Review

Harga Tiket, Pool, dan Rute Bus Wisata Sakoci di Cimahi



Bus Wisata Sakoci Cimahi

Kegiatan berwisata di suatu kota bukan saja sekadar hiburan, namun ada sisi edukasi. Dengan berkeliling di seputaran kota, wisatawan bisa lebih mengenal lebih dekat profil bangunan sampai kesejarahannya. Salah satunya di Kota Cimahi yang kini bisa Anda eksplor, terutama dari sisi histori bangunannya. Cimahi sendiri dikenal sebagai "kota hijau" alias kota militer dimana banyak bangunan markas militer di sana.

Military tourism
Bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Kota Cimahi merupakan peninggalan Belanda. Wisatawan kini bisa menjelajahi berbagai sudut di kawasan pusat kota Cimahi dengan naik bus wisata Sakoci (Saba Kota Cimahi). "Saba" sendiri dalam bahasa Sunda artinya mengunjungi atau berkeliling. Bus Sakoci telah diluncurkan di area Car Free Day (CFD) di depan kantor Wali Kota Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah, pada Minggu 3 Maret 2019.

Dalam acara launching ini, masyarakat diberi kesempatan menumpang bus wisata tersebut secara gratis. Bus wisata Sakoci tidak sekadar mengantarkan wisata keliling Cimahi, namun ada nilai plusnya yaitu edukasi soal sejarah Cimahi yang perlu diketahui masyarakat. Bus ini sebagai penunjang wisata Military Tourism yang beberapa waktu lalu juga sudah diluncurkan.

Peresmian yang dilakukan langsung oleh Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna tersebut dihadiri masyarakat umum sampai para pejabat Kota Cimahi. Wali Kota Cimahi pun berkesempatan menjajal bus wisata yang fungsi dan modelnya sama dengan Bus Bandros di Kota Bandung. Dalam acara peresmian tersebut, pada siswa sekolah terlihat antusian ikut menjadi penumpang pertama bus Sakoci dengan Wali Kota Cimahi sebagai pengemudinya. Wali Kota dan anak-anak sekolah berkeliling di antaranya ke Jalan Cihanjuang, Jalan Amir Mahmud, Jalan Gandawijaya, dan kembali lagi ke lokasi CFD di Jalan Demang Hardjakusumah.

Harga tiket dan rute Bus Wisata Sakoci Cimahi
Menurut pengelola Bus Sakoci yaitu Organda Kota Cimahi. Titik keberangkatan bus berada di Alun-alun Cimahi, tarif yang diberlakukan yaitu Rp 20.000 per orang untuk umum dan Rp 15.000 per orang untuk pelajar. Fasilitas yang melengkapi bus hibah dari Pemprov Jabar tersebut di antaranya adalah televisi untuk memutar film-film bertema Cimahi serta buku-buku sejarah Cimahi.

Adapun rute yang diambil untuk wisatawan yang naik Sakoci, di antaranya, Kampung Adat Cireundeu, Makam Kerkof, Gedung Cimahi Technopark, Pusdik Armed, Penjara Poncol, dan ke tempat bersejarah lainnya.




share to whatsapp