Review

Kota Bandung Akan Lebih Dipoles Menjadi Destinasi Wisata Kelas Dunia



Musrenbang RP JMD Jabar 2018 - 2023

Menurut pooling CNN, Kota Bandung terpilih sebagai destinasi wisata favorit di kawasan Asia berada di posisi ke-4 setelah Bangkok, Seoul, dan Mumbai. Dan Bandung berada urutan ke-5 se-Asia Pasifik dan urutan ke-21 di dunia terkait pariwisata.

Untuk itulah, Kementerian Pariwasata menargetkan Bandung sebagai bagian dari tiga destinasi pariwisata unggulan di Provinsi Jawa Barat. Selain Bandung, ada Geopark Ciletuh di Pelabuhanratu dan Pantai Pangandaran. Ketiga lokasi ini akan dikembangkan sebagai destinasi kelas dunia.

Hal itu mengemuka dalam Musrenbang RP JMD Provinsi Jawa Barat Tahun 2018-2023 yang bertempat di Grand Ballroom The Luxury Hotel Bandung pada Selasa, 13 November 2018. Adapun untuk mendukung pengembangan wisata di Pelabuhanratu, akses jalan tol menuju destinasi Geopark Ciletuh, Palabuhanratu saat ini sedang dibangun jalan tol Jagorawi (Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi) dan sudah uji coba pada Oktober 2018 dan sudah layak digunakan.

“Untuk mendukung wisata bahari telah disiapkan akses Pelabuhan Patimban Subang yang sudah dilakukan ground breaking pada akhir Juli 2018 yang lalu. Pelabuhan internasional diproyeksikan akan beroperasi pada 2019 mendatang,” kata Arief Yahya.

Komitmen Ridwan Kamil untuk pengembangan wisata Jabar
Dalam paparannya, Menpar Arief Yahya menyebutkan core economy bangsa Indonesia adalah Pariwisata yang sudah terbukti. Dalam fokus Musrenbang Jawa Barat, Menpar menegaskan kembali komitmen Kementerian Pariwisata dalam mendukung pengembangan pariwisata Jawa Barat. Menpar pun memberikan pesan agar tiap daerah memiliki sparring partner agar selalu kompetitif dan terdorong untuk maju.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sambutan Musrenbang menyampaikan komitmen khusus untuk sektor pariwisata di Jawa Barat.

"Wajah pembangunan Jawa Barat 5 tahun ke depan adalah pariwisata. Di sinilah tersedia lapangan usaha bagi masyarakat Jawa Barat. Keindahan alam dan budaya yang ada di Jawa Barat merupakan berkah yang akan kami optimalkan," ujar Ridwan Kamil.





share to whatsapp