Review

King's Shopping Centre, Pusat Perbelanjaan Legendaris di Bandung

share to whatsapp



Wajah baru Kings Shopping Centre Bandung 2019

Bagi Anda yang pernah merasakan suasana Bandung era 80-90an, pastinya sangat mengenal tempat pusat perbelanjaan ini. Terletak di tempat strategis yaitu di Alun-Alun Bandung, King's Shopping Centre adalah tempat favorit belanja fashion khususnya bagi warga Bandung. King's Shopping Centre adalah saksi bisu bagaimana dulu kawasan Alun-Alun Bandung pernah merasakan kejayaannya.

King's Shopping Centre berada di Jalan Kepatihan no. 11 - 17, Kel. Balong Gede, Kec. Regol, Kota Bandung. Tempatnya berada di kawasan pusat perbelanjaan di pusat kota Bandung, yang berdiri berdampingan dengan Yogya Kepatihan, Matahari, Parahyangan Plaza, hingga Pasar Kota Kembang. King's Shopping Centre memiliki empat lantai di Jalan Dalem Kaum dan enam lantai di Jalan Kapatihan.

Mengenang kejayaan King's Shopping Centre tahun 80-90an
Bila membalikkan putaran waktu ke era 80-90an, rasanya tak lengkap bila, terutama kaum wanita, bila belum belanja ke King's Shopping Centre. Selain sebagai pusatnya fashion wanita, di sini pun tersedia aneka pakaian untuk kaum remaja, pria, hingga anak-anak. Tempat belanja ini, biasa jadi pilihan waktu itu saat main di Alun-Alun Bandung.

King's Shopping Centre biasa dikunjungi khusus bagi yang niat berbelanja. Juga mereka yang setelah pulang nonton dari Palaguna Nusantara atau yang sudah nonton di bioskop Galaxy. Nah, yang lebih ramai lagi tentunya saat menjelang Lebaran. Dipastikan King's Shopping Centre akan penuh sesak oleh pengunjung.

Pengunjung biasa mencari pakaian biasa, busana muslim, hingga sepatu. Belum lagi di dalamnya ada area permainan anak yang biasa juga ramai oleh riuh suara barudak. Bahkan setiap menjelang Lebaran, polisi menutup jalan di sekitar lokasi lantaran membludaknya masyarakat yang berbelanja.

Adu tawar pun biasa meramaikan suasana King's Shopping Centre kala itu. Pokoknya kalau menjelang Lebaran, dipastikan hese usik karena begitu berjubelnya pengunjung. Bahkan kadang ada kejadian anak-anak yang kehilangan jejak orangtuanya, dan si anak menangis sampai Satpam membantunya. Pengunjung lain kadang tak sedikit yang lelah dan pegal memilih meluruskan kaki di tangga. Sementara di luar, pedagang makanan dan tukang kantong wadah belanjaan sibuk menawarkan dagangannya.

Adapun bagi anak-anak, pusat perbelanjaan ini jadi favorit buat main di lantai paling atas. Salah satunya yang ikonik di tempat permainan adalah wahana "Si Ulil". Si Ulil adalah sebuah permainan ‘mini jetcoster’ indoor pertama yang sudah ada sejak awal tahun 1990-an. Untungnya, saat peristiwa kebakaran Si Ulil terlihat masih dalam kondisi utuh meski pun kondisinya yang semula berwarna hijau namun  terlihat kusam, sedikit terbakar, dan menjadikan sebagian warnanya menjadi gosong.

Kebakaran dan pembangunan kembali
Pada Juni 2014 lalu, pusat perbelanjaan ini kebakaran. Kebakaran di pusat belanja King's, Jalan Kepatihan, bukan kali pertama. Peristiwa serupa pernah berlangsung puluhan tahun lalu. Kebakaran pernah terjadi pada 1989. Lalu dibangun lagi pada 1992. Akibat kebakaran tersebut, para pedagang pun terpaksa "diaspora" sementara, pindah ke sentra-sentra belanja lainnya. Pihak Pemkot Bandung sendiri waktu itu menyediakan area parkir sebagai penampungan sementara.

Wali Kota Bandung waktu itu, Ridwan Kamil, meminta pihak pusat perbelanjaan Kings untuk mempercepat pembangunan ulang pusat perbelanjaan tersebut pasca kebakaran. Bangunan King's Shopping Centre diruntuhkan terlebih dahulu dan dibangun ulang secepatnya. Pembenahan pun dilakukan terhadap gedung baru dan dilengkapi dengan sistem keamanan anti kebakaran yang canggih.

Dan menjelang bulan Ramadhan 2019, eksistensi King's Shopping Centre kembali ramai di media sosial. Warganet banyak yang mengunggah tampilan baru gedung King's Shopping Centre yang kini jadi The King's. Wajah gedung baru ini lebih buricak burinong alias lebih mentereng dan sedap dipandang. Selain disiapkan kembali jadi tempat belanja fashion, kini di King's Shopping Centre ada tenant peralatan rumah tangga dan bioskop CGV.

Warganet pun tak sedikit yang merespons baik hadirnya kembali pusat perbelanjaan legendaris di kawasan Alun-Alun Bandung ini. Akankah King's Shopping Centre kembali menemukan kejayaannya seperti era 80-90an? Kita tunggu sampai gedung baru King's Shopping Centre benar-benar diresmikan jadi pusat perbelanjaan kekinian di Bandung.

---------------
Artikel lainnya seputar Kenangan Bandung Tahun 80-90an LIHAT DI SINI




share to whatsapp