Review

Koncara, Kaos Unik dan Limited dari Bandung

share to whatsapp



Kaos Koncara Bandung

Kaos bukan sekadar kebutuhan sandang dan style, namun juga bisa menjadi bagian penyampai pesan yang terus "bergerak" dimana penggunanya memakai kemana-mana.  Adalah tahun 2007, kaos dengan label Koncara diproduksi dan diedarkan oleh sebuah komunitas Sunda yang concern pada banyolan yang ada di Bandung. Lewat kaos, mereka menuangkan ide-ide kreatifnya yang berhubungan dengan tema kasundaan, seni budaya, dan wisata.

Sampai sekarang, produksi kaosnya pun benar-benar limited alias terbatas. Dimana setiap desain hanya diproduksi rata-rata satu kodi. Jadi, para pemakainya pun dijamin akan beda dengan yang lain, seperti waktu di jalan gak akan menemukan kaos yang sama yang dipakai orang lain. Adapun desain kaos Koncara biasa mengangkat tema dari kata-kata heureuy Sunda; nama-nama kota di Jawa Barat; wadita (alat musik) Sunda; pepatah Sunda; Persib dan bobotoh; hingga tokoh seniman Sunda.

Dari tahun 2007 hingga sekarang penjualannya hanya berbasis online. Jadi, kaos Koncara tidak ada toko offline-nya. Bila dulu, penjualan menggunakan media SMS, telepon, atau BBM, kini menggunakan WhatsApp. Namun, pelanggan setianya tersebar dari Bandung sendiri, kota-kota lain di Jawa Barat, daerah lain di luar Pulau Jawa, hingga mancanegara.

"Penjualan kaos Koncara memang berbasis paduan idealis dan bisnis. Selain dengan konsep limited, untuk tema kata-kata Sunda pun kami perhatikan penulisannya. Maklum saja, di era sekarang banyak penulisan kata-kata bahasa Sunda yang tidak baku, misalnya salah penerapan 'e' dan 'eu'. Kami pun menghindari kata-kata Sunda kasar. Untuk itu kami lebih ke sisi edukasi bahasa Sunda. Juga kami dari dulu biasa menggunakan bahan kaos katun combed 24 s dengan sablon plastisol," jelas Mang Adin sebagai founder kaos Koncara.

Karena konsep idealis dan bisnis ini pun, sampai sekarang kaos Koncara masih bertahan walau dari segi kuantitas produksi tidak sebanyak seperti distro-distro Bandung. Jadi, kaos Koncara lebih menjual ide kreatif dibanding jumlah produksi. Begitu pun untuk penghasilan kaos ini tak melulu untuk meraup laba, namun ada sisi sosial dengan menyumbangkan pada kegiatan-kegiatan pengenalan bahasa Sunda (secara online), event komunitas Sunda, juga bagi mereka yang membutuhkan.

Untuk harga kaos dibanderol Rp95.000 per item. Nah, bila Anda penasaran dengan produk kaos Koncara, silakan lihat edisi terbaru kaos tersebut ke tim penjualan di nomor WhatsApp Business di bawah ini (silakan klik di smartphone Anda untuk tersambung langsung ke nomor tersebut):





share to whatsapp