Review

Menpar Dukung Pengembangan Wisata Kabupaten Bandung Jadi Wisata Kelas Dunia

share to whatsapp



Kunjungan Menpar ke Kabupaten Bandung

Jumat, 17 Mei 2019, Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan kunjungan kerja menghadiri rapat koordinasi pengembangan pariwisata Kabupaten Bandung di Gedung Moch. Toha,  kompleks Pemkab Bandung.

Menpar Arief Yahya juga turut menyampaikan dalam rapat tersebut bahwa Kabupaten Bandung dengan geografis pegunungan memiliki potensi wisata alam atau agrowisata yang sangat besar. Iklim yang sejuk juga menjadi magnet utama bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Banyak atraksi dan amenitas salah satunya berupa Nomadic Tourism di Kabupaten Bandung, hal ini menjadikan wisatawan tertarik untuk datang berwisata," kata Menpar.

Selain memiliki potensi agrowisata karena letak geografis pegunungan dan iklimnya yang sejuk, Kabupaten Bandung juga memiliki objek wisata kebudayaan dan pendidikan. Salah satunya yaitu Kawasan Wisata Edukasi yang terdiri dari gedung pertunjukan, science center dan pusat informasi wisata.

Pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemerintah Daerah dalam Rangka Pengembangan Pariwisata Kabupaten Bandung, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya mendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Bandung untuk menjadi wisata kelas dunia. Terlebih Kabupaten Bandung diganjar penghargaan destinasi wisata halal, yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara.

Beberapa waktu lalu, Kabupaten Bandung telah meraih penghargaan Wisata Halal Unggulan pada acara Wonderfull Indonesia Halal Tourism Meeting and Conference & Penganugerahan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019. Untuk destinasi wisata halal di Kabupatan Bandung berada di kawasan Bandung selatan, yaitu Pacira (Pasirjambu, Ciwidey, Rancabali) dan kawasan Bandung utara yaitu Cileunyi, Cilengkrang, dan Cimenyan.

Potensi lokal yang ada di Kabupaten Bandung, diharapkan dapat dikembangkan sehingga akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga. Selain itu, di Kabupaten Bandung pun terdapat wisata budaya seperti Kampung Adat Mahmud di Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih. Lalu ada Kampung Adat Cikondang di Desa Lamajang, Kecamatan Pangalengan. Potensi lainnya di wilayah Kab. Bandung ada wisata buatan seperti Bukit Jamur Ciwidey yang berlokasi di kaki Gunung Tilu dan Patuha.




share to whatsapp