Review

Perayaan Malam Tahun Baru 2018, Pemkab Bandung Gelar Event Suruput Kopi



Event Suruput Kopi Kabupaten Bandung

Potensi kopi dari kabupaten Bandung kian ke sini semakin dikenal di kalangan penggemar kopi. Kabupaten Bandung sendiri dikenal sebagai salah satu penghasil kopi di Tatar Priangan. Ada sejumlah kawasan kebun kopi yang tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Bandung, di antaranya di Kecamatan Cimenyan, Cilengkrang, Cicalengka, Nagreg, Ibun, Kertasari, Pangalengan, Cimaung (Puntang), Pasirjambu, Rancabali, dan Ciwidey. Kebun kopi dari Kabupaten Bandung juga ada di daerah Pacet, Soreang, Ciparay, dan Arjasari.

Dengan luas area perkebunan rakyat untuk kopi arabika di Kabupaten Bandung,  tahun 2014 tercatat sekitar 10.273 hektare dengan produktivitas 1017 kilo per hektare. Untuk mendukung promosi potensi kopi Kabupaten Bandung, Pemkab biasa menggelara event-event yang berhubungan dengan potensi kopi. Seperti halnya pada momen perayaan tahun baru 2018 dimana digelar event "Suruput Kopi".

Event "Suruput Kopi" digelar mulai pukul 15.00 WIB pada Minggu, 31 Desember 2018  bertempat di Bale Rame Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung. Suruput Kopi akan diisi dengan konser budaya berupa penampilan wayang golek, alunan semesta, bajidoran dan lainnya. Sebelum menikmati malam pergantian tahun ada juga kegiatan silaturahmi musisi, diskusi, sharing dan konser musik di sore harinya.

Selain itu ada parade kopi yang akan diisi dengan festival kopi dari 40 petani dan produsen kopi terbaik. Bahkan tepat di malam pergantian tahunnya, masyarakat akan dimanjakan dengan suruput seribu cangkir kopi. Selama event berlangsung, pengunjung pun bisa menikmati suguhan alunan musik dan pertunjukan kesenian yang dibawakan oleh sejumlah seniman dari Kabupaten Bandung. Adapun seniman dan musisi yang akan memeriahkan di acara ini yakni Budi Cilok, wayang golek Pojok si Cepot, dan badjidoran.