Review

Pengaturan Lalu Lintas ke Tempat Wisata Bandung Saat Libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

share to whatsapp



Rekayasa Lalu Lintas Bandung Tahun Baru 2019

Macet, itulah biasa yang harus dihadapi wisatawan saat berkunjung ke Bandung pada momen libur Natal dan Tahun Baru. Salah satu kawasan yang biasa jadi langganan macet adalah arah ke tempat-tempat wisata Lembang. Terkait hal tersebut, wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya mengantisipasi dari sekarang.

Berikut ini beberapa informasi dan tips seputar perjalanan wisata Anda dan keluarga ke Bandung saat momen libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

1. Pilih jalan alternatif
Misalnya bila pilihan Anda wisata ke Lembang, bisa mengambil jalur alternatif dari arah tol Cipali keluar Subang - Ciater - Lembang. Begitu pula arah ke Lembang bisa menggunakan jalur alternatif misalnya keluar Baros Cimahi lewat Jln. Kol. Masturi.

Atau bila sudah masuk ke Kota Bandung, jangan memaksakan keluar dari tol Pasteur. Keluar tol lain misalnya dari Buah Batu, Moh. Toha, atau Pasirkoja bisa jadi pilihan. Dari pusat kota Bandung, ke Lembang bisa jalur alternatif Dago atau Ciumbuleuit (Punclut). Jangan lupa juga pastikan kendaraan Anda prima. Karena selain jalur yang menanjak dan berbelok juga lamanya kemacetan berpengaruh ke mesin, kopling, dan rem.

2. Pengaturan arus lalu lintas ke Lembang
Pihak Polres Cimahi akan mengatur arus lalu lintas dari arah Kota Bandung ke jalur wisata Lembang saat libur Natal dan Tahun Baru 2019. Maklum saja, jalur wisata Lembang kerap terjadi kepadatan kendaraan karena banyak dilalui pengendara. Rekayasa arus lalu lintas dari Kota Bandung menuju jalur wisata Lembang tersebut akan dilakukan sejak pagi hari hingga pukul 10.00 WIB. Rekayasa arus lalu lintas dilakukan situasional

Hal lainnya, agar pengunjung tidak parkir sembarangan atau di bahu jalan ketika lokasi tempat parkirnya sudah penuh. Manajemen tempat wisata sudah diimbau agar menutup pintu masuk apabila tempat parkir sudah penuh agar pihak kepolisian leluasa melakukan rekayasa arus lalu lintas.

3. Titik rawan kecelakaan
Sedangkan, titik rawan kecelakan saat libur Natal dan Tahun Baru 2019, berada di daerah Cipatat Padalarang, dan Cikalong Wetan. Namun, untuk jalur di Bandung pun jadi perhatian, misalnya jalur ke Ciwidey dan jalur alternatif ke Lembang jalannya selain menanjak juga sempit. Begitu pula jalur ke kawasan Parongpong atau Cibodas biasa jadi titik rawan longsoran tanah, apalagi di musim penghujan ini.

4. Jalur wisata Bandung Selatan
Untuk wisata ke kawasan Ciwidey tentunya dari arah Jakarta bisa menggunakan keluar tol Soroja keluar Soreang. Jalur alternatif lain bisa keluar tol Kopo - Margahayu - Soreang - Ciwidey. Juga bisa keluar tol Buah Batu - Bojongsoang - Baleendah - Banjaran - Soreang - Ciwidey.

5. Lokasi perayaan malam tahun baru
Bila Anda ingin merayakan malam tahun baru 2019 di Bandung, beberapa titik di Bandung bisa jadi pilihan seperti area Alun-Alun Bandung dan Gedung Sate (Lapangan Gasibu). Usahakan datang agak siang, karena sore hari menjelang malam kepadatan lalu lintas biasa terjadi. Apalagi menjelang tengah malam, biasanya kendaraan pun di beberapa titik tidak bergerak sama sekali sampai dini hari. Bila mau bawa kendaraan pribadi, carilah tempat parkir lebih awal di siang harinya.

6. Jalur Jakarta-Cikampek-Bandung
Sementara untuk menghadapi masa liburan akhir tahun, seluruh pekerjaan proyek di Tol Jakarta-Cikampek dihentikan. Penghentian ini selama liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang akan dimulai pada tanggal 19 Desember 2018. Pemberhentian itu berdasarkan instruksi dari Kementerian Perhubungan. Tiga proyek pekerjaan di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) antara lain light rail transit (LRT), elevated, kereta cepat, hingga rehabilitasi jalan.

Juga menyangkut rest area di Tol Japek yang kini sudah dilengkapi papan informasi. Papan informasi itu akan memudahkan para pengendara bila hendak memasuki dan beristirahat rest area. Melalui papan informasi tersebut, pengguna jalan tol bisa melihat bagaimana kapasitasnya dan kapan apakah bisa menentukan istirahat di sini rest area terdekat atau rest area berikutnya.