Review

STIEPAR Yapari-Aktripa, Pelopor Pendidikan Pariwisata di Indonesia



STIEPAR YAPARI AKTRIPA BANDUNG

Berdiri sejak 17 Agustus 1962, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Yayasan Pariwisata Indonesia-Aktripa, merupakan Perguruan Tinggi Pariwisata Pertama/Tertua di Indonesia. Saat awal pendirian, perguruan tinggi pariwisata di kawasan Bandung Utara ini diberi nama Akademi Pendidikan Ahli Bahasa Asing (Apaba), namun karena dirasa perlu lebih fokus, maka tiga bulan berikutnya, 10 November 1962, namanya diubah menjadi Akademi Pariwisata (Akpari). Kemudian, Akademi Pariwisata ini pada tanggal 28 April 1964 diubah lagi namanya menjadi Akademi Industri Pariwisata (Aktripa).

Dan pada tanggal 7 Februari 1992 ditingkatkan dari setingkat Akademi menjadi Sekolah Tinggi Pariwisata dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata STIEPAR Yapari-Aktripa. STIEPAR Yapari-Aktripa merupakan pelopor Pariwisata atau Kepariwisataan (Tourism) di Tanah Air, terutama dalam bidang pengembangan sumber daya manusia pariwisata yang profesional.

Adapun dari segi jenjang pendidikan, STIEPAR Yapari dapat dikategorikan sebagai pendidikan tinggi pariwisata. STIEPAR Yapari sekarang ini berkonsentrasi pada Jurusan/Program Studi Akomodasi/Perhotelan, dan Jurusan/Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (Jenjang D-III), serta Jurusan/Program Studi Manajemen Kekhususan Manajemen Pariwisata (Jenjang S1/Sarjana).

Seluruh jurusan/program studi di STIEPAR Yapari telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT). STIEPAR Yapari ini telah menghasilkan lulusan/alumni lebih dari 10.000 orang, yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara, bahkan di luar negeri seperti di Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei, Dubai, Kuwait, dsb.

Program:
1. Sarjana (S1)
Program Studi (Prodi) Manajemen Kekhususan Manajemen Pariwisata adalah program studi dengan jenjang Strata-1 (S1), dengan output para sarjana ekonomi (SE) kekhususan, dengan keahlian/kompetensi di bidang kepariwisataan.
2. Program D3
a. Usaha Akomodasi Perhotelan
b. Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW)
Program studi ini merupakan pusat penyelenggaraan keterampilan dalam usaha perjalanan wisata yang mempunyai rancangan standar unggulan serta kepentingan sumber daya manusia dengan memperluas wawasan keterampilan dalam bidang usaha perjalanan wisata.

STIEPAR YAPARI AKTRIPA
Jln. Prof. Dr. Ir. Sutami No. 81-83 Bandung 40152
Telepon & Fax:  (022) 2011027 | (022) 2004423
Website: http://www.stiepar.ac.id
e-Mail: info@stiepar.ac.id

Info lainnya seputar Pendidikan Bidang Pariwisata di Bandung LIHAT DI SINI