Review

Contoh Ungkapan Bahasa Sunda Sehari-Hari dan Artinya



Belajar Bahasa Sunda

Bagi Anda yang ingin mengenal bahasa Sunda lebih jauh, cara termudah adalah dengan belajar ungkapan sehari-hari. Kali ini akan kami sajikan ungkapan-ungkapan dalam bahasa Sunda yang biasa dipergunakan dalam pergaulan anak muda sehari-hari. Untuk kategorinya, ungkapan-ungkapan berikut ada dalam tutur basa loma atau bahasa akrab.

Berikut ini beberapa contoh ungkapan bahasa Sunda sehari-hari beserta artinya:
Urang ulin yu ah! = Ayo kita main (jalan-jalan)!
Manéh mah teu balég ah = Kamu engga bener ah
Tong cicing waé atuh! = Jangan diam saja dong!
- Keur haroréam ah = Lagi malas ah.
- Manéh kamana waé euy? = Kamu kemana saja?
- Manéh mah dibéjaan sok teu percaya = Kamu tuh diberitahu suka nggak percaya
- Tong bangor = Jangan nakal
- Urang keur pararusing = Saya lagu pusing
- Buru atuh = Cepat dong
- Iraha panggih? = Kapan ketemu?
- Kalem, tong gurung gusuh = Tenang, jangan terburu-buru
- Maneh wé, urang mah moal miluan = Kamu saja, saya gak ikutan
- Geus kapanggih can? = Sudah ketemu belum?
- Isuk deui wé lah = Besok saja lah
- Mun bisa mah ayeuna = Kalau bisa sekarang
- Ih, meni mahal-mahal teuing = Ih, mahal banget
- Urang mah miluan wé kumaha alusna = Saya ikutan saja bagaimana baiknya
- Tong sok pipulueun urusan batur! = Jangan suka ikut campur urusan orang lain!
- Gumasép siah! = Sok ganteng kamu!
- Gumeulis siah! = Sok cantik kamu!
- Ké, urang pikiran heula = Nanti, saya pikir-pikir dulu
- Untung teu jadi = Untung tidak jadi
- Tong dipelong waé atuh = Jangan dilihatin saja dong
- Dasar si borokokok! = Dasar gak benar/gak becus
- Tunduh pisan = Ngantuk banget
- Hayang dahar = Pengen makan
- Ih, meni geulis pisan = Ih, cantik banget
- Hayu urang téangan = Ayo, kita cari
- Dasar belegug, nu kitu waé teu bisa = Dasar bodoh, yang gitu aja gak bisa
- Kumaha manéh wé = Terserah kamu saja
- Rek kitu waé? = Mau gitu aja?
- Cik atuh mikir = Mikir dong
- Cobaan heula = Coba dulu
- Urang keur capé pisan euy = Saya lagi capek banget
- Sok atuh dalahar = Silakan pada dimakan
- Sampeur urang nya engké = Jemput saya ya nanti
- Tong poho nya! = Jangan lupa ya!
- Tong sieun! = Jangan takut!
- Ngeunah pisan euy = Enak banget
- Geuleuh pisan ningalina = Jijik banget lihatnya
- Hayu urang ngariung = Ayo kita kumpul
- Naha bet bisa kitu? = Kenapa bisa jadi gitu?
- Kan urang geus ngomong ka manéh = Kan saya sudah ngomong sama kamu
- Iraha deui bisa kieu? = Kapan lagi bisa begini?
- Manéh rék kamana? = Kamu mau kemana?
- Sésakeun keur urang nya = Sisain buat saya ya
- Teu hararayang pisan! = Gak mau banget!
- Saha éta? = Siapa dia?
- Urang rék saré heula = Saya mau tidur dulu
- Hudangkeun engké urang nya? = Bangunin saya nanti ya?
- Tong kabeurangan = Jangan kesiangan
- Engké peuting waé lah = Nanti malam saja lah
- Angger manéh mah ari geus kitu téh = Kebiasaan, kalau kamu sudah begitu
- Tong nepi katipu! = Jangan sampai tertipu!
- Meulina di mana? = Belinya di mana?
- Urang gé hayang = Saya juga mau
- Pedit manéh mah ah! = Kamu pelit!
- Sing jadi jalma bageur  =  Semoga jadi orang yang baik
- Tong sok sirik ka batur = Jangan suka iri pada orang lain
- Cik bantuan atuh! = Bantuin dong!
- Urang mah teu ngarti ku kalakuan manéh mah = Saya gak ngerti sama kelakuan kamu
- Naha bisa? = Kok bisa?
- Tuluykeun ulah? = Teruskan jangan?
- Jadi wé kapiheulaan batur = Jadi saja keduluan sama orang lain
- Iraha rek ulin ka imah? = Kapan mau main ke rumah?
- Lalaunan atuh leumpang téh = Pelan-pelan dong jalannya
- Tong gancang teuing = Jangan terlalu cepat
- Pokona loba pisan nu miluan = Pokoknya banyak banget yang ikutan
- Rék dianteur moal? = Mau diantar gak?
- Balik jeung saha? = Pulang sama siapa
- Mending ngabring wé inditna = Lebih baik bareng-bareng/berombongan saja perginya
- Urang mana? = Orang mana/Asal mana?
- Geus lila nungguan di dieu? = Sudah lama nungguin di sini?
- Sing sabar, tong gedé ambek! = Yang sabar, jangan gampang marah
- Ari kamari jadi teu? = Kemarin jadi gak?
- Diuk heula = Duduk dulu
- Karunya pisan = Kasihan banget
- Urang dahar di dieu wé yu ah = Kita makan di sini aja yuk!
- Teu ngeunah = Gak enak
- Lila pisan! = Lama banget!
- Dagoan atuh! = Tungguin dong!
- Urang mah teu apal = Saya tidak tahu
- Ari bagéan urang iraha? = Kalau bagian saya kapan?
- Sok teu pararuguh ah! = Suka gak jelas ah!
- Geus, tong dilayanan = Sudah, jangan diladenin
- Udag atuh! = Kejar dong!
- Enggeusan ah! = Udahan aja ah
- Isuk deui waé lah = Besok lagi aja lah
- Hayang nyaho wae manéh mah = Kamu pengen tahu aja
- Moal dibéja-béja ah! = Gak akan dikasih tahu ah!
- Manéh ambek ka urang? = Kamu marah sama saya?
- Sabodo teuing! = Peduli amat!
- Tong kitu atuh! = Jangan gitu dong!
- Sopan saeutik atuh! = Sopan dikit dong!
- Hampura urang, nya? = Maafin saya, ya?
- Dasar pikasebeleun = Dasar nyebelin
- Geura hudang atuh! = Cepat bangun dong!
- Ari ieu di mana? = Kalau ini di mana?
- Mayarna sabaraha? = Bayarnya berapa?
- Mahal teu? = Mahal tidak?
- Tempatna ngeunaheun pisan = Tempatnya nyaman/enak banget
- Geus ditéangan can? = Sudah dicari belum?
- Teuing, teu kapanggih = Gak tahu, gak ketemu
- Nya, geus atuh ari kitu mah = Ya, sudah kalau begitu

-------------------------
Artikel lainnya seputar belajar Bahasa Sunda LIHAT DI SINI