Wisata Kaulinan Pasir Kunci, Tempat Rekreasi dan Spot Selfie di Bandung Timur




Wisata Kaulinan Pasir Kunci Ujungberung

Kawasan Bandung Timur kini jadi destinasi wisata pilihan baru bagi para pelancong. Destinasi wisata tersebut terutama yang berada di kawasan kaki Gunung Manglayang. Jalu kaki Gunung Manglayang sendiri menyambung dengan kawasan Bandung Utara - Lembang, hingga ke arah Sumedang. Beberapa tempat wisata alam di kawasan ini kini jadi tujuan wisatawan terutama kegiatan di alam terbuka.

Tentunya pula sajian keindahan pemandangan alam pun jadi pesona utama magnet wisata Bandung Timur. Pengunjung bisa menikmati pemandangan dataran Bandung dari ketinggian kaki Gunung Manglayang. Ditambah lagi akses menuju kaki Gunung Manglayang lebih mudah, dimana bisa dijangkau dari arah Ujungberung, Cipadung, Cibiru, Cinunuk, ataupun Cileunyi. Sementara dari arah pusat Kota Bandung bisa melalui jalur keluar tol Cileunyi, Jln. Soekarno-Hatta, atau via Jln. Ahmad Yani ke arah Bandung Timur.

Pemandangan alam dataran tinggi Bandung Timur
Salah satu tempat yang kini menjadi primadona wisatawan di kawasan kaki Gunung Manglayang adalah Taman Wisata Kaulinan Pasir Kunci yang berada di kawasan Jalan Pasir Kunci, Ujungberung, Kota Bandung. Di spot wisata alam ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Bandung. Sehingga dari ketinggian dan tentunya bisa puas berswafoto dengan view menakjubkan.

Berada di ketinggian sekitar 800 meter dari permukaan laut, suasana sejuk langsung menyapa begitu memasuki jarak beberapa ratus meter sebelum sampai di Kampung Wisata Pasir Kunci, Kelurahan Pasir Jati, Kecamatan Ujung Berung. Memang membutuhkan sedikit perjuangan menuju tempat ini. Jalanan berliku dan menanjak harus ditempuh dalam jarak sepanjang 2 kilometer dari Pasar Ujung Berung. Meskipun Kampung Pasir Kunci berhubungan langsung dengan Gunung Palasari , Gunung Manglayang yang tertutup kabut tipis tampak begitu jelas dari pandangan.

Wisata Pasir Kunci biasa disebut juga Taman Selfi. Spot yang paling menarik untuk berfoto di tempat ini adalah tempat yang berlatar belakang pemandangan Gunung Manglayang. Di sinia ada area terbuka dan saung-saung dimana pengunjung bisa menikmati berbagai makanan khas Sunda. Di saung lainnya, yakni di Saung Padepokan, pengunjung bisa melihat berbagai kegiatan seni seperti calung, angklung, seni bela diri, dan sebagainya.

Rute ke Wisata Kaulinan Pasri Kunci
Desa Wisata Pasir Kunci sendiri secara wilayah administratif merupakan sebuah kampung yang berada di wilayah otonomi Pemerintah Kota Bandung. Tepatnya berada di RW 11 Kelurahan Pasirjati, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung.  Konsep ala pilemburan pun bisa ditemui di sini dengan adanya kolam-kolam ikan  yang biasa digunakan untuk memancing oleh pengunjung. Tempat wisata ini biasanya ramai pada akhir pekan atau hari libur.

Antuk aksesn ke Taman Wisata Pasir Kunci, Anda bisa menggunakan kendaraan angkot Cicaheum- Cileunyi dan turun di Pasar Ujungberung dari sana bisa naik ojek.

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS