Review

Unpad Gelar Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan

share to whatsapp



Pelatihan kepariwisataan Unpad 2019

Unpad menggelar Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, pada Senin, 20 Mei 2019. Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Daerah Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik. Pelatihan SDM Kepariwisataan tersebut digelar atas kerja sama Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dengan Universitas Padjadjaran.

Selain Kadispudpar Jabar, acara tersebut juga menghadirkan pembicara Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad Yudi Azis, Ph.D., dosen Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung Dr. Mohammad Liga Suryadana, M.Si, dan Kepala Bidang Ekowisata Kementerian Pariwisata RI Gunawan Wimabwa, SH, MM.

Dalam membangun kepariwisataan, Dedi berharap adanya sinergitas dengan berbagai pihak. Sinergi dengan perguruan tinggi juga diharapkan dapat bertukar gagasan untuk perkembangan kepariwisataan, di antaranya dengan terwujudnya peta jalan atau  roadmap pariwisata berkelanjutan.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Arry Bainus, M.A., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut dinilai sangat strategis mengingat sektor kepariwisataan diyakini dapat menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Lebih lanjut Dr. Arry mengatakan, pengembangan SDM kepariwisataan harus serius ditangani. Indonesia memiliki destinasi kepariwisataan yang baik, perlu diimbangi dengan SDM yang kompeten.

“Percuma kita mempunyai destinasi pariwisata yang hebat, tetapi kalau tidak ditangani dengan SDM yang memadai, ya kita tidak akan mendapatkan kelayakan yang baik,” ujar Dr. Arry.

Dr. Arry pun mengaitkannya dengan pendekatan Pentahelix. Menurutnya, SDM pariwisata ada di semua lini, meliputi akademisi, pelaku bisnis, pemerintah, masyarakat, dan media. (Artanti Hendriyana/Unpad)




share to whatsapp