Review

Batu Kuda, Wisata Kesejukan Hutan Pinus di Bandung Timur



Wisata Batu Kuda Manglayang

Bila Anda mencari tempat wisata alam nan sejuk dan cocok buat kemping, cobalah menyambangi tempat wisata di Bandung Timur ini. Wisata alam Batu Kuda sebenarnya sudah lama dikenal masyarakat Bandung, namun dulu pengelolaannya belum dioptimalkan. Kini, kawasan wisata di kaki Gunung Manglayang ini telah direvitalisasi oleh pihak Perhutani. Hutan pinus batu kuda pun kini mulai jadi wisata favorit buat kemping, gathering, outbond, dan lainnya.

Dulu akses jalan ke kawasan Batu Kuda masih berupa jalan biasa yang tak beraspal. Layaknya jalan perkampungan, dulu jalan ke sini masih bebatuan dan licin saat musim hujan. Kini, jalan ke sini sudah dihotmix. Begitu pula di areal Batu Kuda fasilitasnya sudah dibenahi, di antaranya sign board Batu Kuda, mushola, penataan warung-warung, area kemping, dan lainnya. Pokoknya sekarang bikin betah pengunjung.

Adapun tentang Batu Kuda, ini berhubungan dengan mitos penduduk setempat. Batu kuda mempunyai bentuk mirip seekor kuda yang sedang duduk. Batu ini dianggap jelmaan kuda sembrani yang digunakan Eyang Layang Kusumah dan istrinya (penguasa gaib Gunung Manglayang).

Batu-batuan dan tempat wisata lainnya yang ada di seputaran sini oleh penduduk setempat mempunyai nama masing-masing: Batu Tumpeng, Batu Leuit, Batu Semar, Batu Keraton, Batu Ampar, Batu Korsi, dan Batu Lamunan, Batu Pasir Jirak, Pasir Kitumbak, Curug Kacapi, dan Curug Cilengkrang.

Tempat kemping favorit mahasiswa
Tak heran bila akhir pekan atau musim liburan kawasan Batu Kuda jadi tujuan para wisatawan. Apalagi tempat wisata Bandung Timur ini lokasinya terhitung dekat dengan kawasan pendidikan Jatinangor. Para mahasiswa yang kuliah di Jatinangor menjadikan tempat wisata ini sebagai tujuan favorit. Mereka biasa menggelar acara kampus dengan kemping di sini.

Tak sedikit para mahasiswa yang kerap menjajal hiking ke Gunung Manglayang melalui jalur Batu Kuda ini. Namun, kebanyakan memilih spot wisata hutan pinus Batu Kuda sebagai tempat kemping. Bagi Anda yang hobi bersepeda gunung, lokasi ini pun sangat pas buat jelajah alam sambil ngagowes.

Bagi pengunjung yang ingin berkemah, pengelola menyediakan tenda dengan beberapa ukuran yang bisa disewa sesuka hati. Bukan hanya tenda, disediakan pula peralatan untuk outbond bagi yang ingin menjajal ketinggian dari pohon pinus ke pohon pinus lainnya. Sedangkan untuk keperluan MCK (mandi cuci kakus), pengelola membuka beberapa lokasi MCK yang bisa dimanfaatkan pengunjung.. Di sini pun ada warung-warung yang siap melayani pesanan mie rebus, kopi, teh, gorengan, dan makanan lainnya.

Lokasi dan rute ke Batu Kuda
Wisata alam Batu Kuda berlokasi di lereng Gunung Manglayang, tepatnya di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Untuk menjangkau tempat ini bisa dari berbagai arah. Berikut akses ke Batu Kuda:
- Dari keluar tol Cileunyi ke kiri menuju Pasar Sehat Cileunyi terus ke arah persimpangan Jln. Percobaan (dikenal dengan daerah Pasar Sore). Jangan masuk ke Jln. Percobaan, pas di percabangan yang ada pangkalan ojek ambil kanan ke arah perumahan Villa Bandung Indah/Kafe WKCK. Terus ikuti jalan yang menanjak, nanti mentoknya di pintu gerbang Batu Kuda.
- Patokan lainnya bila dari arah Jln. Soekarno-Hatta atau Cicaheum ke arah Bundaran Cibiru terus menuju Cibiru - Cinunuk.  Akses bisa dari Jln. SMPN 1 Cileunyi (di kawasan Tagog).
- Bila naik angkutan umum dari arah Terminal Cicaheum, naik angkot Cicaheum-Cileunyi. Berhenti di ujung Jln. Percobaan Cileunyi, lalu naik ojek ke Batu Kuda.

Harga tiket wisata Batu Kuda
Selain menyajikan kawasan wisata alam nan indah dan resik, tiket masuk wisata Batu Kuda pun terbilang murah hanya Rp 7.500 per orang pada hari biasa. Dan tiket untuk akhir pekan Rp 10.000 per orang. Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu.





share to whatsapp