Review

Science Center Puseur Elmu, Wisata Edukasi di Soreang Kabupaten Bandung




science center soreang kabupaten bandung

Bila Anda merencanakan wisata ke arah Ciwidey, bisa mampir dulu ke tempat wisata edukasi di Soreang ini. Lokasinya tak jauh dari keluar tol Soreang - Pasirkoja, dimana saat keluar dari GT Soreang langsung ke arah Gedong Budaya Sabilulungan yang berada di seberang kompleks Pemkab Bandung atau Masjid Al Fathu.

Lihat juga:
Lokasi-Lokasi Wisata Literasi di Bandung

Di kawasan ini selain terdapat gedung budaya, juga ada taman kota, Dome Bale Rame Sabilulungan, dan Science Center. Science Center ini dinamakan juga Puseur Elmu (Pusat Ilmu). Gedung ini dibangun tiga lantai dengan arsitektur futristik. Di depan gedung sebuah patung Dinosaurus menyambut para pengunjung. Science Center. Di area halaman berupa lantai luas ada spot gambar 3 D dimana pengunjung bisa berfoto-foto.

Fasilitas modern dan futuristik
Science center merupakan museum masa depan dan masa lalu. Mulai terbentuk kawasan Bandung hingga kuliner tersaji di lantai satu. Di lantai dua terdapat perpustakaan digital, foto-foto ilmuwan, dan alat peraga ilmu pengetahuan. Perjalanan ke luar angkasa tersaji di lantai 3 yang dilengkapi 4D Cinema.Puser Elmu atau Gedung Science Center dimiliki Pemkab Bandung. Di gedung ini terdapat ruangan Augmented Reality (AR) Sabilulungan. Letaknya berada di pojok kanan lantai 1. Ukuran ruangannya sekitar 10x6 meter dengan kapasitas sekitar 25 meter.

Bila Anda gemar membaca, di sini, ada program Pustaka Digital (PaDi). Di perpustakaan digital yang berada di Puser Elmu ini memiliki koleksi buku sebanyak 3.000 buku. PaDi merupakan program implementasi dari pencanangan 1.000 Digital Learning Corner. Realisasinya dalam bentuk kumpulan Pustaka Digital (eBook) dari PT Telkom Indonesia, yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Bandung.

Bagi para pengunjung yang ingin membaca buku digital di Puser Elmu dapat nengunduh aplikasi ELFAN Bookless library System di app store. Buka aplikasi itu dan arahkan kamera smartphone ke barcode buku yang ada di gambar dan terpampang di tembok Puser Elmu lantai dua, maka buku tersebut sudah dapat dibaca.

Museum Sejarah Kabupaten bandung
Selain memiliki ruangan Augmented Reality, di gedung ini juga terdapat museum mini yang menampilkan sejarah Kabupaten Bandung dan keragaman Suku Sunda. Mulai dari pakaian, alat musik, senjata, dan lainnya. Di lantai dua ada Bookless Library System, Lab Bahasa, dan di lantai tiga ada ruangan 4D Cinema dan ilmu tata surya.