Review

Rekomendasi Destinasi Wisata Touring Motor di Bandung

share to whatsapp



Lokasi-lokasi wisata touring di Bandung

Touring dengan kendaraan bermotor menjadi salah satu yang pilihan favorit buat menyambangi tempat wisata. Petualangan jarambah konvoi dengan motor ini menjadi sensasi tersendiri. Memicu adrenalin dalam petualangan perjalanan, menguji kekompakan, dan tentunya fokus pada lokasi yang dituju adalah sisi lain dari wisata touring dengan kendaraan roda dua tersebut.

Peserta touring dilatih untuk bisa menjaga kelancaran dan keselamatan perjalanan. Kegiatan wisata touring ini biasa dilakukan dengan teman-teman kantor, kampus, komunitas, atau lingkungan tempat tinggal (RT/RW). Tujuan utama wisata touring bisa menambah keakraban dan kebersamaan antar peserta. Kenangan perjalanan adalah pengalaman khusus yang tak bisa dilupakan oleh para peserta touring.

Bila Anda dan kawan-kawan berencana melakukan jelajah wisata dengan touring motor, Bandung bisa jadi pilihan. Ada banyak tempat asyik dan seru yang bisa dikunjungi dengan naik kendaraan bermotor. Namun sebelumnya, pastikan kondisi motor serta kesiapan fisik dan mental pengendara dalam keadaan baik. Tentunya pula, tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas selama perjalanan.

Favorit jalur wisata touring biasanya menempuh perjalanan lumayan jauh biar gak nanggung. Dalam hal ini perlu diperhatikan juga kondisi jalan hingga area parkir di tempat wisata yang akan dituju. Pahami juga jalurnya, dengan ngambil rute yang efektif dan efisien. Jangan sampai nyasar atau jalannya muter kejauhan. Kegiatan wisata touring ini bisa dengan langsung pulang pergi, menginap di penginapan, atau pasang tenda di tempat kemping.

Berikut ini beberapa lokasi wisata di kawasan Bandung yang bisa Anda dan kawan-kawan jajal buat dikunjungi jadi tujuan touring:

1. Kawasan Bandung Selatan
Ini yang biasa jadi favorit buat wisata touring. Tempat-tempat wisata di Bandung Selatan seperti Ciwidey dan Pangalengan kerap jadi tujuan touring. Di Ciwidey, peserta touring bisa menyambangi keindahan perkebunan teh di Rancabali dan sekitarnya. Atau mengunjungi tempat wisata sambil rehat di Situ Patenggang, misalnya. Tak sedikit pula peserta touring yang meneruskan perjalanan ke kawasan Pantai Selatan, baik itu Rancabuaya, Santolo, atau Sayang Heulang lewat jalur Ciwidey - Cidaun (Cianjur).

Trek lainnya yang bisa dijajal adalah ke kawasan wisata Pangalengan. Destinasi wisata Situ Cileunca biasa jadi favorit. Di kawasan Pangalengan ini, peserta touring bisa bersantai di perkebunan teh, ngampar di area Situ Cileunca, atau sekalian bablas meneruskan perjalanan ke Cukul buat ke Pantai Selatan di Garut.

Bila ingin trek tak terlalu jauh  hingga ke Pangalengan, wisata touring lewat jalur selatan Bandung juga bisa ke wisata Situ Cisanti di kawasan Pacet. Lokasi lainnya bisa ke kawasan Gunung Puntang atau bila lewat Ciparay-Majalaya-Ibun bisa nembus ke wisata Kamojang melewati Jembatan Kuning (Kamojang Hill Bridge).

2. Kawasan Bandung Utara
Walau Bandung Utara lebih identik dengan wisata buat keluarga, tak ada salahnya jadi tujuan wisata touring. Beberapa tempat wisata di Lembang seperti kawasan Cikole bisa jadi pilihan. Bahkan banyak juga lho rombongan touring yang memilih melanjutkan perjalanan hingga ke Tangkuban Parahu atau pemandian air panas Ciater, Subang.

Lokasi lainnya yang cocok buat wisata konvoi dengan motor adalah ke kawasan Punclut di Ciumbuleuit. Ini sangat pas buat peserta touring ngumpul ngariung sambil bersantai di saung-saung rumah makan yang ada di sana. Dari Punclut, perjalanan bisa dilanjutkan ke kawasan Lembang. Lokasi lainnya bisa juga ke daerah Parongpong seperti ke kawasan Curug Cimahi (Curug Pelangi) atau Ciwaung Indah Camp (CIC).

3. Kawasan Bandung Timur
Ini yang sekarang lagi jadi favorit para rombongan touring. Tempat-tempat wisata di kawasan Padasuka arah Cimenyan bisa jadi pilihan, misalnya ke kawasan Caringin Tilu (Cartil) atau Puncak Bintang. Lokasi lainnya bisa dengan touring ke kawasan wisata Gunung Manglayang, dimana ada tempat yang lagi ngehits di hutan pinus Batu Kuda.

Sebelum Batu Kuda ada wisata Cantigi Camp dan tempat lainnya. Bila ingin lebih ke timur bisa ke kawasan Curug Cinulang yang dekat dengan wisata Bukit Teletubbies di Cicalengka. Mau langsung meneruskan touring? Bisa juga langsung ke pemandian air panas Cipanas Garut yang bisa ditempuh kurang lebih 1 jam dari sana.

4. Kawasan Bandung Barat
Lokasi wisata di Bandung Barat yang sekarang lagi ngehits di kawasan Cihampelas (dekat Cipatik), Waduk Cirata, atau ke daerah Padalarang misal ke Situ Ciburuy atau Stone Garden di Citatah. Bila ingin melanjutkan perjalanan, bisa juga terus ke Purwakarta melewati jalur Padalarang belok ke Cikalong-Purwakarta. Salah satu lokasi di Purwakarta yang jadi favorit rombongan touring adalah Waduk Jatiluhur serta tempat wisata di kawasan Wanayasa dan tengah kota Purwakarta (kuliner, museum, air mancur, dll.).

-----------
Info lainnya seputar otomotif LIHAT DI SINI