupa, musik, tari dan sastra dengan harapan wisatawan luar kota dan mancanegara akan bisa menyaksikan sekaligus menutup HUT Kota Bandung," tegas Kenny.

7. Forum Bandung MICE 
Di luar hal itu Kenny juga mengatakan akan merencanakan Forum Bandung MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) sebagai suatu sosialisasi dalam rangka menarik devisa dan wisatawan melalui event eksibisi di Kota Bandung.

"Dengan diadakannya forum ini, kita berharap B2B (buyer to buyer) serta buyer dan seller akan rutin mengadakan event di Bandung yang sudah punya segala fasilitas untuk MICE," tegasnya.

8. Pertunjukan wayang golek bagi siswa SD dan SMP
Lain halnya pada sektor pendidikan Kebudayaan, Kenny memaparkan Disbudpar Kota Bandung memiliki program baru bagi siswa siswi SD dan SMP melalui wayang golek sebagai media pengajaran dan informasi.

"Jadi nanti dua minggu sekali akan kita akan gelar pertunjukan wayang golek di SD dan SMP. Kegiatan ini kolaborasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung dengan tujuan mengenalkan dan melestarikan wayang golek sejak pendidikan dini . Kegiatan ini akan launching di Pendopo tanggal 19 Agustus ini," pungkas Kenny.

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS